[vc_row css=”.vc_custom_1544440140525{margin-bottom: 30px !important;}”][vc_column][vc_single_image source=”featured_image” img_size=”large”][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_column_text]Praktis. Itu kata yang menggambarkan jaman masa kini. Begitu pula dengan hal berbelanja. Shopping online sudah menjadi tren. Jaman kini bisnis sudah lebih mengarah ke dunia online.
Apakah bisnis online begitu mudah sehingga aneka macam di masa kini? Apa betul hanya modal internet dan laptop saja? Coba berikan pandangan Anda bagi yang telah menjalankan bisnis online.
Kira-kira adakah persiapan lain sebelum memulai bisnis online selain modal uang tentunya? Bagi yang belum memulai bisnis online, silakan baca hingga selesai semoga Anda bisa mengetahui persiapan apa yang perlu dilakukan sebelum memulai bisnis online. Bagi yang telah memulai, artikel ini akan membantu Anda melihat kembali apakah bisnis Anda telah berjalan dengan benar.
Berikut kami akan menjelaskan dengan detil semoga bisnis online Anda well-prepared dan sanggup bertahan lama. Mari kita simak bersama.
Bisnis yang jelas
Dalam artian, produk atau jasa yang akan anda tawarkan ini terang spesifikasinya dan detil. Dalam bisnis online, pembeli tidak akan bisa melihat pribadi produk Anda tentu perlu anda beri keterangan yang sejelas-jelasnya dari segi ukuran, warna, motif, ketersediaan stock, rincian harga, ongkos kirim, ekspedisi apa yang dipakai. Jangan lupa juga selalu sertakan gambar semoga pembeli mempunyai citra mirip apa produk yang dijual.
Jika anda menunjukkan jasa, Anda bisa jelaskan mirip apa jasa yang Anda tawarkan. Seperti jasa laundri online, dari segi harga, jasa yang diberikan mirip (cuci dan setrika), paket-paket apa yang anda berikan, berapa usang laundry sanggup diambil, dsb.
Kejelasan ini akan memudahkan pembeli untuk tahu ihwal apa yang Anda tawarkan dan menciptakan pembeli nyaman berbelanja.
Profil Toko yang Jelas
Cantumkan identitas toko Anda dengan jelas. Jika ada website toko boleh dituliskan, alamat toko juga sanggup dicantumkan semoga pembeli yakin bahwa bisnis Anda bukan bisnis abal-abal. Semakin banyaknya bisnis online, beberapa oknum kerap melaksanakan kecurangan mirip penipuan dengan berbisnis online namun saat uang ditransfer barang tidak dikirim.
Cantumkan juga aktivitas kerja toko Anda, nomor rekening, website toko Anda di situs e-commerce (jika ada), social media toko, dll. Dengan informasi ini tentu pembeli akan lebih yakin berbelanja di toko Anda.
Update dengan produk Anda
Selalu berikan perhatian untuk produk yang Anda jual, contohnya produk-produk yang sudah usang habis/ kosong diberikan update keterangan atau dihapus dalam postingan dagangan Anda semoga pembeli tidak akan kecewa kalau ingin membeli produk tersebut.
Postingan Anda di social media ihwal produk Anda menyerupai etalase dalam toko real yang akan dilihat dan dikunjungi pembeli sehingga harus terus diupdate semoga pengunjung tidak kecewa dan tertarik mengunjungi bisnis online Anda.
Tidak Plagiat
Jika Anda menjalankan bisnis online apabila Anda seorang reseller, sebisa mungkin jangan hanya menjual produk dari satu supplier namun dari beberapa supplier dengan barang dagangan yang berbeda semoga menghindari plagiarisme (menjiplak).
Plagiarisme sebaiknya dihindari dalam berbisnis online alasannya yaitu akan merugikan bisnis Anda dan mencoreng nama toko anda di mata pembeli dan calon pembeli.
Lebih baik kalau berbisnis online, Anda menjual produk orisinal buatan Anda sendiri maka akan terhindar dari plagiarisme.
Jangan Pelit Diskon
Diskon yaitu hal sangat diminati oleh pembeli tidak hanya dalam berbelanja online tapi juga berbelanja di toko offline. Berikanlah diskon kepada pembeli Anda pada waktu-waktu tertentu mirip dalam rangka Idul Fitri, Natal dan Tahun Baru.
Melihat tren pasar apabila ada promosi tertentu mirip merayakan Dirgahayu Kemerdekanaan menyediakan diskon 17% atau 8% tentu akan menarik pembeli.
Marketing
Anda akan memulai bisnis online tentu perlu pemasaran yang online juga. Banyak sekali tools/ alat semoga Anda sanggup mempromosikan bisnis Anda. Contohnya yaitu sosial media mirip Facebook, Instagram atau melalui e-commerce.
Berbisnis online belum perlu menggunakan website atau situs online, Anda bisa berbisnis melalui e-commerce yang sudah banyak tersedia di internet tinggal Anda pilih saja. Mempromosikan produk jualan Anda melalui social media juga sangat mudah dikarenakan telah banyak fitur yang membantu Anda semoga sanggup melaksanakan marketing online.
Kejujuran
Kejujuran yaitu awal dalam membangun dogma pembeli. Penjual yang jujur tentu dipercaya dan diminati oleh pembeli. Berbisnis yang jujur akan bisa tidak hanya membentuk dogma namun loyalitas dari pembeli. Contohnya mirip mengembalikan transfer uang yang berlebihan kepada customer atau sekedar memberitahu apabila adanya produk yang cacat sedikit sebelum dibeli oleh customer.
Sikap dan Attitude Berbisnis
Penjual yang ramah tentu akan lebih mengatakan kenyamanan untuk pembeli. Sikap Anda sebagai penjual harus ramah, sabar dan selalu komunikatif. Komunikatif maksudnya mirip selalu siap mengatakan informasi terang kepada customer. Pembeli akan lebih terkesan dengan penjual yang membalas chat dengan ramah layaknya teman dan perilaku ini sekaligus mengatakan keyakinan dan membangun loyalitas pembeli.
Sekalipun barang yang Anda jual berkualitas atau jasa Anda sangat berkhasiat namun perilaku Anda terhadap pembeli tidak baik maka akan berbekas di memori pembeli dan tidak menciptakan nama baik bisnis online Anda menjadi buruk maka berikan pengalaman berbelanja yang berkesan untuk customer Anda.
Responsif terhadap pembeli
Anda tentu pernah berbelanja online, berdasarkan Anda lebih lezat berbelanja di toko yang membalas chat cepat atau berbelanja di toko yang penjualnya membalas sangat lama? Tentu lebih lezat dengan yang membalas chat cepat. Sebagai pemilik bisnis online, kalau Anda responsif dengan pembeli Anda tentu akan menciptakan pembeli lebih terkesan.
Pembeli yaitu raja, hal ini tentu berlaku juga di bisnis online. Waktu respon Anda merupakan titik ukur kualitas pelayanan Anda di mata customer, sekaligus menjadi nilai tambah. Jika Anda usang membalas chat maka bisa saja rasa ingin membeli dari customer mungkin sudah hilang kalau dibalas keesokan harinya. Anda pernah sebagai pembeli juga pernah mencicipi hal demikian bukan?
Catat penjualan Anda
Tidak hanya toko offline butuh pembukuan yang jelas, Anda yang ingin berbisnis online juga perlu hal demikian. Semua penjualan Anda perlu terdata baik secara sistem atau dicatat manual dalam buku. Hal ini semoga Anda sanggup memilih sasaran yang akan Anda raih untuk sukses dan laba yang lebih besar. Pembukuan yang baik akan memilih berapa usang bisnis Anda akan bertahan.
Kesimpulan
Jadi, sanggup kami simpulkan untuk berbisnis online hal yang perlu Anda siapkan yakni:
- Bisnis yang jelas
- Profil toko yang jelas
- Selalu berikan update produk
- Tidak melaksanakan plagiat
- Lakukan promo diskon
- Pemasaran/marketing
- Kejujuran
- Sikap dan Attitude
- Responsif
- Pencatatan penjualan yang baik
Dari artikel di atas, Anda sudah paham dengan persiapan cara memulai bisnis online. Apakah Anda sudah siap berbisnis online? Sudah hingga mana persiapan yang Anda lakukan? Silakan berikan komentar Anda dan bagikan artikel ini di social media Anda semoga bermanfaat juga bagi orang lain.[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]
Sumber aciknadzirah.blogspot.com