Random post

Wednesday, June 7, 2017

√ Pengertian Dan Pola Sinonim Dan Antonim Berdasarkan Para Ahli

PENGERTIAN SINONIM

Sinonim ialah persamaan kata atau padanan kata yang berarti merupakan suatu kata yang mempunyai bentuk yang berbeda, namun terdapat arti yang sama atau serupa. Pengertian lain dari sinomin yaitu sama dalam makna lain dalam tulisan. Kata sinonim sering dipakai oleh penulis untuk mengalihkan dan mengotak-atik kata pada suatu posisi dan kondisi tertentu. tujuan dari penggunaan sinonim ialah untuk menciptakan variasi terhadap susunan kata kedalam suatu kalimat yang efektif, sehigga sanggup menciptakan para pembaca tidak bosan. 


Sinonim ialah persamaan kata atau padanan kata yang berarti merupakan suatu kata yang mem √ Pengertian dan Contoh SINONIM dan ANTONIM Menurut Para Ahli

Diksi atau pilihan kata merupakan salah satu hal yang penting untuk diperhatikan dalam penggunaan sinonim. Memilih kata sinonim yang sempurna ialah keharusan bagi penulis. penulis harus berhati-hati dalam memakai sinonim. Mungkin dalam menemukan kata sinonim penulis sanggup memakai refrensi menyerupai Kamus Besar Bahasa Indonesia, Literatur online dan lain sebagainya. 

Contoh Kata Sinonim

Cotoh kata sinomin, salah satunya yaitu kata "Besar". Kata yang mempunyai makna yang sama namun bentuknya berbeda yaitu kata "Agung". Selain kata "Agung" juga terdapat kata lain yang juga mempunyai arti sama namun bentuknya berbeda yaitu "Raya".
Contoh sinonim yang lain menyerupai di bawah ini
Kata haus, Sinonimnya ialah Dahaga.
Kata Pakaian, Sinonimnya ialah Baju.
kata Bohong, Sinonimnya ialah Dusta.
Kata Binatang, Sinonimnya ialah Fauna.
Kata Berjumpa, Sinonimnya ialah Bertemu.
Dan kumpulan kata sinonim lainnya.

PENGERTIAN ANTONIM

Antonim ialah perlawanan kata atau Pertentangan kata yang berarti suatu kata yang mempunyai makna berlawanan antara satu kata dengan kata yang lainnya. Penegrtian lain dari anonim ialah suatu kata yang maknanya saling berlawanan satu sama lain. Antonim pada umumnya dipakai untuk membedakan antara satu hal dengan hal yang lain. 


Seperti halnya sinonim, dalam penggunaan antonim pada suatu acara penulisan harus memperhatikan diksi atau pemilihan kata yang tepat. penulis juga harus memakai kata anonim sesuai engan kaidah bahasa yang digunakan. kata anonim tersebut sanggup di dapatkan melalui kamus besar bahasa indonesia, literatur, dan lain sebagainya. 

Contoh Kata Antonim

Contoh kata antonim salah satunya ialah kata "Tampan". kata tersebut  memiliki perlawanan kata yaitu kata "Jelek". kata "tampan" merupakan kata yang mempunyai sifat positif, sedangkan kata "jelek" mempunyai sifat negatif. Positif dan negatif saling berlawanan satu sama lain.
Contoh Kata Antonim yang lain menyerupai di bawah ini
Kata "Baik" lawan katanya ialah kata "Buruk".
Kata "Tinggi" lawan katanya ialah kata "Rendah".
Kata "Banyak" lawan katanya ialah kata "Sedikit".
Kata "Laki-Laki" lawan katanya ialah kata "Perempuan".
Kata "Datang" lawan katanya ialah kata "Pergi".
Dan Kumpulan Kata Antonim lainnya.

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Pengertian Sinonim dan Antonim Lengkap dengan Contohnya yang kami rangkum dari banyak sekali literatur online maupun offline. biar bermanfaat bagi kiprah makalah anda dan terima kasih. 

Sumber http://www.galinesia.com