Random post

Tuesday, September 5, 2017

√ Pengertian Ekonomi : Tindakan, Motif Dan Prinsip Ekonomi

Pengertian Ekonomi – Untuk sanggup hidup dengan baik, tentu insan memerlukan banyak ilmu. Apalagi bila melihat kebutuhan insan yang beragam, perlu kemampuan yang baik untuk sanggup memenuhinya, dan salah satunya ialah ilmu ekonomi.


Jika dilihat dari asal katanya, maka “ekonomi” berasal dari “oikos” merupakan bahasa Yunani yang mempunyai arti “keluarga atau rumah tangga”, dan “nomos” yang bermakna “hukum, bisa juga peraturan”. Dengan menggabungkan arti dari kedua kata tersebut, maka bisa ditarik kesimpulan kalau ekonomi peraturan dari rumah tangga, atau aturan yang adapada sebuah keluarga.


Sejarah mencatat bahwa kata ekonomi pertama kali ditemukan pada sebuah karya yang ada di gereja tahun 1440. Dan kata di sini dimaksudkan untuk menggambarkan pengelolaan atau suatu sistem administrasi.


Dari sini sanggup ditarik kesimpulan yang lebih luas bahwa ekonomi ialah ilmu yang membahas perihal pengurusan banyak sekali sumber daya materiil, baik individu, dalam masyarakat, ataupun sebuah negara dalam mengupayakan peningkatan kesejahteraan kehidupan manusia.


 





Tindakan Ekonomi




 Apalagi bila melihat kebutuhan insan yang bermacam-macam √ PENGERTIAN EKONOMI : Tindakan, Motif dan Prinsip Ekonomi
pixabay.com

Segala macam upaya yang dilakukan insan untuk meningkatkan kesejahteraan sebagai salah satu upaya memenuhi kebutuhan hidup bisa masuk ke dalam tindakan ekonomi. Suatu tindakan bisa dikatakan masuk ke dalam tindakan ekonomi.


Apabila memenuhi persyaratan berikut, yakni mempertimbangkan dengan baik antara pengorbanan yang harus dilakukan dan hasil yang didapatkan serta sanggup menciptakan skala prioritas perihal kebutuhan mana yang mendesak untuk dipenuhi segera.


Dan tak lupa, diubahsuaikan dengan kemampuan insan itu sendiri. Oleh alasannya ialah itu, insan harus selalu memakai logika rasionalnya dalam menciptakan setiap keputusan dalam hidupnya, apalagi soal tindakan ekonomi.


 


Macam-Macam  Tindakan  Ekonomi



  1. Kegiatan Produksi


Kegiatan produksi ialah aktivitas yang dilakukan untuk menambah nilai kebermanfaatan suatu benda yang diperlukan sanggup memenuhi kebutuhan manusia.  Produsen ialah istilah yang mengacu kepada pihak yang melaksanakan aktivitas produksi.


Tindakan produsen yang baik :



  • Menentukan produk yang akan diolah.

  • Melakukan pengenalan produk

  • Mengendalikan biaya produksi

  • Kegiatan Distribusi


Distribusi ialah suatu aktivitas yang dilakukan untuk menyalurkan produk dari tangan produsen hingga hingga ke konsumen. Mereka yang melaksanakan aktivitas ini disebut sebagai distributor.


Tindakan biro ialah memastikan kelancaran proses penyaluran produk, target yang dituju, dan kualitas produk yang dibawa.



  1. Kegiatan Konsumsi


Kegiatan konsumsi ialah aktivitas memakai produk, mengambil manfaat yang ada sekali waktu atau secara berangsur-angsur. Produknya pun sanggup berupa barang ataupun jasa. Orang yang melaksanakan aktivitas konsumsi disebut sebagai konsumen, dan setiap insan sesungguhnya ialah seorang konsumen sejati.


Tindakan konsumen yang perlu diperhatikan ialah :



  • Membeli produk yang memang masuk ke dalam daftar kebutuhan

  • Membuat skala prioritas yang rasional sesuai kemampuan

  • Efisien dalam mengelola pendapatan




Motif Ekonomi




 Apalagi bila melihat kebutuhan insan yang bermacam-macam √ PENGERTIAN EKONOMI : Tindakan, Motif dan Prinsip Ekonomi
pixabay.com

Motif ekonomi ialah segala dorongan, baik dari dalam maupun luar yang menciptakan insan melaksanakan suatu tindakan ekonomi.


Berdasarkan asalnya, motif ekonomi insan dibedakan menjadi 2 macam, yakni :


1. Motif Intrinsik


Keinginan insan untuk melaksanakan sesuatu alasannya ialah dorongan dalam dirinya sendiri Contoh : makan alasannya ialah perut keroncongan


2. Motif Ekstrinisik


Keinginan untuk melaksanakan tindakan ekonomi yang berasal dari dampak luar. Contoh : Ingin membeli kendaraan beroda empat gres alasannya ialah tetangga ganti mobil.


 


Motif Ekonomi Berdasarkan Pertimbangan Ekonomi




1. Motif bertahan hidup


Untuk sanggup mempertahankan kelangsungan hidupnya, maka insan akan melaksanakan segala sesuatu untuk memenuhi kebutuhan. Dorongan ini sangat manusiawi dan setiap orang niscaya memilikinya. Contoh : Mendapatkan uang untuk bisa makan.


2. Motif mendapat keuntungan


Tindakan yang dilakukan seseorang dilatarbelakangi oleh dorongan untuk sanggup mendapat laba dari aktivitas tersebut. Biasanya yang mempunyai motif ini ialah produsen atau para pedagang. Seseorang akan memikirkan cara melaksanakan penawaran yang menarik guna menciptakan orang membeli produk yang mereka jual. Dari lakunya produk inilah kemudian sang pedagang sanggup memperoleh laba yang diharapkan.


3. Motif untuk mendapat penghargaan


Dorongan ini menciptakan seseorang melaksanakan sesuatu alasannya ialah ingin mendapat penghargaan, baik alasannya ialah jasa yang dilakukan maupun keahlian kemampuan yang dimiliki.


 




Prinsip Ekonomi




 Apalagi bila melihat kebutuhan insan yang bermacam-macam √ PENGERTIAN EKONOMI : Tindakan, Motif dan Prinsip Ekonomi
pixabay.com

Untuk memenuhi semua kebutuhannya, insan butuh fatwa yang baik, dan salah satunya ialah prinsip ekonomi yang harus benar-benar dipahami. Prinsip ekonomi ialah dengan perjuangan yang seminimal mungkin, maka sanggup memperoleh laba yang maksimal. Dalam melaksanakan tindakan ekonomi, seseorang baiknya memikirkan prinsip ini, semoga semuanya berjalan efektif dan efisien.


Ciri- Ciri Prinsip Ekonomi :



  1. Membuat prioritas


Dalam hidup, tentu kita ditawarkan dengan banyak sekali kebutuhan yang mendesak untuk dipenuhi. Inilah perlunya menciptakan skala prioritas yang berdasarkan prinsip ekonomi. Manusia selalu sanggup menciptakan urutan kebutuhan mana yang harus segera dipenuhi dan mana yang masih bisa ditunda sebentar pemenuhannya.



  1. Rasional


Dalam melaksanakan tindakan selalu berdasarkan pada logika sehat, tidak semata alasannya ialah emosi atau menuruti hawa nafsu.



  1. Cost and Benefit


Dalam melaksanakan sesuatu, seseorang memperhatikan biaya yang harus dikeluarkan dan manfaat dari segala aktivitas tersebut.



  1. Ekonomis


Tindakan yang berdasarkan prinsip ekonomi tentu membutuhkan perhitungan yang cermat dan planning yang optimal.


Manfaat Mengaplikasikan Prinsip Ekonomi dalam Kehidupan



  1. Dengan segala pertimbangan yang dilakukan, maka pekerjaan sanggup lebih hemat dan cermat sehingga akan memperkecil kemungkinan kerugian yang sanggup dialami.

  2. Perencanaan matang mendorong tercapainya tujuan yang diinginkan dengan maksimal.

  3. Kehidupan berjalan lebih baik dengan pertimbangan perjuangan yang dilakukan dan hasil yang diharapkan.

  4. Bertindak dan berpikir secara ekonomis


 




Ekonomi Makro dan Mikro




Ekonomi Makro ialah salah satu cabang dari ilmu ekonomi yang mempelajari aktivitas ekonomi secara menyeluruh. Sedangkan ekonomi mikro ialah cabang ilmu ekonomi yang melihat hanya sebagian kecil dari aktivitas ekonomi yang ada.


Namun, ekonomi makro dan mikro ini ialah suatu hubungan yang mempunyai keterkaitan alasannya ialah perubahan kecil dalam suatu bab ekonomi tentu akan memperlihatkan dampak ke kondisi ekonomi dalam skala besar atau keseluruhannya, dan berlaku juga sebaliknya.


Jika dilihat dari manfaat yang akan didapatkan dengan mempelajari ekonomi makro dan mikro, maka Anda akan menemukan bahwa :



  1. Ekonomi Makro menciptakan Anda mengetahui segala sesuatu dengan skala besar, menciptakan pandangan menjadi lebih luas contohnya saja dengan mengetahui kondisi perekonomian negara, pertumbuhan ekonomi yang terjadi, serta banyak sekali neraca yang ada dalam negara Indonesia.

  2. Ekonomi Mikro menciptakan Anda sanggup lebih jeli dalam melihat sebuah kondisi, alasannya ialah ekonomi mikro memperlihatkan info yang lebih mendetail, contohnya saja kondisi tertentu dari suatu keadaan yang hal ini tentu akan memperlihatkan banyak pertimbangan dalam melaksanakan sebuah keputusan. Data dalam skala kecil ini tentu akan sangat sempurna untuk dijadikan pertimbangan dalam melaksanakan sebuah kombinasi tindakan ekonomi.


Demikianlah artikel yang membahas seputar ekonomi dan kaitannya dengan kehidupan insan untuk memenuhi kebutuhan dalam rangka mempertahankan kelangsungan hidupnya.



Sumber https://salamadian.com