Random post

Saturday, March 18, 2017

√ 4 Langkah Sederhana Budidaya Jagung Bagus


Jagung merupakan komoditas penting bagi masyarakat Indonesia. Jagung dijadikan sebagai makanan pokok kedua sesudah beras bagi lebih banyak didominasi penduduk Indonesia. Adanya ketergantungan pangan terhadap komoditas jagung merupakan salah satu dampak dari swasembada beras yang menganjurkan seluruh masyarakat Indonesia untuk mengonsumsi beras sebagai sumber pangan utama. Oleh alasannya itu, hasil panen jagung dituntut untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat Indonesia alasannya kenutuhan mereka sehari-hari tidak terlepas dari jagung sebagai sumber energi. Selain itu, hasil panen jagung juga sebagai salah satu indikator kemakmuran masyarakat yang ditinjau dari perekonomian alasannya perekonomian berbanding lurus dengan kebutuhan pangan. 



Budidaya jagung bekerjsama cantik sama ibarat budidaya jagung lokal namun jagung panen mempunyai masa panenyang sebentar atau berumur lebih pendek daripada jagung lokal. berikut langkah-langkah budidaya jagung cantik :

1. Mengolah Lahan Tanam Jagung


ilustrasi gambar oleh anyebp2kp.blogspot.com

Pengolahan lahan dilakukan dengan tujuan semoga tanah menjadi gembur dan mebalikkan tanah semoga gulma mati dan menjadi kompos. Tempat yang cocok untuk menananm jagung cantik ialah lahan persawahan lalu dibajak.  Usahakan semoga lahan tidak tergenang air, sanggup dilakukan dengan menciptakan bedengan dengan ukuran lebar sekitar 1 meter dengan tinggi 20-30 cm, jarak antar bedengan 30 cm dan dalam satu bedengan terdapat 2 larikan untuk ditanami jagung.

Sebelum dilakukan penanaman perlu ditambahakan pupuk dasar 3 hari sebelum tanam. Pupuk dasar yang ditambhakan ialah urea dan sp36 dengan takaran 2 gram/lubang tanam. Kalau perlu tambahkan bahan organik dengan takaran 2 ton/ha semoga kegiatan mikroorganisme dalam tanah menjadi meningkat. Cara yang lebih organik ialah dengan melaksanakan pemupukan awal dengan memakai pupuk sangkar atau bokashi.  

Pada bokashi dari kotoran ayam banyak mengandung unsur nitrogen yang cepat terurai, sedangkan bokashi dari kotoran sapi atau kambing banyak mengandung unsur kalium (K) dan pospat (P). Dengan kombinasi keduanya akan memperlihatkan banyak asupan unsur hara yang dibutuhkan oleh jagung untuk sanggup tumbuh dengan subur dengan menghemat cost (biaya) alasannya materi dasar berupa limbah.

2. Menanam dan Merawat Jagung Manis
Setelah lahan tanam jawaban disiapkan selanjutnya ialah melaksanakan persiapan untuk menanam jagung manis. Usahakan Benih yang dipakai ialah benih yang tahan alasannya benih jagung cantik biasanya rentan terhadap penyakit. Penanaman  jagung yang paling efekfif ialah dengan cara di tugal dengan cara menciptakan lubang pada larikan dengan kedalaman 2-3 cm sesuai dengan kedalaman akar, lalu masukan 2 butir benih jagung manis. Setelah itu, tutup lubang dengan memakai kompos dan siram dengan air semoga kelembaban dan kelengasan tanah terjaga. Biasanya dalam satu hektar lahan memerlukan benih jagung cantik kurang lebih 8 kg. Untuk jarak tanam jagung cantik yang optimal sekitar 60-75 cm, jarak tersebut ialah jarak ideal untuk mengatur jumlah populasi jagung ia lahan yang luas. Jagung cantik akan berkembang dengan baik bila dalam satu hektar lahan hanya ditumbuhi sekeitar 34.000-37.000 tumbuhan jagung.

3. Pemeliharaan dan Pengedalian Hama Tanaman
Sama ibarat budidaya tumbuhan lain, budidaya jagung cantik juga memerlukan perawatan yang cukup intens. Bila jagung ditanam pada animo kemarau dibutuhkan penyiraman untuk menjaga kelembaban tanah, dan bila ditanam dikala animo hujan sangat rentan tehadap penyakit bulai yang menular lewat air dan angin. Penyakit lainhya yaitu Karat (Puccinia sorghi), Hawar daun (Helminthosporium turcicum), Hawar daun (Curvularia sp.) dan Hawar pelepah (Rhizoctonia solani) Penyakit tersebut sanggup di kendalikan dengan aplikasi Trichoderma harzianum.

Hama yang sering menyerang tumbuhan jagung cantik ialah Penggerek batang jagung (O. furnacalis), Ulat Tongkol (H. armigera), Kutu Daun (R. maidis), Belalang (Oxya spp.), dan Tikus (Rattus argentiventer). Pengendalian hama sanggup dilakukan dengan menyemprotkan insektisida.
Perawatan lainnya yaitu  pemupukan susulan, dengan aplikasi urea, Sp36, dan KCl untuk menjaga kandungan unsur hara di dalam tanah. Pemupukan susulan dilakukan sesudah tumbuhan berusia1 bulan sesudah benih ditanam. Selain melaksanakan perawatan ibarat yang disebutkan di atas, perawatan selanjutnya dalam budidaya jagung cantik ialah dengan mengendalikan hama dan penyakit yang menyerang tanaman.

4. Panen Jagung Manis
Jagung cantik biasanya sudah mulai mengeluarkan bunga dikala berusia 45  hari sesudah tanam. Rata-rata pada 1 tumbuhan jaung terdapat 2 tongkal jagung sehingga perlu untuk menghilangkan tongkol yang belahan bawah semoga jagung sanggup tumbuh dengan maksimal. Pemanenan dilakukan dikala ttanaman berumur 2 bulan sehingga jagung cantik telah mengalami kematangan yang optimal.

Budidaya jagung cantik hanya membutuhkan waktu sekitar 2 bulan dan sudah sanggup dipanen. Jagung cantik akan lebih mahal kalau dibudidayakan dengan cara organik. Beberapa sayuran organik di jual dengan harga 2x lipat dari harga biasanya. 

Sekian klarifikasi singkat mengenai budidaya jagung manis. Dengan menerapkan 4 tahap tersebut budidaya jagung cantik menjadi lebih sederhana nang menghasilkan tentunya. Semoga artikel kami membantu anda. Sekian terimakasih.... 

Sumber http://www.galinesia.com