Download Materi Bahan Pengayaan dan Remediasi PPG 2019 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
A. RASIONAL
Pengembangan pedoman Materi Bahan Pengayaan dan Remediasi PPG 2019 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia ini didasarkan pada hasil penilaian penyelenggaraan PPG PGDK 2018 dalam rangka sertifikasi guru melalui jalur PPG. Hasil penilaian mengatakan bah- wa tingkat kelulusan Uji Pengetahuan (UP) Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Maha- siswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) penerima PPG-PDGK relatif masih rendah, yaitu dibawah 35%.
Oleh alasannya yakni itu, perlu adanya suatu cara untuk membekali pengetahuan penerima PPG-PG- DK dan meningkatkan kelulusan sesuai dengan impian yang telah ditargetkan pemerintah pada kegiatan tersebut. Salah satu cara yang sanggup ditempuh yakni dengan memakai sumber belajar.
Menurut AECT (Association of Education Communication Technology) sumber berguru terdiri atas message, people, materials, device, technique, dan setting. Sumber berguru yang sanggup dikembangkan untuk membantu peningkatan pengetahuan dan kelulusan Uji Penge- tahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) penerima PPG PDGK 2018 berupa materials. Materials atau materi yang dimaksud berupa soal-soal dan pembahasannya. Soal-soal yang disusun mengacu pada kisi-kisi Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) tahun 2018 yang dikembang- kan oleh tim penyusun soal UP pusat.
B. TUJUAN PENULISAN
Penulisan Materi Bahan Pengayaan dan Remediasi PPG 2019 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia ini bertujuan untuk membantu penyiapan penerima PPG-PGDK dalam mempersiapkan diri menghadapi Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) PPG. Sumber berguru ini sanggup dipakai secara berdikari maupun termbimbing.
C. CARA PENGGUNAAN DAN PEMANFAATAN MATERI BAHAN PENGAYAAN DAN REMEDIASI PPG 2019 BAHASA INDONESIA
1. Membaca secara menyeluruh dan cermat maksud dan tujuan pembuatan yang termuat di BAB I.
2. Memperhatikan secara cermat indikator/ kisi-kisi yang terjelaskan di BAB II.
3. Membaca dan memahami setiap soal yang menjadi pola dari setiap indikator.
4. Mencoba untuk mengerjakan setiap soal yang ada, kemudian mencocokkan risikonya dengan kunci tanggapan yang tersedia.
5. Mempelajari pembahasan yang tertera dari setiap soal/ indikator.
6. Menuliskan hal yang dianggap penting dalam buku catatan dan mendiskusikannya de- ngan sejawat, baik isi, klarifikasi dan peluang pengembangannya.
7. Mencoba untuk mengerjakan soal latihan yang ada di BAB III tanpa melihat kunci jawaban.
8. Mencocokkan hasil latihan dengan kunci jawaban. Jika masih ada kesalahan, melihat pembahasan yang ada di BAB II.
9. Memperluas dan menambah pengetahuan Anda dengan mencari soal maupun sumber materi yang lain.
BAB II KISI-KISI (INDIKATOR ESSENSIAL), CONTOH SOAL, PEMBAHASAN MATERI BAHAN PENGAYAAN DAN REMEDIASI PPG 2019 BAHASA INDONESIA
Berikut ini yakni bermacam-macam soal dan pembahasannya. Soal yang disusun mengacu pada kisi-kisi Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) yang dipakai untuk mengukur hasil penilaian simpulan para penerima PPG, baik untuk kompetensi pe- dagogik maupun profesional.
Soal dan pembahasan kompetensi pedagogik disusun untuk menilai dan mengevaluasi kemam- puan penerima dalam (1) merencanakan pembelajaran yang mendidik, (2) merancang penilaian, menilai, dan mengevaluasi pembelajaran dan (3) mengadaptasi dan memakai teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
Soal dan pembahasan kompetensi profesional disusun untuk menilai dan mengevaluasi ke- mampuan penerima dalam (1) menguasai materi pelajaran secara luas dan mendalam, (2) me- nguasai dan menemukan konsep, pendekatan, teknik, dan metode ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni yang relevan, (3) mengelola informasi, (4) mengadaptasi dan memakai teknolo- gi informasi dan komunikasi, (5) menerapkan konsep teoretis materi pelajaran yang diampu, (6) merancang dan melaksanakan penelitian tindakan kelas dan (7) bekerja di bidang keahlian pokok.
A. Soal dan Pembahasan Kompetensi Pedagogik
Kompetensi | Capaian Pembelajaran | Indikator Esensial |
---|---|---|
Pedagogik | Merencanakan pembelajaran yang mendidik sesuai dengan karakterisƟk mata pelajaran Bahasa Indonesia serta konteks dan karakteristik siswa | Merumuskan indikator yang sesuai |
Soal | ||
Seorang guru Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama akan mengajarkan kompetensi dasar 3.7 MengidenƟfikasi informasi dari teks laporan hasil observasi berupa buku pengetahuan yang dibaca atau diper- dengarkan. Indikator yang paling sesuai dengan kompetensi dasar tersebut yakni ...A. Menentukan struktur organisasi teks laporan hasil observasi. B. Menentukan ciri bahasa teks laporan hasil observasi.C. Menjelaskan struktur organisasi teks laporan hasil observasiD. Menjelaskan ciri bahasa teks laporan hasil observasi.E. Menyebutkan ciri, tujuan, dan isi teks laporan hasil observasi. | ||
Pembahasan | ||
Jawaban EIndikator merupakan penanda pencapaian KD yang ditandai oleh perubahan sikap yang sanggup diukur yang meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Indikator dikembangkan sesuai dengan karakterisƟk penerima didik, mata pelajaran, satuan pendidikan, potensi kawasan dan dirumuskan dalam kata kerja operasional yang terukur dan/atau sanggup diobservasi.Perumusan indikator memakai kata kerja operasional yang sanggup diukur (menggunakan tabel kata kerja operasional Bloom). Untuk KD mengidenƟfikasi informasi, kata kerja operasional yang tepat adalah menyebutkan ciri, tujuan, dan isi. Kata memilih dan menemukan juga sanggup menjadi indikator untuk KD mengidenƟfikasi, hanya pilihan materi pada tanggapan Ɵdak tepat.Informasi berisi ciri, tujuan, dan isi. | ||
Kompetensi | Capaian Pembelajaran | Indikator Esensial |
Pedagogik | Merencanakan pembelajaran yang mendidik sesuai dengan karakterisƟk mata pelajaran Bahasa Indonesia serta konteks dan karakterisƟk siswa | Merumuskan materi yang sesuai |
Soal | ||
Seorang guru Bahasa Indonesia mengajarkan kompetensi dasar 4.16 Memerankan isi fabel/legenda kawasan setempat yang dibaca dan didengar. Materi yang paling sempurna sesuai kompetensi dasar tersebut yakni ...A. Pengetahuan faktualB. Pengetahuan metakogniƟfC. Pengetahuan proseduralD. Pengetahuan konseptualE. Keterampilan | ||
Pembahasan | ||
Jawaban C• Penyusunan materi pembelajaran memuat fakta, konsep, prinsip, dan mekanisme yang relevan.• Cakupan materi berupa pengetahuan faktual, metakogniƟf, prosedural, dan konseptual.• Faktual berisi pola terkait dengan materi.• MetakogniƟf berisi konsep yang berkaitan dengan pola di kehidupan sehari-hari.• Konseptual berisi konsep-konsep terkait dengan materi.• Prosedural berisi tahapan yang terkait dengan materi.Oleh alasannya yakni itu, kalau ada KD memerankan, materi yang diajarkan terkait dengan prosedural yaitumerancang tokoh fabel, latar, dialog; memilih urutan cerita; merancang pemeranan fabel;melakukan pemeranan. | ||
Kompetensi | Capaian Pembelajaran | Indikator Esensial |
Pedagogik | Merencanakan pembelajaran yang mendidik sesuai dengan karakterisƟk mata pelajaran Bahasa Indonesia serta konteks dan karakterisƟk siswa | Menetapkan rumusan langkah pembelajaran menulis yang sesuai |
Soal | ||
Dalam suatu kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia, penerima didik mencermaƟ topik yang menarik dan berada dalam konteks lingkungan sekolahnya. Ia kemudian mendata hal-hal yang perlu diketahui, kemudian mencari dan mengumpulkan informasi melalui observasi, wawancara, dan telaah pustaka serta kemudian menuangkannya dalam laporan yang sudah disepakaƟ. Setelah selesai, kemudian menyajikannya secara mulut di depan kelas. Pembelajaran menulis ini memakai pendekatan ... A. InquiryB. SainƟfikC. DiscoveryD. Berbasis proyekE. Berbasis masalah | ||
Pembahasan | ||
Jawaban BRumusan langkah pembelajaran mewujud pada pemilihan pendekatan atau metode pembelajaran yang mengacu pada Permendikbud No. 22 tahun 2016 perihal Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, yaitu pendekatan sainƟfik, metode discovery/inquiry, pembelajaran berbasis masalah. SainƟfik melipuƟ mengamaƟ, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi, dan mengomunikasi. Inquiry melipuƟ orientasi, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis, dan menarikn kesimpulan.Discovery melipuƟ sƟmulasi, idenƟfikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembukƟan, dan penarikan kesimpulan. |
Selengkapnya, Download Materi Bahan Pengayaan dan Remediasi PPG 2019 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada tautan berikut:
Download Materi Bahan Pengayaan dan Remediasi PPG 2019 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Sumber http://www.informasiguru.com