Random post

Friday, April 27, 2018

√ Membaca Pemahaman Dan Unsur - Unsurnya, Lengkap Penjelasan

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai kemampuan membaca pemahaman. Pembahasan tersebut berkaitan dengan pengertian membaca pemahaman, aspek-aspek membaca pemahaman, tujuan membaca pemahaman dan sebagainya, pribadi saja mari simak ulasannya.

1. Pengertian Membaca Pemahaman

Kegiatan membaca pemahaman yaitu sebuah kegiatan yang bertujuan untuk memperoleh warta yang mendalam serta pemahaman wacana apa yang dibaca. Membaca pemahaman merupakan pemahaman arti atau maksud dalam sebuah bacaan melalui tulisan. Definisi ini sangat menekankan pada dua hal yang pokok dalam membaca, yaitu bahasa itu sendiri dan simbol grafik goresan pena yang menyajikan warta yang berwujud bacaan (Lado dalam Nurhadi, 1987:222). Jadi, seseorang yang yang melaksanakan kegiatan membaca pemahaman harus menguasai bahasa atau goresan pena yang dipakai dalam bacaan yang dibacanya dan sanggup menangkap warta atau isi bacaan tersebut.

Untuk sanggup memahami isi sebuah materi bacaan dengan baik dibutuhkan adanya kemampuan membaca pemahaman yang baik pula. Pemahaman yaitu salah satu aspek yang penting dalam kegiatan membaca, alasannya pada hakikatnya pemahaman sebuah materi bacaan sanggup meningkatkan ketrampilan membaca itu sendiri maupun untuk tujuan tertentu yang hendak dicapai. Jadi, kemampuan membaca sanggup diartikan sebagai kemampuan dalam memahami materi bacaan. Tujuan membaca ialah pemahaman bukan kecepatan (H.G. Tarigan, 1986:37).

Membaca pemahaman didefinisikan juga sebagai salah satu macam membaca yang bertujuan memahami isi bacaan (Sujanto dalam Nurhadi, 1987:222). Kemampuan membaca sangat kompleks dan tidak sekedar kemampuan teknik membacanya saja tetapi juga kemampuan dalam pemahaman dan interpretasi isi bacaan.

Berdasarkan banyak sekali pengertian di atas, secara sederhana sanggup ditarik kesimpulan bahwa membaca pemahaman merupakan kegiatan membaca untuk memahami isi bacaan, baik yang tersirat maupun yang tersurat dalam materi bacaan tersebut.
 Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai kemampuan  √ Membaca Pemahaman dan Unsur - Unsurnya, Lengkap Penjelasan
Membaca Pemahaman dan Unsur - Unsurnya, Lengkap Penjelasan

2. Tujuan Membaca Pemahaman

Seandainya kita melaksanakan sesuatu kegiatan, tentulah kita memiliki tujuan tertentu yang ingin kita capai. Demikian halnya di dalam membaca pemahaman juga mempunyai tujuan tertentu yang hendak dicapai. Tujuan membaca pemahaman ialah untuk memperoleh sukses dalam pemahaman penuh terhadap argumen-argumen yang logis, pola-pola teks atau urutan-urutan etoris, pola-pola simbolisnya, nada-nada pemanis yang bersifat emosional dan juga sarana-sarana linguistik yang dipergunakan untuk mencapai tujuan (H.G. Tarigan, 1986:36).
Berdasarkan pendapat H.G. Tarigan diatas, sanggup dilihat bahwa tujuan membaca pemahaman meliputi beberapa hal. Jelasnya membaca pemahaman dibutuhkan bila kita ingin mempelajari dan memahami duduk kasus yang kita baca hingga pada hal-hal yang sangat detail.

3. Aspek-aspek Membaca Pemahaman

Membaca merupakan suatu keterampilan yang kompleks yang melibatkan serangkaian keterampilan yang lebih kecil lainnya. Agar seseorang sanggup mencapai suatu tingkat pemahaman, seharusnyalah ia mengalami proses yang cukup panjang. Oleh karenanya, kita perlu mengenal dan menguasai beberapa aspek dalam membaca pemahaman. Aspek-aspek dalam membaca pemahaman meliputi (Broughton [et al] dalam H.G. Tarigan, 1986:12):
  1. memahami pengertian sederhana (retorikal, gramatikal, leksikal),
  2. memahami signifikansi atau makna (a.l. maksud dan tujuan pengarang relevansi/keadaan kebudayaan, reaksi pembaca)
  3. evaluasi atau penilaian (isi, bentuk)
  4. kecepatan membaca yang fleksibel dan gampang diubahsuaikan dengan keadaan .

Di dalam membaca pemahaman, si pembaca tidak hanya dituntut hanya sekadar mengerti dan memahami isi bacaan, tetapi ia juga harus bisa menganalisis atau mengevaluasi dan mengaitkannya dengan pengalaman-pengalaman dan pengetahuan awal yang telah dimilikinya.

4. Prinsip-prinsip Membaca Pemahaman

Menurut McLaughlin dan Allen dalam Farida Rahim, memaparkan mengenai prinsip-prinsip membaca sebagai berikut (McLaughlin dan Allen dalam Farida Rahim, 2008:3-4):
  1. Pemahaman merupakan proses konstruktivis sosial.
  2. Guru membaca yang profesional (unggul) mempengaruhi mencar ilmu siswa.
  3. Strategi dan keterampilan membaca bisa diajarkan.
  4. Membaca hendaknya terjadi dalam konteks yang bermakna.
  5. Pembaca yang baik memegang peranan yang strategis dan berperan aktif dalam proses membaca.
  6. Perkembangan kosakata dan pembelajaran mempengaruhi pemahaman membaca.
  7. Keseimbangan kemahiraksaraan yaitu kerangka kerja kurikulum yang membantu perkembangan pemahaman.
  8. Siswa menemukan manfaat membaca yang berasal dari banyak sekali teks pada banyak sekali tingkatan kelas.
  9. Asesmen yang dinamis menginformasikan pembelajaran membaca pemahaman.
  10. Pengikutsertaan yaitu suatu faktor kunci pada proses pemahaman.

5. Langkah-langkah Membaca Pemahaman

Di dalam memahami materi bacaan, ada 4 langkah yang perlu dilakukan oleh pembaca. Adapun 4 langkah yang perlu dilakukan dalam membaca, yaitu (Suyatmi, 2000:45):
  1. Menentukan tujuan membaca
  2. Membaca secara menyeluruh isi bacaan dengan cermat sehingga kita sanggup menemukan pandangan gres pokok yang terkandung dalam setiap paragrafnya
  3. Preview artinya membaca selayang pandang
  4. Mengemukakan kembali isi bacaan dengan menggunakan kalimat dan kata-kata sendiri.

Adanya kemampuan membaca pemahaman yang tinggi diharapkan sanggup menangkap ide-ide pokok yang terdapat dalam materi bacaan, menemukan korelasi suatu pandangan gres pokok dengan pandangan gres pokok yang lain serta secara keseluruhannya, selanjutnya sanggup menghubungkan apa yang dipahami dari materi bacaan tersebut dengan ide-ide diluar materi bacaan. Membaca yaitu perbuatan yang dilakukan menurut kolaborasi beberapa kegiatan seperti, mengamati, memahami ide, dan kegiatan jiwa seseorang yang tertuang dalam materi bacaan.

6. Tingkatan Membaca Pemahaman

Aspek-aspek keterampilan untuk memahami isi bacaan itu ada bermacam-macam. Empat tingkatan atau kategori pemahaman membaca, yaitu kritis, inferensial, literal dan kreatif (Burns dan Roe; Rubin; dan Syafi’ie dalam Hairuddin, dkk, 2008). Pembahasan mengenai tingkat pemahaman tersebut diuraikan sebagai berikut:
  1. Pemahaman kritis yaitu kemampuan mengevaluasi materi teks. Pemahaman kritis intinya sama dengan pemahaman evaluatif. Dalam pemahaman ini, pembaca membandingkan warta yang ditemukan dalam teks dengan norma-norma tertentu, pengetahuan, dan latar belakang pengalaman pembaca untuk menilai teks.
  2. Pemahaman inferansial merupakan kemampuan memahami warta yang dinyatakan secara tidak pribadi (tersirat) dalam teks. Memahami teks secara inferensial berarti memahami apa yang diimplikasikan oleh informasi-informasi yang dinyatakan secara eksplisit dalam teks. Dalam hal ini, pembaca menggunakan warta yang dinyatakan secara eksplisit dalam teks, latar belakang pengetahuan, dan pengalaman pribadi secara terpadu untuk menciptakan hipotesis atau dugaan.
  3. Pemahaman literal merupakan kemampuan memahami warta yang dinyatakan secara eksplisit dalam teks. Pemahaman literal yaitu pemahaman tingkat paling rendah. Walaupun tergolong tingkat rendah, pemahaman literal tetap penting, lantaran dibutuhkan dalam proses pemahaman bacaan secara keseluruhan. Pemahaman literal yaitu prasyarat bagi pemahaman yang lebih tinggi (Burns dan Roe dalam Hairuddin, dkk, 2008).
  4. Pemahaman kreatif yaitu kemampuan untuk mengungkapkan respon estetis dan emosional terhadap teks yang sesuai dengan standar pribadi dan standar profesional. Pemahaman kreatif melibatkan seluruh dimensi kognitif membaca lantaran berkaitan dengan dampak psikologi dan estetis teks terhadap pembaca. Dalam pemahaman kreatif, pembaca dituntut menggunakan daya imajinasinya untuk memperoleh citra gres yang melebihi apa yang disajikan penulis (Hafni dalam Hairuddin, dkk, 2008).


Sekian Artikel mengenai Membaca Pemahaman dan Unsur - Unsurnya, Lengkap Penjelasan, supaya artikel ini sanggup bermanfaat bagi teman baik untuk menambah ilmu, mengerjakan tugas, maupun untuk sekedar menambah wawasan wacana Pengertian Membaca Pemahaman, Tujuan Membaca Pemahaman, Aspek-aspek Membaca Pemahaman, Langkah-langkah Membaca Pemahaman dan Tingkatan Membaca Pemahaman. Akhir kata, Terimakasih atas kunjungannya.

Membaca Pemahaman dan Unsur - Unsurnya, Lengkap Penjelasan
MARKIJAR : MARi KIta belaJAR


Sumber http://www.markijar.com/