Pada kesempatan yang lalu, kita telah mengulas secara singkat wacana teks iklan terkait dengan ciri, struktur, dan kaidah kebahasaannya. Pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas secara singkat wacana iklan baris terkait dengan unsur-unsur yang terkandung didalamnya. Namun, sebelum kita beranjak mengulas unsur-unsur iklan baris dalam bahasa Indonesia, ada baiknya kita segarkan kembali ingatan kita wacana pengertian iklan.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, yang dimaksud dengan iklan ialah informasi pesanan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai supaya tertartik pada barang dan jasa yang ditawarkan. Iklan juga didefinisikan sebagai pemberitahuan kepada khalayak mengenai barang atau jasa yang dijual, dipajang di dalam media massa (surat kabar dan majalah) atau di daerah umum. Pengertian iklan yang lebih lengkap dikemukakan oleh berdasarkan Dewan Periklanan Indonesia yang menyatakan bahwa iklan ialah suatu bentuk komunikasi wacana produk dan/atau merek kepada khalayak sasarannya, supaya mereka mengatakan balasan yang sesuai dengan tujuan pengiklan. Berdasarkan pengertian tersebut, iklan ditujukan untuk mengkomunikasikan informasi bisnis kepada calon konsumen atau pelanggan. Biasanya, iklan menyuguhkan informasi-informasi mengenai firma iklan, kualitas produk, daerah tersedianya produk yang diiklankan, dan lain-lain.
Pengertian
Terdapat beberapa jenis iklan, salah satunya ialah iklan baris. Yang dimaksud dengan iklan baris berdasarkan Depdiknas atau Kemendikbud (2008, 2017) ialah iklan yang pemasangannya berupa baris-baris atau iklan yang hanya terdiri atas beberapa baris dalam kolom. Iklan baris sanggup dikethaui dari beberapa karakteristik yang dimilikinya yaitu disusun secara berbaris dalam kotak empat persegi panjang dengan minimal dua baris dan maksimal 10 baris.
Adapun teks yang disajikannya sangat terbatas. Dalam arti, tidak ada gambar ataupun ilustrasi-ilustrasi dalam iklan ini. Namun, sebagaimana teks iklan pada umumnya, iklan baris juga memuat pernyataan yang berupa fakta dan opini. Fakta ialah suatu kenyataan yang tak terbantahkan kebenarannya. Sedangkan opini mengacu pada sesuatu yang belum tentu kebenarannya dan biasanya bersifat subjektif.
Selain itu, teks dalam iklan baris pun banyak yang mengalami penyingkatan sebab minimnya ruang yang diberikan. Misalnya,
- RMH untuk rumah
- HM untuk hak milik
- LT/LB untuk luas tanah atau luas bangunan
- Jl Ry untuk jalan raya
- Cck untuk cocok
- u/Ush/Ktr untuk perjuangan atau kantor
- Untuk hubungi
Meskipun iklan baris memuat singkatan-singkatan namun informasi yang disajikan tetap harus lengkap supaya pembaca gampang memahami iklan yang ditawarkan.
Biasanya, iklan baris dimanfaatkan oleh perorangan dan perusahaan-perusahaan kecil. Dalam penyajian secara lisan, iklan sanggup kita dengar melalui radio dan televisi. Khususnya iklan di televisi ataupun iklan dalam laman-laman internet, iklan merupakan adonan teks lisan, tertulis, dan gerak. Bentuk-bentuk iklan itu tentu saja mempunyai karakteristik masing-masing dalam pola penyajiannya. Adapun yang biasa ditawarkan melalui iklan baris di antaranya ialah barang; jasa; lowongan kerja atau karir; properti menyerupai apartemen, rumah, tanah, atau ruang usaha; otomotif; kehilangan; dan lain-lain.
Dikarenakan iklan baris menyajikan penawaran secara singkat, maka seorang pengiklan harus mempunyai kemampuan menulis iklan baris. Kemampuan ini mencakup penguasaan terhadap unsur-unsur iklan baris yang harus dipenuhi menyerupai apa yang ditawarkan, spesifikasi barang yang ditawarkan, kondisi barang yang ditawarkan, harga barang yang ditawarkan, daerah atau lokasi barang tersebut berada, serta nomor telepon yang sanggup dihubungi. Berikut ialah ulasan singkatnya.
1. Apa yang ditawarkan
Sebagaimana teks iklan pada umumnya, iklan baris juga harus memuat apa yang ditawarkan kepada calon pembeli menyerupai barang; jasa; lowongan kerja atau karir; properti menyerupai apartemen, rumah, tanah, atau ruang usaha; otomotif; kehilangan, dan lain-lain. Merujuk pada Etika Pariwara Indonesia (2014), produk properti hanya sanggup diiklankan jikalau pihak pengiklan telah memperoleh hak yang sah atas kepemilikannya, serta mempunyai segala izin resmi yang diperlukan. Hal ini juga berlaku pada produk otomotif.
2. Spesifikasi barang atau jasa yang ditawarkan
Selain memuat apa yang ditawarkan kepada khalayak, iklan baris juga harus memuat spesifikasi barang atau jasa yang ditawarkan. Hal ini dimaksudkan supaya khalayak benar-benar mengetahui dan memahami barang atau jasa yang dibelinya dan sesuai dengan yang dibutuhkan. Jika spesifikasi ini tidak dicantumkan, dikhawatirkan mengarah pada penipuan.
3. Kondisi barang atau jasa yang ditawarkan
Produk yang ditawarkan melalui iklan baris juga harus memuat kondisi barang atau jasa yang ditawarkan menyerupai ‘baru, mulus, gress, rusak, lecet sedikit, dan lain sebagainya. Kondisi barang atau jasa yang dijual sangatlah penting diketahui oleh calon pembeli sebab bertalian dengan jumlah nominal yang dibayarkan nantinya. Jika harga yang ditawarkan tidak sesuai dengan kondisi barang, dikhawatirkan akan mengarah pada penipuan.
4. Harga
Seorang pengiklan juga harus mencantumkan harga barang atau jasa yang ditawarkan terutama untuk barang-barang yang dijual atau disewa menyerupai kendaraan beroda empat atau rumah. Yang harus diperhatikan terkait dengan harga ialah harga suatu barang atau jasa yang dicantumkan tidak diperkenankan untuk menyesatkan khalayak. Jika hal ini dilakukan, sejatinya pengiklan telah melangar adat beriklan.
5. Lokasi
Unsur lainnya yang harus tersaji dalam iklan baris ialah berupa informasi wacana lokasi barang atau jasa itu berada menyerupai properti atau otomotif atau lokasi daerah penjualan produk lainnya. Biasanya hal ini sering kita lihat pada iklan baris yang memperlihatkan properti menyerupai tanah, kantor, rumah atau apartemen. Lokasi barang yang ditawarkan umumnya terkait dengan harga yang ditawarkan. Semakin dipandang elit atau strategis letak suatu properti, maka harganya akan semakin mahal.
6. Posisi yang dibutuhkan
Iklan baris juga harus memuat posisi atau pihak yang dibutuhkan. Dalam iklan baris lowongan kerja baisanya hal ini dicantumkan. Misalnya,
Bth Mrktg IceCream P/W min D3, max 35 thn, pny mtr, pglm di food co. Lmr : Minimelts Jl. Outer RingRoad, Tmn Palem Lestari Rk Pelangi D5 Cngkareng 55958131
7. Syarat pendidikan
Pada jenis iklan baris lowongan kerja, selain memuat posisi yang dibutuhkan, memuat juga informasi wacana syarat pendidikan, menyerupai Sekolah Menengan Atas atau SMK, D3, S1 dan lain sebagainya. Syarat ini ditulis dengan tidak mengatakan indikasi adanya diskriminasi SARA kecuali jikalau secara khusus menyertakan alasan dibutuhkannya SARA tertentu tersebut.
8. Syarat lain
Informasi lainnya yang kerap disajikan dalam iklan baris lowongan kerja ialah syarat-syarat lain yang umumnya mengacu pada kepribadian, kompetensi atau keterampilan yang harus dimiliki oleh calon pencari kerja. Misalnya jujur, teliti, suka bekerja keras, punya SIM A/C, menguasai Ms Office, menguasai bahasa asing, dan lain sebagainya.
9. Alamat atau nomor telepon yang sanggup dihubungi
Pada jenis iklan penawaran barang atau jasa maupun iklan seruan (lowongan kerja), biasanya dicantumkan alamat atau nomor telepon yang bisa dihubungi atau alamat ditujukannya lamaran. Hal ini sangat penting supaya sanggup memudahkan calon pembeli menghubungi si penawar atau memudahkan pencari kerja mengirim lamarannya.
10. Kode iklan dari redaksi
Kode iklan ini biasanya dipakai oleh redaktur untuk kepentingan manajemen redaktur. Dalam penyajiannya di media massa, instruksi iklan ini seringkali tidak dimuat.
Contoh
Berikut ialah beberapa teladan iklan baris yang dimuat di surat kabar Kompas, 13 April 2019.
a. Iklan baris lowongan kerja
- Bth Mrktg IceCream P/W min D3, max 35 thn, pny mtr, pglm di food co. Lmr : Minimelts Jl. Outer RingRoad, Tmn Palem Lestari Rk Pelangi D5 Cngkareng 55958131
- Dicari Lulusan STM Listrik, Mengerti Listrik, Kirim CV. Email ke : hrd@ptaig.co.id
b. Iklan baris otomotif
- Porsche Cayman 2.7 AT’15/14 Hitam Int Merah Stnk Pjg F/opt Sport (Chrono, Exhaust, steering) 081517232123 – 08158119900
- Innova ‘2005, G/bensin. Matic, Hitam metallic. Full bodykit + sound system, mulus. 99jt Nego, Hub. 0816768337. Jakbar.
- IVAN’S MOTOR New 2019 Mercy G63 AMG 4.0L Bi Turbo V8 577HP, Ready Stock, Call : 021-6506666
c. Iklan baris properti
- Jual Cepat (BU) Rmh Jl. Pondok Kelapa Barat Kav. DKI Blok H No.6-7 Jaktim Lt/lb 180 (12×15) 4K, 4KM Garasi 2 Mobil Depan Jalan 6 M Hub. 0821 1063 0563
- BU Tnh Jonggol 10 ha. Strategis Sblh CitraIndah persis. Jln. Lebar Bs utk perumahan. 08122227576
- Disewakan R.Kantor, Exclusive, 275 M2, Menara Batavia Lt.17 Jl.KH Mas Mansyur, Hub. : 08161375891
d. Lain-lain
- Hlg STNK H-1962-GW an. Kusmijan. Taman Avonia I Rt7/2 Tugu Semarang
- Pinjaman Dana Tunai – Bridging Express bunga mulai 1,6% jmnan SHM, Take Over, SPPKBank. WA : 0811997121
- Dijual melalui lelang Rig Mobile Accessories&Portacamp di Duri Tanjung&Balikpapan. Balindo 081315317467/081389228084
- Tanaman hias – Buat/renovasi taman, taman kering, air terjun, kolam, kerikil alam, gazebo. HP : 081584658965
- Rupa-rupa – Beli piringan hitam turntable Amply Speaker. 081808334260, 08988919900 (WA), 5491589
- Sekolah kursus – Program murah masuk Perguruan Tinggi Swasta STIS Diajar oleh mahasiswa STIS Brpnglmn. 082274990113 (peter)
Demikianlah ulasan singkat wacana unsur-unsur iklan baris dalam bahasa Indonesia. Artikel lain yang sanggup dibaca antara lain teks eksempulum, teks ulasan, teks mekanisme dalam bahasa Indonesia, teks berita, contoh iklan makanan, contoh iklan minuman, contoh iklan lowongan kerja, berikan teladan kalimat opini dalam iklan, teladan teks informasi singkat, contoh teks informasi di koran, contoh teks informasi wacana sekolah, contoh iklan di internet, contoh frasa endosentris dalam iklan, dan contoh teks informasi duka. Semoga bermanfaat. Terima kasih.
Sumber https://dosenbahasa.com