Random post

Wednesday, January 9, 2019

√ Rumus Integral Tak Tentu Beserta Contohnya

Rumus Integral Tak Tentu – Salah satu bahan matematika yang harus dipelajari ketika berada di dingklik sekolah ialah integral. Materi yang satu ini merupakan salah satu bahan wajib yang biasa dibagikan di sekolah menengah atas. Hitung integral merupakan sebuah kebalikan dari turunan atau diferensial. Bagi siapapun yang sudah berguru wacana turunan atau diferensial, maka seharusnya tidak mengalami kesusahan wacana Rumus integral dan aneka macam teladan soalnya.


Pemahaman wacana turunan dan integral merupakan pemahaman invers menyerupai contohnya kali dan bagi, kurang dan tambah, atau mudahnya menyerupai siang dan malam. Integral merupakan kebalikan dari turunan yang biasanya dipelajari terlebih dahulu terutama ketika berada di kelas XI. Pemberian bahan diferensial pada ketika kelas XI memang biasanya untuk menyiapkan aneka macam macam bahan yang susah dikemudian hari dan salah satunya ialah integral. Namun tenang. jikalau Anda sanggup memahami dengan baik dan hafal rumusnya maka integral bukanlah menjadi masalah.


Seperti yang dijelaskan di awal, integral merupakan kebalikan dari diferensial. Dari konsep tersebut juga sanggup dikatakan bahwa pengintegralan atau operasi integral juga merupakan kebalikan dari pendiferensialan atau operasi diferensial. Jadi, sebelum menghafalkan Rumus integral maka sebaiknya pahami terlebih dahulu menyerupai apa konsep dari diferensial. Buka kembali bahan diferensial sebagai dasar untuk memahami integral.


Biasanya memang akan muncul pertanyaan apakah mempelajari integral sanggup tanpa memahami diferensial? Secara garis besar tentu saja bisa. Namun, untuk lebih mempermudah maka tentu saja harus berguru diferensial terlebih dahulu. Yang perlu dipelajari dari diferensial ialah pengoperasiannya  dan dari sana sanggup diketahui langkah dasar atau konsep awal wacana integral. Setelah itu, sanggup dipahami beberapa hal berikut ini:




  • Integral tak tentu




Hasil operasi integral tidaklah niscaya untuk suatu fungsi saja. Contohnya saja y = x2 + 2x – 2 merupakan hasil integral dari = 2x + 2. Namun, hasil integral ini sanggup juga merupakan hasil dari fungsi lainnya yang dibedakan hanya dari bilang C saja atau bilang realnya. Bilangan real merupakan bilangan konstanta yang berada di simpulan persamaan.




  • Mengenal notasi integral




Sebelum berbicara soal Rumus integral maka Anda wajib untuk mengenal notasinya. Notasi ini merupakan simbol atau karakter dan angka yang dipakai sebagai tanda pengoperasial intergral. Notasi ini sanggup berupa kombinasi karakter dan simbol. Untuk lebih lengkapnya, notasi-notasi yang ada di dalam hitung integral ialah sebagai berikut:


ʃ f (x) dx = notasi integral tak tentu


F(x) + c = fungsi antiturunan


f(x) = fungsi yang diintegralkan (integran)


c = konstanta


dx = diferensial (turunan) dari x




  • Rumus integral tak tentu




Untuk bahan sekolah menengah umumnya membahas wacana integral fungsi aljabar. Materi ini akan menjadi lebih gampang jikalau memahami kembali wacana diferensial yang biasanya telah diberikan sebelum bahan integral. Jika sudah memahaminya, barulah Anda sanggup menghafal dan paham wacana Rumus integral tak tentu. Rumus-rumusnya ialah sebagai berikut:



  1. ʃ a dx = ax + c

  2. ʃa f (x) dx = a ʃf (x) dx

  3. ʃ xn dx =   + c ; n ≠ –1

  4. ʃ axn dx =   + c ; n ≠ –1

  5. ʃ[ f (x) + g(x)] dx = ʃf (x) dx + ʃ g(x) dx

  6. ʃ[ f (x) ʃ g(x)] dx = ʃ f (x) dx – ʃ g(x) dx


Itulah sedikit klarifikasi wacana rumus integral tak tentu, yang harus anda pahami lalu sehabis membaca ini yaitu anda harus memahami sifat sifat integral tak tentu dan juga integral tak tentu kepingan dan fungsi aljabar sehabis itu anda juga sanggup membaca buku integral tak tentu di perpusatakaan untuk menambah wawasan wacana integral. Semoga Bermanfaat …




Sumber https://rumusrumus.com