Random post

Saturday, March 18, 2017

√ Mengenal Tepung Jagung Dan Tepung Maizena

Jagung merupakan salah satu hasil pertanian yang dipakai sebagi sumber kedua bbahan pangan sehabis beras. jagung mempunyai kandungan kalium, fospor, karbohidrat, mineral, vitamin B, lemak, protein, dsb. Dari beberapa kandungan jagung tersebut semuanya bermanfaat bagi tubuhnb untuk menunjang kesehatan. Tidak heran dibeberapa wilayah di Indonesia lebih menentukan jagung sebagai makanan pokok mereka.

Selain menjadi makan pokok jagung juga menjadi materi baku utama beberapa produk makanan baik produk jadi ataupun produk setengah jadi. Tujuan dari Agroindustri jagung yaitu untuk meningkatkna nilau jual jagung dengan mengubahnya ke bentuk lain. Salah satu produk pangan setengah jadi yaitu tepung jagung.

Tepung jagung merupakan produk setengah jadi turunan dari jagung. Tepung jagung merupakan materi setengah jadi yang siap dipakai untuk pembuaan produk lain. Beberapa produk turunan dari tepuyng jagung yaitu Polenta (khas Italia), vla, Saus, biskuit, cookies, dlll.

Tepung jagung banyak dijual disupermarket dan pasar tradisional dengan harga yang relatif. Tidak sedikit orang yang menyebut tepung jagung yaitu tepung maizena. Padahal keduanya berbeda loh, Baik dari cara menciptakan maupun kandungannya. 

Apa Perbedaan Tepung Jagung Dengan Tepung Maizena ?
  1. tepung maizena berwarna putih, sedangkan tepung jagung berwarna kuning atau lebih keruh.
  2. tepung maizena dibentuk dengan cara menggiling jagung lalu diambil saripatinya atau hasil endapan pati, sedangkan tepung jagung diambil dari jagung yang dikeringkan lalu ditumbuk dan digiling hingga halus. 
  3. tepung maizena mempunyai kandungan yang bebas gluten, sedangkan tepung jagung mempunyai kandungan gluten. 

Sekilas Tentang Tepung Maizena 

Berdasarkan prosesnya tepung maizena didapat dari endapan pati jagung. Proses awalnya, jagung muda di parut atau di hancurkan. Hasil parutan tersebut lalu ditamhakan air supaya pati sanggup terlepas dari materi jagung phasil parutan. Setelah tercampur, adonan tersebut disaring hingga terpisah antar ampas dan pati jagung. Pati jagung yang masih tercampur air lalu di diamkan dengan tujuan memisahkan anatar air dengan pati jagung. Hasil endapan tersebut berada dibawah sehingga air sanggup dibuang dengan gampang tanpa ikut terbuanngnya pati. Pati hasil endapan lalu dikeringkan hingga tekstur tepung halus.


Tepung maizena sendiri bahu-membahu yaitu brand dagang dari Mexico, namun alasannya belum ada nama khusus dari pati jagung alhasil tepung maizena dijadikan nama umu pati jagung yangs sering kita dengar.

Sejak ditemukannya tepung maizena, tepung ini sudah dijadikan sebagai adonan materi makanan ibarat bubur, biskuit, dan cake. Selain itu, tepung maizena juga dimanfaatkan sebagai adonan saus sehingga saus mempunyai tekstur yang kental. Jika dilihat dari bentuk dan tekturnya tepung maizena hampur murup dengan tepung tapioka namun kekenyalannya lebih rendah daripada tepung tapioka. 

Sekilas Tentang Tepung Jagung

Dilihat dari prosesnya tepung jagung lebih sederhana dalam pembuatannya daripada tepng maizena. tepung jagung didapat dari hasil gilingan dari jagung yang sudah kering sehingga pati yang dikandungnya masih menyatu dengan materi-materi jagung. Karena memakai jagung kering maka tekstur dari tepung jagung lebih berangasan dbandingkan dengan tepung maizena. 


Dulunya, tepung jagung dipakai sebagai materi untuk mecuci pakaian dikalangan industri yaitu pada tahun 1850. Namun hinga sekarang tepung jagung masih dimanfaatkan sebagai adonan materi makanan olahan. 

Beberapa manaaft dari tepung jagung yaitu sebagi adonan cake, juga sebagai lumuran makana cepat saji supaya makanan meiliki tekstur yang lebih renyah. Selain itu, kadar adonan tepung jagung dalam makana juga sedikit alasannya tepung jagung mempunyai tekstur yang kasar. 

Sumber http://www.galinesia.com