Random post

Sunday, January 20, 2019

√ 31 Pola Partikel Lah Dan Pun Dalam Kalimat Bahasa Indonesia

Partikel yakni suatu kata yang tidak sanggup diubah atau dibubuhkan dengan imbuhan dan memiliki makna gramatikal di dalamnya. Partikel sendiri terdiri atas beberapa jenis, di mana dua diantaranya adalah lah dan pun. Pada artikel kali ini, kita akan mengetahui ibarat apa contoh-contoh dari kedua partikel tersebut, utamanya dalam format kalimat. Adapun contoh-contoh tersebut yakni sebagai berikut ini!


A. Contoh Partikel Lah dalam Kalimat



  1. Akulah orang yang mesti bertanggung jawab soal insiden tersebut.

  2. Dialah orang yang saya cari-cair selama ini.

  3. Engkaulah orang yang kami parcayai kiprah yang berat ini.

  4. Merekalah orang-orang yang telah menciptakan keributan di desa kami.

  5. Kalianlah yang mesti bertanggung jawab atas kerusuhan tersebut.

  6. Kamulah yang saya dambakan selama ini.

  7. Karena cintalah yang telah menciptakan saya bertahan sekuat ini.

  8. Buanglah sampah pada daerah sampah yang sudah kami sediakan!

  9. Simpanlah sandal dan sepati di rak-rak yang sudha kami sediakan!

  10. Habiskanlah semua masakan itu!

  11. Pergilah kau dari sini, sebelum saya mengamuk dan merusak ruangan ini!

  12. Aku mohon mengertilah keadaanku ketika ini!

  13. Marilah kita menjaga kebersihan lingkungan, mulai dari lingkungan sekitar kita!

  14. Bayarlah utangmu dengan segera, sebab saya sedang butuh uang ketika ini!

  15. Kenanglah semua insiden baik hari ini di benakmu!


B. Contoh Partikel Pun dalam Kalimat Bahasa Indonesia



  1. Matahari pun telah terbit dari peraduannya.

  2. Aku pun sebetulnya tidak setuju dengan pendapatnya itu.

  3. Kami pun sepakat untuk melaksanakan kerja sama.

  4. Meskipun kondisi ekonominya jauh dari layak, ia tetap tegar dan terus menjalani hidup dengan sebaik-baiknya.

  5. Jagung bisa diolah dengan aneka macam cara, entah dengan direbus ataupun dibakar.

  6. Mereka pun akhirnya memutuskan untuk berlibur ke pulau Bali.

  7. Kendatipun pernah mengalami kesulitan di awal, namun karenanya saya bisa menuntaskan kiprah tersebut.

  8. Walaupun hanya berisikan pemain semenjana, tetapi tim sepakbola itu berhasil tampil baik dan berprestasi di animo ini.

  9. Aku akan tetap mewujudkan impianku sekalipun harus menghadapi rintangan yang cukup merepotkan.

  10. Biar bagaimana pun, dia tetaplah anggota keluarga kami.

  11. Adapun pakaian-pakaian yang dijajakan toko busana itu yakni pakaian-pakaian muslim, ibarat kerudung dan gamis.

  12. Dia sangat menyukai warna merah muda, begitupun juga dengan diriku.

  13. Sungguhpun kondisinya memang ibarat itu, saya akan tetap mendapatkan dirinya apa adanya.

  14. Biarpun aku sering tidak diacuhkan olehnya, saya akan tetap selalu mencintai dirinya.

  15. Kau boleh berkunjung ke rumahku kapan pun engkau mau.

  16. Di mana pun kau berada ketika ini, saya hanya bisa berdoa moga-moga kamu selamat dan sehat selalu.


Demikianlah beberapa pola partikel lah dan pun dalam kalimat bahasa Indonesia. Untuk menambah rujukan soal partikel, pembaca bisa membuka artikel contoh kalimat lah kah tah pun, contoh kalimat partikel dalam bahasa Indonesia, penulisan partikel “per” yang benar dalam bahasa Indonesia, penulisan partikel “pun” dalam bahasa Indonesia, cara penulisan partikel sesuai EYD, contoh penulisan partikel “pun” yang diserangkaikan, serta artikel contoh penulisan partikel “pun” yang ditulis tidak diserangkaikan. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan bagi para pembaca sekalian, baik itu mengenai partikel maupun bahasa Indonesia. Sekian dan juga terima kasih.



Sumber https://dosenbahasa.com