Random post

Wednesday, January 9, 2019

√ Kimia Unsur Golongan 2 – Logam Alkali Tanah

Ini yaitu seri kedua dari materi pembelajaran kimia dengan memakai infographic. Ketika menciptakan materi ini saya jadi ingat sewaktu Sekolah Menengan Atas dulu di suruh menciptakan peta konsep untuk pelajaran biologi. Pada dasarnya mungkin sama saja, namun infographic ini sifatnya tidak personal tetapi untuk dinikmati orang banyak.


Kimia Unsur Golongan 2 – Logam Alkali Tanah


Golongan 2 dari sistem periodik unsur merupakan Logam Alkali Tanah yang terletak di sebelah Logam Alkali. Gologan Logam Alkali Tanah ini terdiri atas unsur:




Logam alkali tanah memiliki elektron valensi 2 yang menyebabkan logam ini bersifat reaktif dan cenderung menstabilkan diri dengan reaksi yang membentuk ikatan ionik.


Sifat Logam Alkali Tanah


Kimia Unsur Golongan 2 ini  mempunyai sifat unsur yang lunak, cukup reaktif dan terkadang berada di alam dalam bentuk unsur bebasnya. Titik didihnya cenderung tinggi dan mempunyai nyala api yang spesifik.


Reaksi-reaksi Logam Alkali Tanah


Logam Alkali Tanah cenderung mempunyai beberapa jenis reaksi, diantaranya:



  1. Bereaksi dengan Hidrogen membentuk Hidrida Logam.

    Ca(s)+H2(g)→CaH2(s)


  2. Bereaksi dengan Oksigen membentuk Oksida Logam. Oksida logam ini mempunyai Oksigen yang berada pada kondisi biloks -2. Unsur Berilium tidak bereaksi sedangkan yang lainnya mengikuti reaksi kimia:
    Sr(s)+O2(g)→SrO2(s)ida


  3. Bereaksi dengan Halogen membentuk Halida Logam.

    Mg(s)+Cl2(g)→MgCl2(s)

    ersamaan:




  4. Beraksi dengan Air Membentuk Hidroksida dan gas H2. Unsur Berilium tidak bereaksi sedangkan unsur lainnya bereaksi dengan mengikuti persamaan:
    Ba(s)+2H2O(l)→Ba(OH)2(aq)+H2(g)



Penggunaan Aplikasi Logam Alkali Tanah


Pada gambar infographic di atas telah dijelaskan mengenai fungsi dan penggunaan unsur golongan 2 ini dalam kehidupan. Beberapa pola yang ada ialah sebagai materi pembuatan ban, kembang api, fotografi, dan bahkan pemanfaatannya untuk terapi kesehatan dan perawatan badan lainnya.


Bagi para pembelajar ataupun pelajar yang menginginkan versi print out dari infographic Kimia Unsur Golongan 2 – Logam Alkali tanah dapat mend0wnl0adnya di link dibawah ini.


Silahkan Download di sini


Terimakasih, mohon komentarnya di blog ini semoga saya lebih bersemangat menuliskannya.


Artikel Kimia ini termasuk dalam proyek Cara Belajar Kimia Online

Untuk mebaca materi kimia lainnya silahkan Klik Di Sini



Sumber https://mystupidtheory.com