Random post

Monday, September 18, 2017

√ Pengertian Graphic Pads, Fungsi Graphic Pads Dan Cara Kerja Graphic Pads

komputerdia.com - Pengertian Graphic Pads adalah salah satu hardware input devices yang berfungsi untuk menggambar objek pada monitor. Graphics pads yang banyak dipakai dikala ini mempunyai dua jenis. Jenis yang pertama yakni graphics pad yang menggunakan jarum (stylus) dan dihubungkan ke pads atau dengan tunjangan alas tegangan rendah, yang pada alas tersebut terdapat permukaan membrane sensitif (touch sensitive membrane surfac)

Dan jenis yang kedua yakni menggunakan bantalan sensitif sentuh (touch sensitive pads) tanpa menggunakan jarum namun telah menggunakan tunjangan ibarat Light Pen. Teknologi Computer Aided Design (CAD) sanggup menciptakan rancangan sebuah bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor.

Tablet digital mempunyai permukaan yang pipih sebagai alas gambar yang terdiri atas perlengkapan elektronik yang sanggup mendeteksi gerakan kursor atau pena digital lalu menerjemahkannya menjadi sinyal digital yang dikirim pribadi ke komputer. 

Setiap titik atau gerakan pada tablet merepresentasikan titik atau gerakan pada layer monitor, inilah yang membedakannya dengan fungsi mouse yang tergantung pada letak kursor. Hasil gambar tidak akan terlihat pada tablet itu sendiri, melainkan pada monitor komputer.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya

 salah satu hardware input devices yang berfungsi untuk menggambar objek pada monitor √ Pengertian Graphic Pads, Fungsi Graphic Pads dan Cara Kerja Graphic Pads

Bagian-Bagian Graphic Pads


  • Plastic Pads yaitu semacam alas gambar yang terhubung dengan komputer. Biasanya terhubung dengan menggunakan koneksi USB atau Bluetooth.
  • Stylus yaitu benda ibarat pena dan biasanya mempunyai fitur pressure-sensitive. Kaprikornus tergantung software yang digunakan, jikalau kita menggambar sebuah garis, semakin stylus ditekan maka garis akan semakin tebal (seperti kuas / pensil)

Fungsi Utama Graphic Pads

Fungsi uatama perangkat Graphic Pads atau Tablet Grafis yakni untuk menggambar objek pada monitor layaknya menggambar di atas kertas menggunakan pensil. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor.

Saat ini teknologi komputer berkembang sangat pesat, dan alah satunya yakni alat ini. Teknologi Computer Aided Design (CAD) sanggup menciptakan rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads.



Fungsi Graphic Pads Menurut Jenisnya


1. Tablet pasif

Jenis inilah yang paling umum dipakai pada dikala ini, khususnya buatan Wacom, menggunakan teknologi induksi electromagnetik, di mana baik jaringan vertical dan horizontal dari tablet berfungsi mentransmisikan dan mendapatkan sinyal induksi tersebut.

Adapun kapan dikala harus mentransmisikan dan mendapatkan sinyal listrik ditentukan oleh Stylus. Sistem terbaru dari graphic tablet biasanya menambahkan fitur sensitif terhadap tekanan (pressure-sensitive) dan satu atau lebih tombol untuk mengaktifkannya, yang ditempatkan di stylus, bukan pada alasnya. Dengan menggunakan sinyal elektromagnetik, berarti tablet yang menggunakan cara ini tidak membutukan baterai sebagai sumber energi tambahan.


2. Tablet aktif

Tablet jenis ini menggunakan sumber energi embel-embel berupa baterai untuk menghasilkan kualitas grafis yang lebih baik. Tablet jenis ini biasanya harganya lebih mahal. Tablet berbeda dengan teknologi layar sentuh (touchscreen), sebab graphic tablet mempunyai tingkat kepresisian yang lebih tinggi dan tidak sanggup dioperasikan hanya dengan sentuhan tangan, tetapi harus dengan stylus (kecuali bagi yang sudah dilengkapi fitur pressure sensitive).

Selain versi umum, tersedia juga versi khusus anak – anak dengan teknologi yang lebih sederhana dan fitur yang jauh lebih sedikit, sehingga harganya juga lebih murah.


3. Aksesori

Aksesori yang pertama kali dipakai untuk tablet yakni stylus yang berbentuk ibarat mouse, hanya saja cara penggunaannya berbeda. Saat ini, semua graphic tablet dilengkapi dengan stylus dan mouse, selain itu untuk beberapa tipe yang lebih mahal biasanya juga dilengkapi banyak sekali peralatan lain untuk mendukung kualitas grafis yang lebih baik.


4. Stylus

Alat ini berbentuk ibarat pulpen biasa, hanya saja tidak menggunakan tinta. Sebagian besar stylus dikala ini dilangkapi dengan fitur pressure-sensitive, yang tingkatannya berbeda tergantung pada tingkatan graphic tablet itu sendiri. Stylus dari graphic tablet tingkat rendah biasanya mempunyai 256 level sensitivitas, tingkat menengah 512 level dan tingkat tinggi 1024 level.


5. Penghapus Stylus

Sama ibarat penghapus pensil, alat ini ditempatkan di kepingan atas Stylus dan cara penggunaannya pun tidak ada bedanya dengan penghapus pensil biasa. Selain sebagai penghapus, alat ini juga sanggup difungsikan sebagai kuas, yang tentunya juga mempunyai tingkat sensitivitas sendiri.


6. Mouse

Agak berbada dengan mouse biasa, mouse yang dipakai pada graphic tablet biasanya mempunyai tingkat keakuratan yang relatif tinggi dan bisa dipakai dengan dua macam cara; absolute dan relatif. Cara absolute yakni cara penggunaan mouse dengan tingkat kepresisian tinggi (biasanya dipakai untuk mendukung stylus), sedangkan cara relative yakni cara penggunaan mouse ibarat biasa.

Sumber http://www.komputerdia.com