Random post

Thursday, February 14, 2019

√ Perbedaan Kalimat Beragam Rapatan Dan Gabungan Dalam Bahasa Indonesia

Pembahasan mengenai perbedaan antar jenis-jenis kalimat majemuk sudah ditampilkan pada beberapa artikel yang lalu. Adapun artikel-artikel tersebut antara lain perbedaan kalimat beragam setara dan bertingkat, serta perbedaan kalimat beragam bertingkat dan rapatan. Artikel kali ini pun juga akan membahas perbedaan atar kalimat beragam di mana dua kalimat beragam yang dibahas perbedaannya ialah kalimat beragam rapatan dan kalimat beragam campuran. Adapun pembahasan mengenai perbedaan antara keduanya itu sendiri ialah sebagaimana berikut ini!


1. Unsur Pembentuknya


Letak perbedaan antara kalimat beragam rapatan dan campuranyang pertama ialah pada unsur pembentuknya. Dari segi uni, kalimat beragam rapatan ialah kalimat yang terbentuk dari dua kalimat yang digabungkan lantaran memiliki kesamaan unsur-unsur dalam kalimat bahasa Indonesia, menyerupai subjekm predikat, maupun objek.


Di lain pihak, kalimat beragam adonan merupakan kalimat beragam yang terdiri ats tiga buah kalimat, yang mana salah satunya menjadi induk kalimat dan dua lainnya menjadi anak kalimat. Walau begitu, unsur alimat beragam adonan bisa terdiri atas dua induk klimat dan satu anak kalimat.


Untuk lebih mengetahui menyerupai apa bentuk unsur pembentuk kedua kalimat beragam tersebut, berikut  ditampilkan beberapa rujukan kalimat beragam rapatan dan adonan yang ditampilkan di bawah ini!


Contoh Kalimat Majemuk Rapatan



  • Yudha menyukai kuliner kerak telor. (kalimat tunggal1)

    Yudha tidak menyukai petai. (kalimat tunggal 2)

    Yudha menyukai kuliner kerak telor dan tidak menyukai petai. (kalimat beragam rapatan)



    • Pada kalimat ini, terdapat kata Yudha yang merupakan subjek yang dimiliki dua kalimat tunggal yang dibuat menjadi kalimat beragam rapatan. Subjek tersebut menjadi unsur pembentuk dari adanya kalimat beragam rapatan di atas.




Contoh Kalimat Majemuk Campuran



  • Aku mengerjakan kiprah sekolah. (induk kalimat)

    Adik membaca komik. (anak kalimat)

    Ayah menonton siaran televisi. (anak kalimat)

    Aku mengerjakan kiprah sekolah, sedangkan adik membaca komik dan ayah menonton siaran televisi. (kalimat beragam campuran)



    • Kalimat beragam adonan di ats merupakan kalimat beragam adonan yang terdiri atas satu unsur induk kalimat dan dua anak kalimat.



  • Hujan turun dengan derasnya. (anak kalimat)

    Aku tengah membaca novel. (induk kalimat)

    Adikku tertidur pulas di kamarnya. (induk kalimat)

    Saat hujan turun dengan derasnya, saya tengah membaca novel dan adikku tertidur pulas di kamarnya. (kalimat beragam campuran)



    • Kalimat beragam di atas merupakan kalimat beragam adonan yang unsur pembentuknya terdiri atas dua induk kalimat dan satu anak kaimat.




2. Jenis-Jenisnya


Letak perbedaan yang ada diantara kalimat beragam rapatan dan adonan ialah terletak pada jenis-jenisnya. Dari segi ini, kalimat beragam rapatan lebih unggul dari kalimat maemuk adonan lantaran memiliki jumlah jenis yang lebih banyak. Adapun jenis-jenis kalimat beragam rapatan sendiri terdiri atas: kalimat beragam rapatan subjek, predikat, dan objek. Di lain pihak, kalimat beragam adonan hanya terdiri atas dua jenis, di mana jenis-jenis kalimat beragam campuran tersebut terdiri atas kalimat beragam satu induk dua anak kalimat, dan kalimat beragam dua induk satu anak kalimat.


Dari pemaparan di atas, bisa disimpilkan bahwa perbedaan kalimat beragam rapatan dan adonan terdiri atas dua hal, yaitu unsur pembentuknya, juga jenis-jenisnya. Perbedaan tersebut disebabakan lantaran kedua kalimat maajemuk itu memiliki ciri kahsnya masing-masing.


Demikianlah pembahasan artikel kali ini. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.



Sumber https://dosenbahasa.com