Random post

Thursday, February 14, 2019

√ Perbedaan Antara Gelatin Dan Kolagen

Pengertian kolagen


Nama ini berasal dari bahasa Yunani “kola”, yang berarti “lem” atau “pengikat”. Kolagen mempunyai tugas untuk menghubungkan sel, menjadi pendukung ekstraseluler atau menyerupai yang juga disebut, matriks. Struktur kolagen hadir di semua jaringan tubuh, mulai dari pembuluh darah dan organ internal sampai otot, persendian, dan kulit.


Kolagen ialah protein dari jaringan ikat yang produksinya menurun dengan berlalunya waktu. Kekurangan kolagen mempunyai imbas eksklusif pada kulit – itu mendukung erupsi kulit dan juga penurunan fleksibilitas tendon. Kurangnya kolagen dalam tubuh juga merupakan duduk masalah kesehatan, terkait dengan penyakit serius yang disebut skleroderma.


Kurangnya kolagen sanggup mengakibatkan ketidakstabilan dan kelemahan pada organ internal (prolaps), dan beberapa yang paling terpengaruh ialah jantung dan prostat. Adalah penting bahwa produksi kolagen Anda dilengkapi dengan asupan kolagen dari masakan untuk gaya hidup sehat.


Protein terdiri dari asam amino. Karena kolagen ialah protein terbesar dalam tubuh, molekul kolagen terdiri dari rantai lebih dari 1.500 asam amino. Yang paling penting dari ini adalah:



  • Glisin- mempunyai agresi antioksidan, terlibat dalam proses detoksifikasi dan regenerasi sel, diharapkan untuk konstruksi DNA dan RNA yang sehat

  • Prolin – membantu regenerasi tulang rawan dan menjaga elastisitas

  • Glutamin – melindungi dinding usus, terlibat dalam proses metabolisme dan dalam produksi massa otot

  • Arginin – mendukung sistem kekebalan tubuh dan penyembuhan luka, merangsang regenerasi hati dan sekresi hormon pertumbuhan


Peran Kolagen


Kolagen disekresikan oleh aneka macam sel, tetapi terutama oleh sel-sel jaringan ikat. Ini ditemukan dalam matriks ekstraseluler. Ini ialah jaringan makromolekul rumit yang memilih sifat fisik jaringan tubuh. Makromolekul ialah molekul yang mengandung sejumlah besar atom. Dengan bertambahnya usia, kolagen melemah, mengakibatkan duduk masalah keriput dan tulang rawan.



  1. Di dalam dermis, atau lapisan tengah kulit, kolagen membantu membentuk jaringan sel berserat yang disebut fibroblas, daerah sel-sel gres sanggup tumbuh. Ini juga berperan dalam mengganti dan memulihkan sel kulit mati.

  2. Beberapa kolagen bertindak sebagai epilog pelindung untuk organ-organ halus dalam tubuh, menyerupai ginjal.

  3. Seiring bertambahnya usia, tubuh memproduksi kolagen lebih sedikit. Integritas struktural kulit menurun. Kerutan terbentuk, dan tulang rawan sendi melemah.

  4. Wanita mengalami pengurangan dramatis dalam sintesis kolagen sesudah menopause.

  5. Pada usia 60 tahun, penurunan yang cukup besar dalam produksi kolagen ialah normal.


Kegunaan Kolagen


Kolagen bersifat resorbable. Ini berarti sanggup dipecah, diubah, dan diserap kembali ke dalam tubuh. Itu juga sanggup dibuat menjadi padatan padat atau gel menyerupai kisi. Beragam fungsi dan fakta bahwa itu terjadi secara alami menjadikannya serbaguna secara klinis dan cocok untuk aneka macam keperluan medis. Kolagen untuk penggunaan medis sanggup berasal dari manusia, sapi, babi, atau domba.


Pengisi kulit



  • Suntikan kolagen sanggup meningkatkan kontur kulit dan mengisi depresi.

  • Pengisi yang mengandung kolagen sanggup dipakai secara kosmetik untuk menghilangkan garis dan kerutan dari wajah. Itu juga sanggup meningkatkan bekas luka, selama ini tidak mempunyai tepi yang tajam.

  • Bahan pengisi ini bersumber dari insan dan sapi. Tes kulit harus dilakukan sebelum memakai kolagen dari sapi, untuk menghindari alergi yang parah.

  • Kolagen sanggup mengisi volume yang relatif dangkal. Gap yang lebih luas biasanya diisi dengan zat menyerupai lemak, silikon, atau implan.


Ganti luka


Kolagen sanggup membantu menyembuhkan luka dengan menarik sel-sel kulit gres ke daerah luka. Ini mendorong penyembuhan dan menyediakan platform untuk pertumbuhan jaringan baru.


Pembalut kolagen sanggup membantu menyembuhkan:



  • luka kronis yang tidak merespon pada perawatan lain

  • luka yang mengeluarkan cairan tubuh menyerupai air seni atau keringat

  • luka granulasi, di mana jaringan yang berbeda tumbuh

  • luka nekrotik atau busuk

  • luka parsial dan ketebalan penuh

  • luka bakar tingkat kedua

  • situs cangkok kulit


Pembalut kolagen tidak dianjurkan untuk luka bakar tingkat ketiga, luka yang tertutup eschar kering, atau untuk pasien yang mungkin sensitif terhadap produk yang bersumber dari sapi.


Regenerasi jaringan yang dipandu



  • Membran berbasis kolagen telah dipakai dalam terapi periodontal dan implan untuk mendorong pertumbuhan jenis sel tertentu.

  • Dalam bedah mulut, penghalang kolagen sanggup mencegah sel-sel yang tumbuh cepat di sekitar gusi dari migrasi ke luka di gigi. Ini mempertahankan ruang di mana sel-sel gigi mempunyai kesempatan untuk regenerasi.

  • Membran berbasis kolagen sanggup membantu penyembuhan dalam kasus-kasus ini dan bersifat resorbable, sehingga penghalang ini tidak perlu diangkat dengan operasi sesudah operasi utama.


Prostetik vaskuler



  1. Cangkok jaringan kolagen dari donor telah dipakai dalam regenerasi saraf perifer, dalam prostesis vaskular, dan dalam rekonstruksi arteri.

  2. Sementara prostesis kolagen kompatibel dengan tubuh manusia, beberapa telah terbukti trombogenik, atau kemungkinan mengakibatkan pembekuan darah.


Pengobatan osteoartritis


Suplemen atau formulasi kolagen sanggup membantu mengobati osteoartritis.


Sebuah tinjauan tahun 2006 menemukan bahwa komplemen yang mengandung kolagen membantu mengurangi tanda-tanda nyeri dan meningkatkan fungsi sendi pada orang dengan osteoarthritis.


Ketika komplemen diserap, kolagen menumpuk di tulang rawan, dan ini membantu untuk membangun kembali matriks ekstraseluler.


Namun, tidak semua penelitian mendukung temuan ini.


Revitalisasi kulit


Banyak produk yang mengandung kolagen, termasuk krim dan bubuk, mengklaim untuk merevitalisasi kulit dengan meningkatkan kadar kolagen dalam tubuh.


Ini tidak mungkin, bagaimanapun, sebab molekul kolagen terlalu besar untuk diserap melalui kulit.


Setiap manfaat mungkin sebab imbas pelembab dari produk-produk ini. Mereka tidak secara eksklusif meningkatkan kolagen.


Perawatan semacam itu juga tidak diklasifikasikan sebagai obat, sehingga klaim mengenai kemanjurannya tidak perlu dibuktikan secara ilmiah. Perhatian disarankan dikala memakai produk ini.


Pengertian gelatin


Gelatin ialah produk yang dihasilkan oleh hidrolisis kolagen, protein yang diekstraksi dari produk hewani menyerupai kulit, tulang, tulang rawan, ligamen. Gelatin sanggup diperoleh dari binatang apa pun, tetapi dalam praktiknya, gelatin diproduksi terutama dari sapi atau babi.


Gelatin dipakai sebagai biro penebalan sebab membentuk gel yang kuat. Gelatin ialah satu-satunya zat pengental non-karbohidrat (polyglucid) yang dipakai dalam industri makanan. Tidak menyerupai kebanyakan biro pembentuk gel polyglucidic, pembentukan gel gelatin tidak memerlukan kehadiran reagen lain menyerupai karbohidrat, garam atau mineral dan tidak tergantung pH. Kolagen mempunyai tugas untuk menghubungkan sel √ Perbedaan antara gelatin dan kolagen


Gelatin relatif tidak larut dalam air hambar tetapi sangat larut dalam air panas. Ketika air ditambahkan, butiran gelatin membengkak dengan menyerap 5-10 kali beratnya dalam air. Dengan menaikkan suhu di atas 40 derajat Celcius, partikel nanah larut, membentuk larutan gel dalam air dingin.


Kegunaan Gelatin



  1. Gelatin sanggup dipakai dalam produk makanan, obat-obatan, dan kosmetik sebagai biro pembentuk gel.

  2. Gelatin umumnya ditemukan dalam permen bergetah, marshmallow, dan lapisan kapsul obat. Itu juga dimakan sebagai kaldu tulang atau diambil sebagai suplemen.


Manfaat Gelatin


Gelatin sanggup mempunyai aneka macam manfaat kesehatan, termasuk yang berikut:


1. Meningkatkan kesehatan kulit


Kolagen ialah apa yang menciptakan kulit tampak sehat dan infinit muda. Seiring bertambahnya usia, mereka secara alami kehilangan kolagen, yang mengakibatkan kulit menjadi kurang kencang. Hasilnya ialah kulit yang mempunyai kerutan dan garis. Karena gelatin ialah sumber kolagen yang baik, itu mungkin cara alami untuk meningkatkan penampilan kulit.


2. Menyediakan protein


Salah satu manfaat gelatin ialah menyediakan hampir 2 gram (g) protein per ½ gelas. Protein dianggap makronutrien, yang berarti tubuh membutuhkan jumlah yang besar. Beberapa sumber protein hewani juga mengandung sejumlah besar lemak tidak sehat. Gelatin ialah sumber protein yang tidak mengandung lemak.


3. Membantu fungsi pencernaan


Gelatin sanggup membantu pencernaan dengan beberapa cara berbeda. Misalnya, glisin dalam gelatin sanggup meningkatkan lapisan mukosa yang sehat di perut. Ini juga merangsang produksi getah lambung, yang memfasilitasi pencernaan yang tepat. Tanpa enzim pencernaan yang memadai, duduk masalah pencernaan, menyerupai refluks asam, sanggup berkembang. Juga, gelatin mengikat air dan sanggup membantu masakan bergerak melalui sistem pencernaan secara efisien.


4. Meredakan nyeri sendi


Kolagen dalam gelatin sanggup mengurangi nyeri sendi yang terkait dengan peradangan. Menurut Perpustakaan Kedokteran Nasional A.S., beberapa studi klinis menawarkan gelatin sanggup mengurangi rasa sakit dan meningkatkan fungsi sendi pada orang dengan osteoartritis.


5. Membantu mengontrol gula darah


Meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan, satu studi menawarkan bahwa glisin, yang merupakan salah satu asam amino yang melimpah dalam gelatin, sanggup meningkatkan kontrol gula darah pada orang dengan diabetes tipe 2.


6. Menjaga kesehatan tulang


Lisin, yang ditemukan dalam gelatin, membantu memperkuat tulang. Ini membantu tubuh menyerap kalsium, yang juga dibutuhkan untuk menjaga tulang tetap berpengaruh dan mencegah keropos tulang. Karena tubuh tidak sanggup menciptakan lisin, penting untuk mendapat jumlah yang cukup melalui diet. Menambahkan gelatin ke diet sehat ialah salah satu cara untuk meningkatkan asupan lisin seseorang. Kolagen mempunyai tugas untuk menghubungkan sel √ Perbedaan antara gelatin dan kolagen


7. Meningkatkan kualitas tidur


Gelatin sanggup meningkatkan kualitas tidur pada beberapa orang sebab banyaknya glisin. Beberapa sendok makan gelatin sanggup menyediakan sekitar 3 g glisin.


8. Membantu penurunan berat badan


Gelatin sanggup membantu menurunkan berat tubuh dengan membantu seseorang merasa lebih kenyang.


Gelatin sanggup membantu meningkatkan penurunan berat tubuh sebab protein dan kandungan rendah kalori. Protein membantu seseorang merasa kenyang, yang mengurangi kemungkinan makan berlebihan.


Gelatin juga sanggup berperan dalam mengendalikan hormon yang bekerjasama dengan kelaparan.


Namun, gelatin sering ditemukan pada permen kenyal dan marshmello dengan kandungan gula tinggi. Lebih baik mengonsumsi gelatin yang sehat dan rendah gula.


Apa Perbedaan antara kolagen dan gelatin



  1. Perbedaan struktural dalam kolagen dan gelatin – gelatin dibuat sebagai rantai panjang asam amino sedangkan kolagen terdiri dari peptida kolagen rantai pendek

  2. Perbedaan tekstur dalam kolagen dan gelatin – gelatin ringkih dikala kering, larut dalam air panas dan gel bila dicampur dengan cairan, sedangkan kolagen menyerupai dengan debu protein halus dan bercampur dengan cairan panas atau dingin

  3. Perbedaan penggunaan dalam kolagen dan gelatin – gelatin sanggup dipakai sebagai pengental dalam resep tertentu sedangkan kolagen sanggup dicampur dengan hampir apa saja

  4. Perbedaan pencernaan dalam kolagen dan gelatin – gelatin ialah protein yang lebih besar dan mungkin lebih sulit untuk dicerna, sedangkan kolagen lebih gampang dicerna dan mengakibatkan lebih sedikit tanda-tanda pencernaan.

  5. Efek samping potensial pada kolagen dan gelatin – gelatin sanggup mengakibatkan refluks asam, gas, dan kembung sedangkan kolagen tidak melaporkan tanda-tanda pencernaan.


Perbandingan Kolagen dan Gelatin: Bentuk tabel untuk menawarkan Perbedaan antara kolagen dan gelatin





























GelatinKolagen
Gelatin terbentuk sebagai rantai panjang asam aminoKolagen terdiri dari peptida kolagen rantai pendek
Gelatin ringkih dikala kering, larut dalam air panas dan gel jikalau dicampur dengan cairanKolagen menyerupai dengan debu protein halus dan bercampur dengan cairan panas atau dingin
Gelatin sanggup dipakai sebagai pengental dalam resep tertentuKolagen sanggup dicampur dengan apa saja
Gelatin ialah protein yang lebih besar dan mungkin lebih sulit untuk dicerna oleh beberapa orangKolagen lebih gampang dicerna dan mengakibatkan lebih sedikit tanda-tanda pencernaan
Gelatin sanggup mengakibatkan refluks asam, gas, dan kembungKolagen tidak mempunyai tanda-tanda pencernaan yang dilaporkan.

Ringkasan singkat perihal kolagen dan gelatin



  1. Baik kolagen dan gelatin memainkan tugas penting dalam kesehatan tubuh insan secara keseluruhan

  2. Kolagen sanggup ditemukan dalam bentuk murni, sedangkan gelatin diperoleh dari hidrolisasi kolagen

  3. Konsumsi gelatin sanggup mengakibatkan refluks asam, gas, dan kembung, sedangkan kolagen tidak mempunyai tanda-tanda pencernaan yang dilaporkan

  4. Baik kolagen dan gelatin meningkatkan elastisitas kulit



Sumber aciknadzirah.blogspot.com