Rumus Penjumlahan dan Pengurangan Excel – Sebelum membahas secara lebih lengkap wacana Kedua Rumus Microsoft Excel Dasar ini, sudah sangat bijak sekali bila kalian sebagai pembaca untuk mengetahui secara lebih dalam wacana Program Microsoft Excel yang dibentuk oleh Bill Gates ini. Adapun untuk Pengertian Microsoft Excel yaitu sebuah Program Aplikasi Lembar Kerja (Spreadsheet) yang dibentuk pertama kali di tahun 1982 oleh Perusahaan Multinasional Amerika Serikat yang berjulukan Microsoft Corporation yang didirikan oleh Bill Gates.
Perlu kalian ketahui bahwa hingga kini ini pun Microsoft Excel merupakan Program Spreadsheet yang paling banyak dipakai oleh banyak pihak, khususnya di Indonesia. Apalagi Program Microsoft Excel yang sudah sanggup diakses atau dipakai di Perangkat Komputer Berbasis Operasi Sistem Windows dan Operasi Sistem Macintosh sehingga sangat memudahkan para pengguna untuk menggunakan Program Spreadsheet Microsoft Excel untuk menyelesaikan Permasalahan – Permasalahan di bidang Administrasi, Keuangan dan Bidang lainnya.
Sedangkan untuk Macam Rumus Microsoft Excel bergotong-royong ada banyak sekali, namun untuk Rumus Penjumlahan Excel dan Rumus Pengurangan Excel merupakan salah satu Rumus Dasar Excel yang sering dan banyak dicari oleh kalangan pengguna khususnya Masyarakat Indonesia lantaran didalam Masalah – Masalah mereka terkait Administrasi, Keuangan dan Perhitungan yang lain tentunya tidak lepas dari Penjumlahan dan Pengurangan. Oleh lantaran itu disini saya akan mencoba untuk menulis dan menjelaskan wacana Rumus Penjumlahan dan Pengurangan Microsoft Excel, semoga saja goresan pena ini bermanfaat dan gampang dipahami oleh para pembaca di Situs Blog Rumus Rumus ini.
Rumus Penjumlahan Excel dan Contoh Soal nya
Pembahasan yang pertama ada dibagian Rumus Penjumlahan Microsoft Excel yang memiliki Dua Macam Cara Penjumlahan didalam nya lantaran untuk Rumus Penjumlahan Excel yang pertama sanggup dilakukan dengan menggunakan Operator Plus (+) yang bila ditulis di Microsoft Excel menyerupai ini ” =A2+B2+C2 ” atau ” =A2+A3+A4 ”. Sedangkan Rumus Penjumlahan Excel Cara Kedua menggunakan Fungsi Formula SUM, yang bila dituliskan di dalam Microsoft Excel menyerupai ini ” =SUM(A2:C2) ” atau ” =SUM(A2:A4) ”.
Dibawah ini sudah saya buatkan misalnya dalam bentuk Gambar semoga kalian sanggup lebih gampang memahaminya, baik itu Cara Pertama dan Cara Kedua Penjumlahan didalam Microsoft Excel.
Gambar diatas merupakan Contoh Soal Rumus Penjumlahan Memakai Cara Pertama lantaran Penjumlahannya menggunakan Operator Plus (+) dikala menghitung Nilai Kolom A Baris 2 + Nilai Kolom B Baris 2 + Nilai Kolom C Baris 2 yang dituliskan rumusnya di Kolom D Baris 2 menyerupai ini. ” =A2+B2+C2 ” kemudian tekan ENTER, maka akan muncul Nilai 150 di Kolom D Baris 2 tersebut.
Namun Cara Pertama ini memiliki Kelemahan lantaran bila Data (Nilai) A1 yang dijumlahkan hingga A100 maka harus menuliskan hingga seratus, misalnya ” =A1+A2+A3+A4+A5 …. +A100 ” sehingga sangat kurang efesien dan efektif bila menjumlahkan Data (Nilai) yang banyak menggunakan Cara Pertama ini. Oleh lantaran itu bila akan menjumlahkan Nilai (Data) yang banyak didalam Microsoft Excel maka sangat disarankan untuk menggunakan Cara Kedua Rumus Penjumlahan Excel, menyerupai di gambar dibawah ini.
Gambar diatas merupakan Contoh Soal Rumus Penjumlahan Memakai Cara Kedua karena Penjumlahannya menggunakan Fungsi Formula SUM saat menghitung Nilai Kolom A Baris 2 + Nilai Kolom B Baris 2 yang dituliskan rumusnya di Kolom C Baris 2 menyerupai ini. ” =SUM(A2:B2) ” kemudian tekan ENTER, maka akan muncul Nilai 150 di Kolom C Baris 2 tersebut.
Lalu Kelebihan Rumus Penjumlahan Excel menggunakan Formula SUM akan sangat efektif dan Efesien bila dipakai untuk menjumlahan Nilai (Data) yang banyak, sebagai rujukan bila menjumlahkan Data (Nilai) A1 – A100 maka penulisan Rumusnya cukup =SUM(A1:A100), tekan enter maka sudah muncul Jumlah Penjumlahan Nilai A1 hingga A100.
Rumus Pengurangan Excel dan Contoh Soal nya
Kemudian didalam Rumus Pengurangan Microsoft Excel hanya memiliki Satu Cara yakni menggunakan Operasi Pengurangan (-) lantaran tidak ada cara yang menggunakan Fungsi Formula menyerupai SUM pada Penjumlahan Excel. Oleh lantaran itu Rumus Pengurangan Excel lebih gampang untuk dipahami, hanya saja lebih ribet dan kurang efektif bila kalian mengurangi Data (Nilai) dalam jumlah yang banyak menyerupai mengurangi Data (Nilai) A1 hingga A100 lantaran ditulis =A1-A2-A3-A4 …. -A100.
Gambar diatas merupakan Contoh Soal Rumus Pengurangan Memakai Operator Pengurangan (-) dan didalam Kolom E Baris 2 yang memiliki Nilai 30 merupakan hasil pengurangan dari Kolom A Baris 2 – Kolom B Baris 2 – Kolom D Baris 2 yang ditulis dengan Rumus Pengurangan di Kolom E Baris 2 menyerupai ini ” =A2-B2-C2 ”, maka dikala di ENTER akan keluar Nilai Jumlah Pengurangan 30 di Kolom E Baris 2.
Seperti itu lah klarifikasi wacana Rumus Penjumlahan dan Pengurangan Excel yang sanggup saya berikan kepada kalian para pembaca dan semoga saja ulasan Rumus Dasar Microsoft Excel tersebut sanggup mampu dipahami dengan gampang serta bermanfaat bagi para pembacanya lantaran sekali lagi kedua rumus tersebut sangatlah sering dicari dan sering dipakai oleh para pengguna Microsoft Excel.
Sumber https://rumusrumus.com