Random post

Wednesday, May 30, 2018

√ Tesis Penerimaan Konsumen: Faktor Efek Penerimaan Konsumen Trhdp Penggunaan Fsms

Judul Tesis : Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penerimaan Konsumen terhadap Penggunaan Fedex Ship Manager Software (FSMS)


 


A. Latar Belakang


Pengiriman barang menjadi salah satu pecahan penting dalam kehidupan. Perbedaan sumber daya dan kebutuhan insan yang bermacam-macam menimbulkan kebutuhan akan sebuah barang menjadi sangat berbeda antar satu wilayah dengan wilayah lainnya. Perbedaan inilah yang mengakibatkan perpindahan sebuah barang dari satu daerah ke daerah lain sangat dibutuhkan. Pengiriman barang dari satu daerah ke daerah lain bukan kasus mudah, diperlukan kecepatan, ketepatan, dan jaringan yang luas dalam mengirim barang biar sanggup hingga ke daerah tujuan.


Perkembangan zaman dan mobilitas insan yang sekarang tidak lagi dibatasi oleh batas-batas wilayah (borderless world) menciptakan pengiriman barang lintas negara menjadi sangat dibutuhkan. FedEx Corp. melalui bendera FedEx Express hadir untuk menangkap peluang tersebut dengan menyediakan pengiriman internasional secara cepat (express) dengan batasan waktu yang jelas. Berdiri pada tahun 1971 di Memphis, Amerika Serikat, FedEx ketika ini menjadi salah satu pemain besar jasa pengiriman express internasional dengan cakupan layanan ke lebih dari 200 negara yang didukung lebih dari 600 pesawat kargo dan menangani lebih dari 3,5 juta paket setiap harinya (FedEx Annual Report, 2011).


 


B. Perumusan Permasalahan



  1. Faktor-faktor apa saja yang menghipnotis penerimaan konsumen FedEx Indonesia dalam penggunaan FedEx Ship Manager Software?

  2. Bagaimana relasi faktor-faktor yang menghipnotis penerimaan konsumen FedEx Indonesia dalam penggunaan FedEx Ship Manager Software?


 


C. Tinjauan Pustaka Tesis


Teknologi dan Supply Chain Management


Perkembangan teknologi yang pesat beberapa dekade ini mendorong banyak sekali industri untuk mulai mengaplikasikan teknologi untuk membantu proses bisnis menjadi lebih baik, tidak terkecuali pada sisi SCM sebuah perusahaan. Berbagai teknologi telah diterapkan untuk membantu SCM seperti: Radio Frequency Identification (RFID), Barcode, Electronic Data Interchange, hingga dengan teknologi e-commerce untuk menjangkau para pihak yang terkait di dalamnya. Teknologi-teknologi ini tidak hanya membantu pihak perusahaan untuk lebih cepat dan akurat dalam mengawasi pergerakan barang tetapi juga menciptakan proses bisnis di dalam SCM menjadi lebih efisien dan efektif (Heikkila, 2002; Karkkainen, 2003; Sabbaghi & Vaidyanathan; 2008).



Teknologi


Teknologi intinya diciptakan untuk membantu insan dalam mengerjakan suatu hal. Walaupun begitu teknologi tidak begitu saja sanggup diterima secara luas oleh masyarakat. Banyak teknologi gagal dan tidak mendapat daerah di masyarakat. Menurut Geels dan Smit (2000), ada beberapa aspek yang menghipnotis teknologi tidak diterima oleh masyarakat, yaitu: tidak memenuhi ekspektasi pengguna, eksistensi sistem usang yang masih sulit digantikan oleh teknologi baru, dan faktor sosial dari sisi insan termasuk adanya perubahan budaya (cultural change). Seiring berjalannya waktu banyak penelitian yang dikembangkan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang sanggup menciptakan sebuah teknologi diterima oleh penggunanya, dan pembahasan pada pecahan ini difokuskan untuk membahas penelitian-penelitian terdahulu yang membahas wacana penerimaan sebuah teknologi oleh penggunanya.



Penerapan Teori Penerimaan Teknologi


Pengukuran penerimaan pengunaan sebuah sistem dalam industri logistik sudah dilakukan dengan banyak sekali metode technology acceptance. Pendekatan yang sering dipakai untuk mengukur penerimaan sebuah sistem dalam industri logistik ialah pendekatan TAM. Walaupun begitu beberapa penelitian sejenis sebelumnya melaksanakan modifikasi dengan mengombinasikan metode TAM dengan metode technology acceptance lain sehingga didapatkan model penelitian yang sesuai dengan kondisi yang dibutuhkan.


 


D. Metode Penelitian


Pemilihan populasi penelitian ini dilakukan dengan memakai data bulan Januari 2012, dimana konsumen Fedex yang dipilih menjadi pecahan dari populasi ialah yang melaksanakan pengiriman melalui Fedex dengan mempergunakan aplikasi FSMS minimal lima kali dalam sebulan dalam proses pengirimannya.


Proses penarikan sample ialah proses pemilihan jumlah angka yang sempurna untuk mewakili semua elemen dalam populasi, sehingga studi yang dihasilkan dari sample merupakan presentasi dari keadaan populasi sesungguhnya.


Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini ialah teknik survey dengan sampel yang sudah ditetapkan untuk mendapat data primer dari hasil survey tersebut.


 


E. Kesimpulan



  1. Pada penelitian ini faktor-faktor yang menghipnotis penerimaan konsumen FedEx dalam penggunaan FedEx Ship Manager Software (FSMS) ialah task characteristic, technology characteristic, technologytask fit, perceived usefulness, perceived ease of use dan intention to use.

  2. Dari hasil path analysis didapatkan bahwa seluruh hipotesis yang akan diujikan dalam penelitian ini mengambarkan hasil yang signifikan dan sesuai dengan teori-teori yang membangunnya, sebagai berikut:

    • Task Characteristic (TC) besar lengan berkuasa terhadap Task-Technology Fit (TF). Hubungan ini mempunyai nilai nyata dan signifikan. Hasil ini mengambarkan bahwa kebutuhan karakteristik pekerjaan/tugas yang dimiliki oleh pengguna FSMS bisa dijawab oleh fitur-fitur yang disajikan didalam FSMS sehingga bisa menawarkan kecocokan antara karakteristik kiprah dengan karakteristik fitur teknologi yang dimiliki oleh FSMS, yang pada kesannya akan menghipnotis penerimaan konsumen terhadap penggunaan FSMS.

    • Technology Characteristic (TH) besar lengan berkuasa terhadap Task- Technology Fit (TF). Hubungan ini mempunyai nilai nyata dan signifikan. Hasil ini mengambarkan bahwa fitur-fitur didalam FSMS bisa menjawab kebutuhan konsumen FedEx sehingga terbangun kecocokan antara keduanya, yang pada kesannya akan menghipnotis penerimaan konsumen terhadap penggunaan FSMS.





Contoh Tesis Penerimaan Konsumen



  1. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penerimaan Konsumen terhadap Penggunaan Fedex Ship Manager Software FSMS



Sumber https://idtesis.com