Random post

Saturday, April 29, 2017

√ Makalah Sopan Santun Kesehatan - Tokoh-Tokoh Idealisme

TOKOH-TOKOH IDEALISME



1.      J.G. Fichte (1762-1814 M)
Johan Gottlieb Fichte yaitu filosof Jerman. Ia berguru teologi di Jena pada tahun 1780-1788. Filsafat berdasarkan Fichte haruslah dideduksi dari satu prinsip. Ini sudah mencukupi untuk memenuhi tuntutan pemikiran, moral, bahkan seluruh kebutuhan manusia. Prinsip yang dimaksud ada di dalam etika. Bukan teori, melainkan prakteklah yang menjadi sentra yang disekitarnya kehidupan diatur. Unsur esensial dalam pengalaman yaitu tindakan, bukan fakta.
Menurut Fichte, dasar kepribadian yaitu kemauan; bukan kemauan irasional menyerupai pada Schopenhauer, melainkan kemauan yang dikontrol oleh kesadaran bahwa kebebasan diperoleh hanya dengan melalui kepatuhan pada peraturan. Kehidupan moral yaitu kehidupan usaha. Manusia dihadapkan kepada rintangan-rintangan, dan insan digerakkan oleh rasa wajib bahwa ia berutang pada aturan moral umum yang memungkinkannya bisa menentukan yang baik. Idealisme etis Fichte diringkaskan dalam pernyataan bahwa dunia konkret hanya sanggup dipahami sebagai materi dari tugas-tugas kita. Oleh lantaran itu, filsafat bagi Fichte yaitu filsafat hidup yang terletak pada pemilihan antara moral idealisme dan moral materialisme. Substansi materialisme berdasarkan Fichte ialah naluri, kenikmatan tak bertanggung jawab, bergantung pada keadaan, sedangkan idealisme ialah kehidupan yang bergantung pada diri sendiri.
Menurut pendapatnya subjek “menciptakan” objek. Kenyataan pertama ialah “saya yang sedang berpikir”, subjek menempatkan diri sebagai tesis. Tetapi subjek memerlukan objek, menyerupai ajudan mengandaikan tangan kiri, dan ini merupakan antitesis. Subjek dan objek yang dilihat dalam kesatuan disebut sintesis. Segala sesuatu yang ada berasal dari tindak perbuatan sang Aku.

2.      F.W.J. Shelling (1775-1854 M)
Friedrich Wilhelm Joseph Schelling sudang mencapai kematangan sebagai filosof pada waktu ia masih amat muda. Pada tahun 1789, dikala usianya gres 23 tahun, ia telah menjadi guru besar di Universitas Jena. Sampai tamat hidupnya pemikirannya selalu berkembang.
Seperti Fichte, Scelling mula-mula berusaha menggambarkan jalan dilalui intelek dalam proses mengetahui, semacam epistemology. Fichte memandang alam semesta sebagai lapangan kiprah insan dan sebagai basis kebebasan moral. Schelling membahas realitas lebih objektif dan menyiapkan jalan bagi idealisme absolute Hegel. Dalam pandangan Schelling, realitas yaitu proses rasional evolusi dunia menuju realisasinya berupa suatu lisan kebenaran terakhir. Kita sanggup mengetahui dunia secara tepat dengan cara melacak proses logis perubahan sifat dan sejarah masa lalu. Tujuan proses itu yaitu suatu keadaan kesadaran diri yang sempurna. Schelling menyebut proses iniidentitas absolute, Hegel menyebutnya ideal.
Idealisme Schelling agak lebih objektif, lantaran berdasarkan dia bukan-aku (objek) ini sungguh-sungguh ada. Objek ini bukan hanya kontradiksi belaka, melainkan memiliki nilai yang positif. Bagi Schelling, yang menjadi dasar kesungguhan dan berpikir itu ialahaku. Dunia ini muncul daripada aku: dunia yang tak terbatas itu bekerjsama tidak lain daripada produksi dan reproduksi dari ciptaan aku.
Kemudian diakuinya kesungguhan alam, malahan dinyatakan bahwa subjek yang berpikir (aku) itu muncul daripada alam. Tetapi ini jangan dianggap sama sekali bertentangan dengan pendapatnya semula, sebab aku yang muncul dari alam itu ialah akuyang telah sadar. Alam itu merupakan proses evolusi, yang mengeluarkan budi yang sadar serta lambat laun sadar akan dirinya (aku) dalam alam yang tak sadar.
Begitulah ia meningkat lagi dalam pandangannya terhadap alam: budi dan dunia sama derajatnya hanya berhadapan sebagai subjek dan objek. Sebetulnya samalah keduanya, bertemu pada asal semula ialah Tuhan, identitas yang mutlak, juga disebutnya indiferensi yang mutlak. Ia tidak cenderung ke sana, maupun ke sini. Dari situ muncullah alam dalam bentuknya yang makin tinggi derajatnya: bahan, gerak, hidup, susunan-dunia, manusia. Dalam pada itu budipun sadar akan dirinya menjelmakan ilmu,moral, seni, sejarah, dan Negara.

3.      G.W.F Hegel (1798-1857 M)
Hegel  lahir di Stuttgart, Jerman pada tanggal 17 Agustus 1770. Ayahnya yaitu seorang pegawai rendah berjulukan George Ludwig Hegel dan ibunya yang tidak populer itu berjulukan Maria Magdalena. Pada usia 7 tahun ia memasuki sekolah latin, kemudian gymnasium. Hegel muda ini tergolong anak telmi alias telat mikir! Pada usia 18 tahun ia memasuki Universitas Tubingen. Setelah menuntaskan kuliah, ia menjadi seorang tutor, selain mengajar di Yena. Pada usia 41 tahun ia menikah dengan Marie Von Tucher. Karirnya selain menjadi eksekutif sekolah menengah, juga pernah menjadi redaktur surat kabar. Ia diangkat menjadi guru besar di Heidelberg dan kemudian pindah ke Berlin sampai ia menjadi Rektor Universitas Berlin (1830).
Pokok-pokok pikiran (filsafat) Hegel
Tema fisafat Hegel adalah Ide Mutlak. Oleh lantaran itu, semua pemikirannya tidak terlepas dari ide mutlak, baik berkenaan dari sistemnya, proses dialektiknya, maupun titik awal dan titik tamat kefilsafatannya. Oleh lantaran itu pulalah filsafatnya disebut filsafat idealis, suatu filsafat yang tetapkan wujud yang pertama yaitu ide (jiwa).

a.       Rasio, ide, dan roh
Hegel sangat mementingkan rasio, tentu saja lantaran ia seorang idealis. Yang dimaksud olehnya bukan saja rasio pada insan perseorangan, tetapi rasio pada subjek absolut karena Hegel juga mendapatkan prinsip idealistik bahwa realitas seluruhnya harus disetarafkan dengan suatu subjek. Dalil Hegel yang kemudian populer berbunyi: “ Semua yang real bersifat rasional dan semua yang rasional bersifat real.” Maksudnya, luasnya rasio sama dengan luasnya realitas. Realitas seluruhnya yaitu proses ajaran (idea, berdasarkan istilah Hegel) yang memikirkan dirinya sendiri. Atau dengan perkataan lain, realitas seluruhnya adalah Roh yang lambat laun menjadi sadar akan dirinya. Dengan mementingkan rasio, Hegel sengaja beraksi terhadap kecenderungan intelektual dikala itu yang mewaspadai rasio sambil mengutamakan perasaan.
Pusat fisafat Hegel ialah konsep Geist (roh,spirit), suatu istilah yang diilhami oleh agamanya. Istilah ini agak sulit dipahami. Roh dalam pandangan Hegel yaitu sesuatu yang real, kongkret, kekuatan yang objektif, berkembang menjadi dalam banyak sekali bentuk sebagai world of spirit (dunia roh), yang menempatkan ke dalam objek-objek khusus. Di dalam kesadaran diri, roh itu merupakan esensi insan dan juga esensi sejarah manusia.
Demi alam kembalilah idea atau roh kepada diri sendiri. Dalam fase ini, mula-mula roh itu merupakan roh subjektif, kemudian roh objektif, dan jadinya roh mutlak.
Sebagai roh subjektif, roh itu mengenal dirinya dan merupakan tiga tingkatan: antropologi, fenomologi, dan psikologi. Dalam antropologi, kenallah roh itu akan dirinya dalam penjelmaan pada alam. Dalam fenomenologi, kenallah ia akan dirinya dalam perbedaannya dengan alam. Adapun pada psikologi, roh mengenal dirinya dalam kemerdekaan terhadap alam, mula-mula teoritis, kemudian simpel dan jadinya merdekalah roh itu.
Maka meningkatlah kepada roh objektif. Roh objektif ini roh mutlak yang berkembang menjadi pada bentuk-bentuk kemasyarakatan manusia, hak dan aturan kesusilaan dan kebajikan. Dalam hak dan aturan terdapat penjelmaan roh merdeka itu pada hukum-hukum umum. Di samping itu yaitu kesusilaan yang merupakan kebatinan. Pada sintesis keduanya itu terlahirlah kebajikan. Sampailah kini kepada roh mutlak. Roh mutlak itu ialah idea yang mengenal dirinya dengan tepat itu merupakan sintesis dari roh subjektif dan objektif. Tak ada lagi, kontradiksi antara subjek dan objek antara berpikir dan ada.Oleh lantaran roh mutlak ini bekerjsama gerak juga, maka ia mengatakan perkembangan juga: seni (tesis), agama (antitesis) dan kemudian filsafat (sintesis). Seni itu menunjukkan idea dalam pandangan indera terhadap dunia, objeknya masih di luar subjek. Adapun agama tidak lagi memiliki subjek di luar objek, melainkan di dalamnya. Tetapi segala pengertian dan citra agama itu dianggap ada. Filsafat jadinya merupakan sintesis dari seni dan agama,merupakan paduan yang lebih tinggi. Di sinilah idea mengenal dirinya dengan sempurna. Dalam sejarah filsafat ternyata benar gerak idea itu, yaitu tesis, antitesis, dan jadinya sintesis. Misalnya: Parmenides (tesis), Heraklitos (antitesis), dan Plato (sintesis).

b.      Dialektika
Untuk menjelaskan filsafatnya, Hegel memakai dialektika sebagai metode. Yang dimaksud oleh Hegel dengan dialektika yaitu mendamaikan, mengompromikan hal-hal yang berlawanan.
Proses dialektika selalu terdiri atas tiga fase. Fase pertama (tesis) dihadapi antitesis (fase kedua), dan jadinya timbul fase ketiga (sintesis). Dalam sintesis itu, tesis dan antitesis menghilang. Dapat juga tidak menghilang, ia masih ada, tetapi sudah diangkat pada tingkat yang lebih tinggi. Proses ini berlangsung terus. Sintesis segera menjadi tesis baru, dihadapi oleh antitesis baru, dan menghasilkan sintesis gres lagi, dan seterusnya.
Tesis yaitu pernyataan atau teori yang didukung oleh argumen yang dikemukakan, kemudian antitesis yaitu pengungkapan gagasan yang bertentangan. Sedangkan sintetis yaitu paduan (campuran) banyak sekali pengertian atau hal sehingga merupakan kesatuan yang selaras.
Contoh tesis, antitesis, dan sintesis
1)      Yang “ada” (being) merupakan tesis kemudian berkontraksi dengan “tak ada” (not being) sebagai antitesis, kemudian menghasilkan menjadi (becoming) sebagai sintesis.
2)      Dalam keluarga,suami-istri yaitu dua makhluk berlainan yang sanggup berupa tesis dan antitesis. Anak sanggup merupakan sintesis yang mendamaikan tesis dan antitesis.
3)      Mengenai bentuk Negara
Tesis        :   Negara diktator. Di Negara ini hidup kemasyarakatan diatur dengan baik, tetapi para   warganya tidak memiliki kebebasan apapun juga.
Antitesis:     :    Negara anarki. Dalam Negara anarki para warganya memiliki kebebasan    tanpa batas, tetapi hidup kemasyarakatan menjadi kacau.

Sintesis        :    Negara konstitusional. Sintesis ini mendamaikan antara pemerintahan diktator dengan anarki menjadi demokrasi.[18]

Sumber http://macrofag.blogspot.com