Random post

Wednesday, August 23, 2017

√ Pengertian Microsoft Excel, Fungsi Microsoft Excel Dan Mengenal Database Excel 2013

komputerdia.com - Microsoft Excel  merupakan  salah satu  software (perangkat lunak) yang merupakan bab dari paket Software Microsoft Office. Perangkat lunak atau software ini berjenis spreadsheet. Pada awal dibuatnya Microsoft Excel sanggup bangun sendiri dan bukan menjadi bab dari Microsoft Office. 

Namun untuk dikala ini Microsoft Excel sudah merupakan suatu paket atau bundle dengan Microsoft Office yang terdiri dari banyak sekali perangkat lunak yang yang di fungsikan atau di manfaatkan untuk menunjang kebutuhan dan kelengkapan kerja, terutama untuk bidang office. 

Aplikasi yang berbentuk lembar kerja ini dibentuk dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk pengguna Apple Mac OS dan Microsoft Windows. Dalam aplikasi ini tersedia fitur pembuatan grafik dan fitur kalkulasi yang sifatnya bernafsu dan progresif.

Microsoft Excel merupakan aplikasi untuk mengolah data secara otomatis yang sanggup berupa perhitungan dasar, rumus, pemakaian fungsi-fungsi, pengolahan data dan tabel, pembuatan grafik dan menajemen data.

Pemakaian rumus sendiri sanggup berupa penambahan, pengurangan, perkalian dan lain sebagainya. Sedangkan pemakaian fungsi-fungsi sanggup berupa pemakaian rumus yang bertujuan untuk menghitung dalam bentuk rumus matematika maupun non matematika.

Microsoft Excel sanggup juga dipakai untuk menuntaskan banyak sekali keperluan administrasi, dari yang sederhana hingga dengan yang rumit. Pada pemakaian keperluan yang sederhana tersebut misalkan untuk menciptakan perencanaan kebutuhan suatu perusahaan, berupa perencanaan barang kebutuhan, jumlah maupun harganya.

Sampai dikala ini Microsoft excel sudah hingga pada versi 2019, sedangkan saya sendiri masih memakai versi 2010. Perlu diketahui, meskipun berbeda versi tetapi fungsi tetap sama, hanya perbedaan terletak pada fitur yang niscaya lebih baik dibanding versi terdahulunya.

Pada Microsoft excel kita bekerja dengan system workbook, sedangkan di dalam workbook terdapat worksheet atau lembar kerja. Pada worksheet ini kita bekerja dengan memakai kolom dan baris yang membentuk kotakan kecil-kecil berupa sel-sel kawasan kita memasukkan data.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :


 yang merupakan bab dari paket Software Microsoft Office √ Pengertian Microsoft Excel, Fungsi Microsoft Excel dan Mengenal Database Excel 2013

Fungsi Dan Kegunaan Microsoft Excel

Microsoft Excel sudah tak absurd dalam kehidupan kita sehari-hari,Microsoft Excel mempunyai banyak sekali fungsi antara lain, sebagai berikut :
  1. Membuat sebuah laporan keuangan
  2. Membuat Daftar Nilai
  3. Membuat daftar hadir
  4. Melakukan operasi kali,bagi, rerataan dengan cepat
  5. Menghitung Kurs Mata Uang
  6. Membuat Grafik dan Tabel dari suatu penghitungan
  7. Membuat diagram batang,diagram garis dan diagram lingkaran
  8. Membantu kita dalam menuntaskan soal-soal logika dan matematika
  9. Membuat presentasi jadi lebih mudah dan mudah
  10. Menyajikan data secara tepat, rapi dan akurat. Karena, Ms. Excel sanggup melaksanakan hal-hal menyerupai dibawah ini :
  • Menemukan dengan cepat pola dalam data
  • Tepat di titik sasaran – datanya valid, prosesnya pun cepat
  • Kita sanggup mengakses Spreadsheet kita darimana saja
  • Co-Authoring melalui aplikasi Web Microsoft Excel memudahkan kita mengedit spreadsheet yang sama dengan orang lain, meskipun di lokasi yang berbeda.
  • The PowerPivot untuk Excel add-in , d0wnl0ad gratis, menyediakan teknologi inovatif menyerupai integrasi efisien data dari banyak sekali sumber dan-cepat kilat manipulasi set data besar dengan hingga jutaan baris.

Mengenal dan Memahami Database Excel

Database merupakan suatu kawasan yang difungsikan untuk menampung data dengan susunan yang teratur sehingga kita sanggup memperoleh suatu data atau gosip dengan mudah, cepat dan juga tepat. Database sediri sanggup dibentuk dengan gampang dan cepat dengan microsoft excel alasannya ialah worksheet excel sudah tersusun dam bentuk kolom-kolom dan baris-baris.

Setiap kolom didalam database merupakan sebuah field yang harus berisi data dengan jenis yang sama, sedangkan setiap baris dlam database merupakan record data yang berisi kumpulan data yang terdiri atas beberapa field.

Nama field (judul kolom) harus dalam satu baris serta mempunyai nama unik, artinya nama satu field harus berbeda dengan field lainnya. Agar lebih normatif, nama field sebaiknya sanggup menjelaskan isi dari field tersebut.

 yang merupakan bab dari paket Software Microsoft Office √ Pengertian Microsoft Excel, Fungsi Microsoft Excel dan Mengenal Database Excel 2013

Gambar diatas merupakan suatu pola database yang mempunyai 6 Field dengan nama field sebagai berikut :
  1. Salesman
  2. Tanggal
  3. Nama Barang
  4. Jumlah
  5. Harga
  6. Total
Sedangkan  database tersebut mempunyai 5 Record data, dimana setiap record tersebutmerupakan sebuah kumpulan data yang terdiri dari 6 Field.

Sumber http://www.komputerdia.com