Random post

Thursday, January 3, 2019

√ Soal-Jawab Uts/Pts 2 Bahasa Indonesia Sma/Ma-Smk/Mak Kelas 11/Xi K13

Download Contoh Soal dan Kunci Jawaban Siap UTS √ Soal-Jawab UTS/PTS 2 Bahasa Indonesia SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI K13

Download Contoh Soal dan Kunci Jawaban Siap UTS/PTS Semester 2/II Bahasa Indonesia SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI Kurikulum 2013







Contoh Soal dan Kunci Jawaban Siap UTS/PTS Semester 2/II Bahasa Indonesia SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI Kurikulum 2013 ini dihadirkan dengan cita-cita bahwa ia sanggup menjadi sarana bagi para penerima didik yang duduk di dingklik SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI yang hendak melaksanakan ulanga/penilaian tengah semester (UTS/PTS) 2/II untuk mapel Bahasa Indonesia.

Soal beserta kunci tanggapan dirancang dengan pendekatan kurikulum 2013 terbaru revisi 2017 dengan memakai rujukan atau buku pola Buku Mapel Bahasa Indonesia SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Dengan demikian, contoh soal dan tanggapan yang disediakan telah memenuhi unsur kebaruan atau novelty.

Materi pelajaran Bahasa Indonesia Semester 2/II ini mencakup empat bab, dari potongan lima hingga dengan potongan delapan. Berikut yaitu sekilas dari materi pelajaran Bahasa Indonesia SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI K13:



Bab V Mempersiapkan Proposal ....................................................141
A. Mengidentifikasi Informasi Penting dalam Proposal Kegiatan atau
Penelitian ................................................................................................................. 143
B. Melengkapi Informasi dalam Proposal secara Lisan .......................................... 159
C. Menganalisis Isi, Sistematika, dan Kebahasaan Proposal .................................. 163
D. Merancang Sebuah Proposal Karya Ilmiah dengan Memperhatikan
Informasi, Tujuan, dan Esensi Karya Ilmiah ........................................................ 171

Bab VI Merancang Karya Ilmiah ......................................................175
A. Mengidentifikasi Informasi, Tujuan, dan Esensi Karya Ilmiah yang Dibaca ... 177
B. Merancang Informasi, Tujuan, dan Esensi dalam Karya Ilmiah ...................... 188
C. Menganalisis Sistematika dan Kebahasaan Karya Ilmiah ................................. 192
D. Mengonstruksi Sebuah Karya Ilmiah dengan Memperhatikan Isi,
Sistematika, dan Kebahasaan Karya Ilmiah ........................................................ 197

Bab VII Menilai Karya Melalui Resensi .............................................203
A. Membandingkan Isi Berbagai Resensi untuk Menemukan Sistematika
Sebuah Resensi ........................................................................................................ 205
B. Menyusun Sebuah Resensi dengan Memperhatikan Hasil Perbandingan
Beberapa Teks Resensi ........................................................................................... 211
C. Menganalisis Kebahasaan Resensi dalam Dua Karya yang Berbeda ............... 222
D. Mengonstruksi Sebuah Resensi dari Buku Kumpulan Cerita atau
Novel yang Dibaca .................................................................................................. 230

Bab VIII Bermain Drama .....................................................................235
A. Mengidentifikasi Alur Cerita, Babak Demi Babak, dan Konflik dalam
Drama yang Dibaca atau Ditonton ....................................................................... 237
B. Mempertunjukkan Salah Satu Tokoh dalam Drama yang Dibaca atau
yang Ditonton secara Lisan ................................................................................... 248
C. Menganalisis Isi dan Kebahasaan dalam Drama yang Dibaca atau Ditonton .. 260
D. Mendemonstrasikan Sebuah Naskah Drama dengan Memperhatikan Isi
dan Kebahasaan ...................................................................................................... 266
E. Menyusun Ulasan dari Buku yang Dibaca .......................................................... 280



Materi yang diujikan pada ulangan/penilaian tengah semester 2/II ini terdiri atas dua bab, yaitu potongan lima dan potongan enam. Dua potongan terakhir dipakai sebagai materi sehabis pelaksaan UTS/PTS 2/II sampai dengan UKK/PAS Semester II.

Berikut yaitu tautan Download Contoh Soal dan Kunci Jawaban Siap UTS/PTS Semester 2/II Bahasa Indonesia SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI Kurikulum 2013




Berikut yaitu kutipan dari Soal-Jawab UTS/PTS 2 Bahasa Indonesia SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI K13 tersebut:



9. Sebuah tawaran hendaknya memakai bahasa yang ilmiah. Berikut yang bukan merupakan ciri dari keilmiahan adalah
A. Kemasukakalan
B. Berdasarkan ilmu pengetahuan
C. Berdasarkan hati nurani
D. Keterukuran dan kedapatdiujian

10. Berikut merupakan kata yang menyatakan pendefinisian
A. Yaitu
B. Akan
C. Bekerja
D. Namun

11. Ketika membaca portal gosip di internet, sering dijumpai adanya kolom tertentu yang menyajikan ulasan kolumnis terhadap permasalahan tertentu. Biasanya permasalahan yang diulas yaitu permasalahan yang sedang hangat di tengah masyarakat. Karena sang kolumnis yaitu seorang pakar, maka ulasannya sanggup digolongkan sebagai karya ilmiah. Penyajian karya ilmiah oleh kolumnis dalam portal gosip di internet termasuk penyajian karya ilmiah berbentuk
A. Populer
B. Semiformal
C. Formal
D. Fiksi

12. Skripsi, tesis, dan disertasi merupakan karya ilmiah berbentuk
A. Populer
B. Semiformal
C. Formal
D. Fiksi

13. Berikut merupakan kaidah penulisan judul karya ilmiah yang dianjurkan
A. Menggunakan karakter kapital semua kecuali pada anak judul
B. Menggunakan karakter Times New Romans
C. Menggunakan tanda baca di final judul
D. Menggunakan karakter kecil semua

14. Dalam kerangka teoretis, dua hal yang harus ada adalah
A. Kajian teori yang relevan dan hipotesis
B. Pengujian hipotesis dan metode penelitian
C. Kajian teori dan pengujian hipotesis
D. Definisi operasional dan pengujian hipotesis

15. Metode penelitian yang bertujuan hanya menggambarkan fakta-fakta secara apa adanya, tanpa adanya perlakukan apa pun. Data yang dimaksud sanggup berupa fakta yang bersifat kuantitatif (statistika) ataupun fakta kualitatif. Metode penelitia yang dimaksud disebut dengan
A. Metode eksperimen
B. Metode deskriptif
C. Metode penelitian tindakan kelas
D. Metode eksloratif

16. Objektivitas karya ilmiah antara lain ditandai oleh pilihan kata yang bersifat impersonal. Hal ini tercermin dalam kalimat sebagai berikut
A. Sukaryo (2010) beropini bahwa kebijakan pemerintah dalam bidang pendidikan masih difokuskan pada aspek pembiayaan saja dan belum menyentuh aspek mutu dalam muatan kurikulum dan penyelenggaraan pendidikan dasar dan menengah
B. Saya tidak akan pernah mempercayai hal yang masuk akal
C. Kamu disarankan pergi ke dokter seorang hebat penyakit dalam
D. Dia sudah saya maafkan atas perbuatannya yang keji dan menyakitkan

17. Dalam melaksanakan komunikasi ilmiah, penulis karya ilmiah seharusnya lebih sering memakai kalimat pasif menyerupai contoh di bawah ini
A. Untuk mempermudah pengumpulan data, maka kuesioner akan disebarkan ke responden-responden yang benar-benar memenuhi kriteria
B. Untuk mempermudah pengumpulan data, saya akan menyebar kuesioner ke responden-responden yang benra-benar memenuhi kriteria
C. Saya akan memanggil beberapa responden penelitian untuk dimintai keterangan
D. Sebagai ketua peneliti, Sarno hendaknya diminta untuk lebih teliti dalam aspek redaksional

18. Berikut yang bukan merupakan cara penulisan daftar pustaka adalah
A. Ditulis secara alfabetis
B. Dengan memakai nomor urut
C. Satu sumber tertulis atau tercetak apabila memerlukan lebih dari satu baris untuk menuliskannya, maka jarak antarbaris yaitu satu spasi
D. Jarak antara sumber yang satu dengan sumber yang lain yaitu dua spasi

19. Karya ilmiah mengutamakan aspek rasionalitas dalam pembahasannya. Maksud rasionalitas dalam hal ini adalah
A. Mendasarkan diri pada kaidah berpikir yang benar dan masuk akal
B. Mendasarkan diri pada hal-hal yang bersifat empirik
C. Mendasarkan diri pada hal-hal yang fiktif
D. Mendasarkan diri pada sikap tidak berprasangka atau skeptis

20. Berdasarkan kelazimannya, karya ilmiah yang dipakai sebagai materi untuk diskusi adalah
A. Tesis
B. Makalah
C. Artikel
D. Skripsi



Sebagai sekedar materi bacaaan, berikut yaitu kompetensi inti dan kompetensi dasar Bahasa Indonesia SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI Kurikulum 2013 sebagai dasar dalam pembutan soal


KOMPETENSI INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL)
1. Menghayati dan mengamalkan pedoman agama yang dianutnya.
KOMPETENSI INTI 2 (SIKAP SOSIAL)
2. Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai potongan dari solusi atas banyak sekali permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, danperadaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah. 4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abnormal terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta bisa memakai metode sesuai dengan kaidah keilmuan.
KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1 Mengonstruksi informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur. 4.1 Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks mekanisme dengan organisasi yang sempurna secara verbal dan tulis.
3.2 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur. 4.2 Mengembangkan teks mekanisme dengan memperhatikan hasil analisis terhadap isi, struktur, dan kebahasaan.
3.3 Mengidentifikasi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks ekplanasi verbal dan tulis. 4.3 Mengonstruksi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks eksplanasi secara verbal dan tulis.
3.4 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi. 4.4 Memproduksi teks eksplanasi secara verbal atau tulis dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan.
3.5 Mengidentifikasi informasi berupa permasalahan positif yang disajikan dalam ceramah. 4.5 Menyusun bagian-bagian penting dari permasalahan positif sebagai materi untuk disajikan dalam ceramah.
3.6 Menganalisis isi, struktur, dan kebahasaan dalam ceramah. 4.6 Mengonstruksi ceramah perihal permasalahan positif dengan memperhatikan aspek kebahasaan dan memakai struktur yang tepat.
3.7 Mengidentifikasi butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca. 4.7 Menyusun laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi).
3.8 Mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan dongeng pendek yang dibaca. 4.8 Mendemonstrasikan salah satu nilai kehidupan yang dipelajari dalam dongeng pendek.
3.9 Menganalisis unsur-unsur pembangun dongeng pendek dalam buku kumpulan dongeng pendek. 4.9 Mengonstruksi sebuah dongeng pendek dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun cerpen.
3.10 Menemukan butir-butir penting dari dua buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca. 4.10 Mempertunjukkan kesan langsung terhadap salah satu buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk teks eksplanasi singkat.
KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.11 Menganalisis pesan dari satu buku fiksi yang dibaca. 4.11 Menyusun ulasan terhadap pesan dari satu buku fiksi yang dibaca.
3.12 Mengidentifikasi informasi penting yang ada dalam tawaran acara atau penelitian yang dibaca. 4.12 Melengkapi informasi dalam tawaran secara verbal semoga lebih efektif.
3.13 Menganalisis isi, sistematika, dan kebahasaan suatu proposal. 4.13 Merancang sebuah tawaran karya ilmiah dengan memperhatikan informasi, tujuan, dan esensi karya ilmiah yang diperlukan.
3.14 Mengidentifikasi informasi, tujuan, dan esensi sebuah karya ilmiah yang dibaca. 4.14 Merancang informasi, tujuan, dan esensi yang harus disajikan dalam karya ilmiah.
3.15 Menganalisis sistematika dan kebahasaan karya ilmiah. 4.15 Mengonstruksi sebuah karya ilmiah dengan memperhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan.
3.16 Membandingkan isi banyak sekali resensi untuk menemukan sistematika sebuah resensi. 4.16 Menyusun sebuah resensi dengan memperhatikan hasil perbandingan beberapa teks resensi.
3.17 Menganalisis kebahasaan resensi setidaknya dua karya yang berbeda. 4.17 Mengonstruksi sebuah resensi dari buku kumpulan dongeng pendek atau novel yang sudah dibaca.
3.18 Mengidentifikasi alur cerita, babak demi babak, dan konflik dalam drama yang dibaca atau ditonton. 4.18 Mempertunjukkan salah satu tokoh dalam drama yang dibaca atau ditonton secara lisan.
3.19 Menganalisis isi dan kebahasaan drama yang dibaca atau ditonton. 4.19 Mendemonstrasikan sebuah naskah drama dengan memperhatikan isi dan kebahasaan.
3.20 Menganalisis pesan dari dua buku fiksi (novel dan buku kumpulan puisi) yang dibaca. 4.20 Menyusun ulasan terhadap pesan dari dua buku kumpulan puisi yang dikaitkan dengan situasi kekinian.

Demikian goresan pena perihal

Download Contoh Soal dan Kunci Jawaban Siap UTS/PTS Semester 2/II Bahasa Indonesia SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI Kurikulum 2013

Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!
Sumber http://www.informasiguru.com