Random post

Tuesday, January 15, 2019

√ Pembagian Terstruktur Mengenai Materi Kimia Serta Sifat-Sifat Dan Perubahannya

Materi dalam pengertian ilmu kimia merupakan segala sesuatu yang mempunyai masa dan mempunyai volume, atau dalam kata lain, materi yaitu segala sesuatu yang menempati ruang. Ada banyak sekali macam klasifikasi materi kimia menurut sifat dan perubahannya:

Materi mempunyai tiga wujud di alam, yaitu cair, padat dan gas.


Setiap materi mempunyai karakteristik yang sanggup dipakai dalam mendeskripsikan materi tersebut, karakteristik ini lebih dikenal sebagai sifat materi.


 merupakan segala sesuatu yang mempunyai masa dan mempunyai volume √ Klasifikasi Materi Kimia serta Sifat-Sifat dan Perubahannya
sifat-sifat materi

Sifat fisik suatu materi merupakan abjad yang sanggup diketahui secara pribadi tanpa melalui pengubahan suatu zat menjadi zat baru.


Sifat fisik ini dibagi menjadi dua yaitu sifat kualitatif dan sifat kuantitatif.


Sifat kualitatif ialah sifat yang sanggup di deskripsikan dengan kata-kata. Sifat kuantitatif ialah sifat yang hanya sanggup di deskripsikan dengan angka dan pengukuran.


Sedangkan sifat kimia ialah abjad yang hanya sanggup diketahui sesudah mengkonversinya menjadi bentuk zat gres (mereaksikannya).


Klasifikasi Materi dan Perubahannya


Dalam ilmu kimia, pengetahuan mengenai klasifikasi materi dan perubahan materi sangat diharapkan untuk memilih bagaimana denah peruban dan reaksi yang terjadi pada suatu materi/zat.


Materi akan terus berubah sesuai dengan energi yang diperoleh atau dilepaskannya.


 merupakan segala sesuatu yang mempunyai masa dan mempunyai volume √ Klasifikasi Materi Kimia serta Sifat-Sifat dan Perubahannya
perubahan materi

Perubahan Fisik dan Kimia pada Materi


Perubahan menyerupai pada denah diatas hanya akan mengubah kenampakan dari materi. Materi tersebut masih mempertahankan identitasnya, komposisinya tetap. Perubahan semacam ini disebut sebagai perubahan fisik. Contohnya: es meleleh, besi meleleh, air menguap, dll)


Sedangkan jenis perubahan lainnya ialah perubahan yang melibatkan pergantian komposisi materi. Perubahan semacam ini disebut perubahan kimia. Contohnya : Kayu terbakar, besi berkarat, susu menjadi keju.


Kecenderungan yang terjadi ialah; pada perubahan fisik menghasilkan perubahan sifat fisik saja, tetapi perubahan kimia mengakibatkan perubahan kimia dan fisik.


Baca Juga: Pengertian Larutan dan Konsep Kelarutan


Klasifikasi Materi Kimia


Setiap materi sanggup diklasifikasikan ke dalam dua kelompok, yaitu adonan zat dan zat murni.


Zat adonan merupakan kombinasi fisik dari dua materi atau lebih. Contohnya tanah merupakan adonan dari pasir, lumpur dan humus dedaunan.


Zat adonan yang tercampur secara merata dan sukar dipisahkan disebut sebagai adonan homogen, sedangkan yang sanggup dengan gampang dipisahkan, disebut heterogen.


Zat murni merupakan zat yang memilki komposisi tunggal, tidak bercampur dengan zat lain. Contohnya sebatang besi merupakan satu materi murni.


Zat murni yang berasal dari satu unsur kimia disebut elemen/unsur kimia, sedangkan zat murni yang merupakan gabungan hasil reaksi dua unsur disebut senyawa kimia.


Contoh unsur kimia : Tembaga(Cu), emas(Au), Hidrogen(H2), gas Helium(He), gas Nitrogen(N2).

Contoh senyawa kimia : Air(H2O), Metana(CH4), Propana(C3H8) dll.



Ref :

–Keenan W. Charles, Kleinfelter C Donald, Wood H. Jesse, 1984, Ilmu Kimia Untuk Universitas, Penerbit Erlangga, Jakarta, alih bahasa oleh Aloysius Hadyana Pudjaatmaka


–Ryerson, High School Chemistry Chemistry11, Mc Graw-Hill Companies Inc.



Artikel Kimia ini termasuk dalam proyek Cara Belajar Kimia Online

Untuk mebaca materi kimia lainnya silahkan Klik Di Sini  


Sumber https://mystupidtheory.com