Pengertian Analisa Rantai Markov ialah suatu metode yang mempelajari sifat -sifat suatu variabel pada masa sekarang yang didasarkan pada sifat -sifatnya di masa lalu dalam perjuangan menaksir sifat-sifat variabel tersebut dimasa yang akan datang. Definisi lain Analisis Markov ialah suatu teknik matematik untuk peramalan perubahan pada variable-variabel tertentu menurut pengetahuan dari perubahan sebelumnya.
Model Rantai Markov dikembangkan oleh spesialis Rusia A.A. Markov pada tahun 1896. Dalam analisis markov yang dihasilkan ialah suatu informasi probabilistik yang sanggup dipakai untuk membantu pembuatan keputusan, jadi analisis ini bukan suatu teknik optimisasi melainkan suatu teknik deskriptif. Analisis Markov merupakan suatu bentuk khusus dari model probabilistik yang lebih umum yang dikenal sebagai proses Stokastik (Stochastic process).
Konsep dasar analisis markov ialah state dari sistem atau state transisi, sifat dari proses ini adalah apabila diketahui proses berada dalam suatu keadaan tertentu, maka peluang berkembangnya proses di masa mendatang hanya tergantung pada keadaan ketika ini dan tidak tergantung pada keadaan sebelumnya, atau dengan kata lain rantai Markov ialah rangkaian proses tragedi dimana peluang bersyarat tragedi yang akan tiba tergantung pada tragedi sekarang.
Analisis Markov ini sangat sering digunakan untuk membantu pembuatan keputusan dalam bisnis dan industri, contohnya dalam problem ganti merek, problem hutang-piutang, problem operasi mesin, analisis pengawasan dan lain-lain. Informasi yang dihasilkan tidak mutlak menjadi suatu keputusan, alasannya ialah sifatnya yang hanya memperlihatkan sumbangan dalam proses pengambilan keputusan.
Contoh Soal dan Penyelesaian
Contoh Soal
Perusahaan Raja Mie, produsen mie instan “Gurih”, ketika ini mempunyai 75% dari pasar mie instan. Data dari tahun kemudian memperlihatkan bahwa 88% dari pelanggan Raja Mie tetap loyal pada mie “Gurih”, akan tetapi 12% pelanggannya berpindah kepada kompetitor, PT. Sayap, dengan produknya mie “Enaak”. Sebagai tambahan, 85% dari pelanggan perusahaan competitor (PT. sayap) tetap loyal kepada mereka, tetapi 15% dari pelanggan mereka beralih ke mie “Gurih”
Pertanyaan:
Simpulkan bagaimana tren ini sanggup menentukan market share mie instant “Gurih” untuk 2 tahun kedepan.
Penyelesaian Soal 1
Untuk menuntaskan problem market share menyerupai diatas, dipakai aplikasi QM for windows dengan langkah-langkah sebagai berikut :
1. Silahkan d0wnl0ad POM-QM [Disini] dan Jalankan kegiatan QM for Windows, pilih Module > Markov Analysis
2. Pilih hidangan File > New, sehingga muncul tampilan menyerupai gambar di bawah ini .
3. Pada pecahan Title : ketikkan “Pangsa Pasar Mie Instan ,untuk judul penyelesaian soal ini
4. Isikan Number Of States dengan 2
5. Sekarang tampilan akan menyerupai pada gambar 1.3
6. Selanjutnya klik tombol OK sampai muncul tampilan menyerupai gambar di bawah ini.
7. Isikan angka yang sesuai pada kotak yang bersesuaian, menyerupai gambar 1.5
8. Selesaikan pola soal ini dengan mengklik tombol pada Toolbar atau dari Menu File > Solve atau tekan tombol F9 pada Keyboard
9. Jika ada data yang perlu diperbaiki, klik tombol pada toolbar atau dari Menu File > Edit
10. Untuk menyimpan data, lakukan dari hidangan File > Save atau CTRL+S
Hasil Perhitungan Soal 1
Untuk melihat output yang dihasilkan, anda sanggup melakukannya dari hidangan Windows dengan menentukan Window > Tile untuk menampilkan output secara bersamaan, atau pilih Window> Cascade untuk menampilkan output secara bertumpuk. Perhitungan ini menghasilkan tiga output berikut:
Interpretasi / Jawaban Soal:
Hasil diatas mengindikasikan dalam 2 tahun kedepan terjadi penurunan market share Raja Mie dari semula 75 % menjadi 65, 92%.
Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Analisis Rantai Markov (Pengertian, Contoh Soal, Teori, Konsep, Model) LENGKAP yang kami rangkum dari aneka macam macam artikel. Semoga bermanfaat bagi kiprah makalah Analisis Rantai Markov anda. Terima kasih telah berkunjung