Download Contoh Soal dan Kunci Jawaban Siap UTS/PTS Semester 2/II Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI Kurikulum 2013
Contoh Soal dan Kunci Jawaban Siap UTS/PTS Semester 2/II PAI dan Budi Pekerti SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI Kurikulum 2013 ini dihadirkan dengan keinginan bahwa ia sanggup menjadi sarana bagi penerima didik yang duduk di dingklik kelas 11 SMA/MA-SMK/MAK dalam mempersiapkan ujian/penilaian tengah semester 2/II (UTS/PTS 2) mapel Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti.
Soal-Jawab UTS/PTS 2 PAI dan Budi Pekerti SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI K13 ini menimbulkan Kurikulum 2013 sebagai pendekatan kurikulum. Acuan yang digunakan dalam menciptakan soal beserta kunci balasan ialah Buku Siswa Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017.
Contoh soal tentu saja dilengkapi dengan balasan dengan keinginan format ibarat ini bisa mengasah kembali pemahaman siswa terhadap materi PAI dan Budi Pekerti serta sanggup dijadikan sebagai rujukan aksesori dalam rangka menyambut UTS/PTS Semester 2/II SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI.
Berikut ialah tautan Download Contoh Soal dan Kunci Jawaban Siap UTS/PTS Semester 2/II PAI dan Budi Pekerti SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI Kurikulum 2013:
BACA JUGA
- Soal-Jawab UTS/PTS 2 Bahasa Indonesia SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI K13
- Soal-Jawab UTS/PTS 2 PPKn SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI K13
- Soal-Jawab UTS/PTS 2 Bahasa Inggris SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI K13
- Soal-Jawab UTS/PTS 2 Sejarah Indonesia SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI K13
- Download Contoh Soal dan Kunci Jawaban Siap UTS/PTS Semester 2/II Seni Budaya SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI Kurikulum 2013
- Soal-Jawab UTS/PTS 2 PKWU SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI K13
Berikut ialah kutipan dari Contoh Soal-Jawab UTS/PTS 2 PAI dan Budi Pekerti SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI K13 tersebut
6. Akhir-akhir ini semangat berkompetisi sangat menurun di kalangan pelajar. Ini dibuktikan ketika diumumkan wacana peringkat kelas, justru sang juara menjadi cemoohan teman-temannya yang lain. Mereka menanggapinya dengan sinis bahwa si juara ini pelit orangnya, tidak mau bagi-bagi pada dikala ujian. Yang harus dilakukan oleh orang yang memahami isi Q.S. al-Maidah/5:48 ialah .…
a. berguru dengan sungguh-sungguh semoga ia menjadi juara kelas
b. bekerja keras semoga apa yang diinginkan sanggup tercapai
c. berkompetisi secara sehat, tidak curang dan tidak menyontek
d. berkolaborasi semoga sama-sama mendapat nilai memuaskan
7. Ketika menemukan masalah, kemudian terjadi perselisihan sebab masing- masing menganggap paling benar pendapatnya, yang harus kau lakukan ialah sebagai berikut, kecuali ….
a. menghormati perbedaan pendapat orang lain
b. berusaha mencari titik temu dari perbedaan tersebut
c. mengembalikan permasalahan kepada al-Qur’an dan hadis
d. melaksanakan terobosan gres dengan berijtihad
8. Apabila ada pemimpin yang mengajak kepada kemaksiatan, sikap kita sebagaimana dijelaskan pada Q.S. an-Nisa/4:59 ialah ….
a. mengikuti meskipun salah
b. memeranginya dengan cara yang keras
c. melaksanakan demo untuk menentangnya
d. menolaknya dengan cara yang halus
9. 1. Mempersaudarakan rakyatnya ibarat saudara kandung
2. Senantiasa bersikap adil dan bijaksana serta berpola hidup sederhana
3. Bekerja keras dengan cara yang baik dan halal
4. Menyelesaikan kiprah hingga tuntas
5. Kelompok-kelompok yang berbeda tidak perlu diperangi, tetapi didekati
Ungkapan di atas yang termasuk kategori etos kerja ialah ....
a. 1 dan 2
b. 2 dan 3
c. 3 dan 4
d. 4 dan 5
10. Iman kepada rasul mempunyai arti ....
a. yakin bahwa Allah Swt. benar-benar mengutus rasul
b. mengingkari rasul dan nabi yang tidak diketahui namanya
c. membenarkan gosip yang tidak terang dari rasul
d. mengamalkan semua syariat rasul
e. meyakini tidak semua rasul itu maksum
11. Buah akidah kepada rasul ialah ....
a. menimbulkan rasul sebagai sahabat dalam hidupnya
b. dekat dengan rasul mendapat kenikmatan tersendiri
c. mengetahui seluk beluk cerita kehidupan rasul
d. menimbulkan rasul sebagai teladan dalam hidupnya
12. Yang bukan kiprah rasul di bawah ini ialah ....
a. mengajarkan insan semoga bertauhid yang benar
b. memperbaiki tatanan hidup insan semoga bersosialisasi dengan baik
c. meluruskan insan semoga beribadah dengan benar
d. menipu insan dengan menyampaikan dirinya Tuhan
13. Iman kepada rasul harus diiringi dengan perbuatan ...
a. menyanggah isi wahyunya
b. memboikot isi ajarannya
c. memprovokasi kejelekannya
d. mengikuti perintahnya
14. Di bawah ini ialah ayatayat yang memerintahkan untuk berbakti kepada kedua orang tua, kecuali ....
a. QS. al-An’am/6: 151
b. Q.S. al-Isra’/17: 17
c. Q.S. al-Isra’/17: 23
d. Q.S. al-Isra’/17: 24
15. Orang renta yang harus dihormati terlebih dahulu ialah ....
a. nenek
b. kakek
c. ibu
d. bapak
16. “Rida Allah Swt. ada pada rida orang tua, dan murkanya Allah Swt. ada pada marah orang tua” maksud hadis tersebut ialah ....
a. kalau ingin mendapat rida orang tua, harus taat kepada Allah Swt.
b. kalau ingin mendapat marah Allah Swt., sayangi orang tua
c. kalau ingin mendapat rida Allah Swt., hormati orang renta
d. kalau ingin dicintai Allah Swt., jauhilah orang tua
17. Sering seorang siswa membedabedakan fungsi antara orang renta dan guru, padahal fungsi keduanya hampir sama. Di bawah ini ialah fungsi orang renta dan guru yang sama, kecuali...
a. mendidik dan mengajari
b. membina dan merawat
c. merawat sehingga ia mandiri
Sebagai materi bacaan, kami kutipkan pula Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mapel PAI dan Budi Pekerti SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI Kurikulum 2013. Hal ini kami harapkan sanggup menjadi bukti penguat bahwa soal yang kami sajikan sudah sesuai dengan panduan kurikulum 2013 terbaru
Kompetensi Inti | Kompetensi Dasar |
---|---|
1. Menghayati dan mengamalkan fatwa agama yang dianutnya | 1.1 Terbiasa membaca al-Quran dengan meyakini bahwa taat pada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja sebagai perintah agama.1.2 Meyakini bahwa agama mengajarkan toleransi, kerukunan, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan.1.3 Meyakini adanya kitab-kitab suci AllahSwt.1.4 Meyakini adanya rasul-rasul Allah Swt.1.5 Meyakini bahwa Islam mengharus-kanumatnya untuk mempunyai sifat syaja’ah(berani membela kebenaran) dalammewujudkan kejujuran1.6 Meyakini bahwa hormat dan patuh kepadaorang renta dan guru sebagai kewajibanagama.1.7 Menerapkan penyelenggaraan jenazahsesuai dengan ketentuan syariat Islam.1.8 Menerapkan ketentuan khutbah, tabligdan dakwah di masyarakat sesuai dengansyariat Islam.1.9 Menerapkan prinsip ekonomi danmuamalah sesuai dengan ketentuan syariatIslam.1.10 Mengakui bahwa nilai-nilai islam dapatmendorong kemajuan kejayaan Islam yangdinantikan kembali.1.11 Mempertahankan keyakinan yangbenar sesuai fatwa islam dalam sejarahperadaban Islam pada masa modern. |
Kompetensi Inti | Kompetensi Dasar |
2. Mengembangkan sikap (jujur, disiplin, tanggung jawab,peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerja sama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menawarkan sikap sebagai cuilan dari solusi atas banyak sekali permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosialdan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. | 2.1 Bersikap taat aturan, tanggung jawab, kompetitif dalam kebaikan dan kerja keras sebagai implementa-si dari pemahaman QS. Al Maidah/5: 48; Q.S. An-Nisa/4: 59; danQ.S. At Taubah /9: 105 serta Hadis yang terkait.2.2 Bersikap toleran, rukun dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Yunus /10 : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah/5 : 32, serta hadis terkait.2.3 Peduli kepada orang lain dengan saling menasihati sebagai cerminan beriman kepada kitab-kitab Allah Swt.2.4 Menunjukkan sikap saling menolong sebagai cerminan beriman kepada rasul- rasul Allah Swt.2.5 Menunjukkan sikap syaja’ah (berani membela kebenaran) dalam mewujudkan kejujuran.2.6 Menunjukkan sikap hormat dan patuh kepada orang renta dan guru sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al- Isra’/17: 23 dan hadis terkait.2.7 Menunjukkan sikap tanggung jawab dan kerja sama dalam penyelenggaraan mayat di masyarakat.2.8 Menjaga kebersamaan dengan orang lain dengan saling menasihati melalui khutbah, tablig dan dakwah.2.9 Bekerjasama dalam menegakkan prinsip- prinsip dan praktik ekonomi sesuai syariat Islam.2.10 Bersikap rukun dan kompetitif dalam kebaikan sebagai implementasi dari nilai- nilai kejayaan Islam yang ditunggu kembali.2.11 Bersikap rukun dan kompetitif dalam kebaikan sebagai implementasi dari nilai- nilai sejarah peradaban Islam pada masa modern. |
Kompetensi Inti | Kompetensi Dasar |
3. Memahami, menerapkan,dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomenadan kejadian,serta menerapkanpengetahuan proseduralpada bidang kajian yangspesifik sesuai denganbakat dan minatnyauntuk memecahkanmasalah. | 3.1 Menganalisis makna Q.S. Al-Maidah/5 : 48;Q.S. An-Nisa/4: 59, dan Q.S. At-Taubah/9:105, serta hadis wacana taat pada aturan,kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja.3.2 Menganalisis makna Q.S. Yunus/10 :40-41 dan Q.S. Al-Maidah/5 : 32, sertahadis wacana toleransi, rukun, danmenghindarkan diri dari tindak kekerasan.3.3 Menganalisis makna akidah kepada kitab-kitab Allah Swt.3.4 Menganalisis makna akidah kepada rasul-rasul Allah Swt.3.5 Menganalisis makna syaja’ah (beranimembela kebenaran) dalam mewujudkankejujuran.3.6 Menganalisis sikap hormat dan patuhkepada orang renta dan guru.3.7 Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraanjenazah.3.8 Menganalisis pelaksanaan khutbah, tabligdan dakwah.3.9 Menelaah prinsip-prinsip dan praktikekonomi dalam Islam.3.10 Menelaah kejayaan Islam yang dinantikankembali.3.11 Menelaah perkembangan Islam pada masamodern (1800-sekarang). |
Kompetensi Inti | Kompetensi Dasar |
4 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah ajaib terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektifdan kreatif, serta bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan | 4.1.1 Membaca Q.S. Al-Maidah/5 : 48; Q.S.An-Nisa/4: 59, dan Q.S. At-Taubah/9:105 sesuai dengan kaidah tajwid danmakharijulhuruf.4.1.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Maidah/5 : 48; Q.S. An-Nisa/4: 59, dan Q.S.At-Taubah/9: 105 dengan fasih dan lancar.4.1.3 Menyajikan keterkaitan antara perintahberkompetisi dalam kebaikan dengankepatuhan terhadap ketentuan Allahsesuai dengan pesan Q.S. Al-Maidah/5 : 48;Q.S. An-Nisa/4: 59, dan Q.S. At-Taubah/9:105.4.2.1 Membaca Q.S. Yunus/10: 40-41 dan Q.S.Al-Maidah/5: 32 sesuai dengan kaidahtajwid dan makharijul huruf.4.2.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S.Yunus/10: 40-41 dan Q.S. Al-Maidah/5: 32dengan fasih dan lancar.4.2.3 Menyaji-kan keterkaitan antara kerukunandan toleransi sesuai pesan Q.S. Yunus/10:40-41 dengan menghindari tindakkekerasan sesuai pesan Q.S. al-Maidah/5:32.4.3 Menyaji-kan keterkait-an antara berimankepada kitab-kitab suci Allah Swt, denganperilaku sehari-hari.4.4 Menyajikan kaitan antara akidah kepadarasul-rasul Allah Swt dengan keteguhandalam bertau-hid, toleransi, ketaatan, dankecintaan kepada Allah Swt.4.5 Menyaji-kan kaitan antara syaja’ah(berani membela kebenaran) denganupayamewujudkan kejujuran dalamkehidupan sehari-hari.4.6 Menyaji-kan kaitan antara ketauhidandalam beribadah dengan hormat danpatuh kepada orang renta dan guru sesuaidengan Q.S. Al-Isra’/17: 23 dan hadisterkait.4.7 Menyajikan mekanisme penye-lenggaraanjenazah.4.8 Menyajikan ketentuan khutbah, tablig, dandakwah. |
Kompetensi Inti | Kompetensi Dasar |
4.9 Mempresentasikan prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam.4.10 Menyajikan kaitan antara perkem-bangan peradaban Islam pada masa kejayaan dengan prinsip-prinsip yang mempe- ngaruhinya.4.11.1 Menyajikan prinsip-prinsip perkem- bangan peradaban Islam pada masa modern (1800-sekarang)4.11.2 Menyajikan prinsip-prinsip pembaharuan yang sesuai dengan perkembangan peradab-an Islam pada masa modern. |
Demikian goresan pena wacana