Random post

Tuesday, September 12, 2017

√ √ Efektif Dan Efisien : Pengertian, Perbedaan Contohnya, Lengkap

Efektif dan Efisien – Efektif ialah sebuah perjuangan untuk mendapatkan tujuan, hasil atau target  yang dibutuhkan dengan waktu yang telah ditetapkan terlebih dahulu tanpa memperdulikan biaya yang harus atau sudah dikeluarkan.


Pekerjaan efektif bekerjasama perencanaan, penjadwalan dan pengeksekusian keputusan yang sempurna guna. Suatu pekerjaan sanggup dikatakan efektif kalau tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya berhasil dicapai.


Pengertian efektif adalah cara mencapai suatu tujuan dengan pemilihan cara yang benar dari beberapa alternatif, kemudian mengimplimentasikan pekerjaan dengan sempurna dengan waktu yang cepat.


Sedangkan, Efisien mengharuskan seseorang untuk menyelesaian suatu pekerjaan secara hemat, cepat, selamat dan sempurna waktu dimana juga mengharuskan seseorang bekerja secara maksimal tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya.


Pekerjaan efisien sendiri sanggup dilakukan dengan mengevaluasi, menciptakan perbandingan antara masukan dan pengeluaran yang diterima. Efisien berarti mencari cara terbaik untuk mencapai suatu tujuan



Pengertian efisien adalah cara untuk mencapai suatu tujuan dengan penggunaan sumber daya yang minimal namun hasil maksimal. Sumber daya diolah dengan bijak dan hemat sehingga uang, waktu dan tenaga tidak banyak terbuang.



 


Contoh Sederhana Dalam Memahami Efektif dan Efisien :


Dari Jakarta, Ani ingin pergi ke Surabaya untuk berlibur, dalam hal ini ia bisa pergi menuju Surabaya dengan efektif saja, efisien saja atau dengan cara yang efektif dan efisien.



  • Jika Ani pergi ke Surabaya memakai Pesawat dengan tiket Rp. 1.500.000 dan hingga dalam waktu 1,5 jam. Maka Ani melaksanakan pekerjaan tersebut dengan Efektif, namun Tidak Efisien. Karena ia harus mengeluarkan biaya yang relatif mahal untuk perjalanan tersebut.

  • Jika Ani pergi ke Surabaya memakai Bus Ekonomi dengan harga Rp. 100.000 dan hingga dalam waktu 18 jam, maka Ani melaksanakan perjalanan tersebut dengan Efisien, Namun kurang Efektif.

  • Nah, Agar perjalanan Ani bisa dilakukan secara efektif dan efisien, maka ia harus memikirkan bagaimana semoga ia hingga di Surabaya dengan biaya yang murah, tapi tidak menghabiskan banyak waktu di jalan. Ia bisa menentukan (misalnya) memakai kereta yang harganya murah dan durasi perjalannya juga tidak terlalu usang atau alternatif lainnya. 


 





Perbedaan Efektif dan Efisien




 Efektif ialah sebuah perjuangan untuk mendapatkan tujuan √ √ EFEKTIF DAN EFISIEN : Pengertian, Perbedaan  Contohnya, Lengkap
pixabay.com

Perbedaan efektif dan efisien dijelaskan dalam beberapa poin berikut:




























EFEKTIFEFISIEN
Berorientasi TujuanBerorientasi Tujuan
Pemilihan bagaimana cara tercepat mencapai tujuan Pemilihan bagaimana cara terhemat mencapai tujuan
Waktu pengerjaan lebih singkat alasannya ialah ketersediaan sumber daya dll.Waktu pengerjaan lebih usang alasannya ialah sumber daya yang dipangkas.
Biaya yang dikeluarkan tinggiHemat biaya

Sebuah pekerjaan harus dilakukan secara efektif dan efisien semoga hasil yang didapatkan lebih maksimal. Perbandingan pekerjaan yang dilakukan secara efektif dan efisien sanggup dilihat dalam daftar berikut ini:



  • Efektif dan Efisien 

    Tujuan sanggup tercapai dengan cepat dan biaya yang hemat.

  • Efektif tapi Tidak Efisien

    Tujuan sanggup tercapai dengan cepat namun biaya yang dikeluarkan tinggi

  • Tidak Efektif tapi Efisien

    Tujuan usang tercapai atau bahkan tidak tercapai alasannya ialah cara-cara untuk mencapai tujuan tidak jelas, namun biaya sedikit.

  • Tidak Efektif dan Tidak Efisien

    Tujuan usang tercapai atau besar kemungkinan tidak akan tercapai dan beban yang dikeluarkan tinggi. Ini alasannya ialah pekerjaan tidak dilakukan dengan step by step yang benar dan tanpa perhitungan biaya.


 


 




Cara Agar Pekerjaan Efektif Efisien




 Efektif ialah sebuah perjuangan untuk mendapatkan tujuan √ √ EFEKTIF DAN EFISIEN : Pengertian, Perbedaan  Contohnya, Lengkap
pixabay.com

1. Membagi Waktu dan Jadwal


Untuk anda yang menginginkan suatu pekerjaan yang efektif dan efisien, kini ada baiknya anda harus membuan jadwal, pembagian waktu dan sebagainya yang berisi suatu rincian yang lengkap dengan detailnya.


Misalnya saja, semoga karywan atau teman-teman anda sanggup menghubungi anda tanpa tiba ke kawasan anda ketika menawarkan laporan atau hasil kerja lainnya, anda sanggup menawarkan email, whatsapp, BBM dan lainnya supaya mereka sanggup menghubungi anda dengan mudah.


Hal ini juga sanggup membantu anda untuk mendapatkan rapat yang terorganisir dengan karywan anda. Selain itu, cara ini juga sanggup anda lakukan untuk mengawasi karywan anda tetap bekerja walaupun sedang tidak berada didalam kantor.


 


2. Memikirkan Pencadangan File atau Backup


Seseorang tentu pernah mengalami lupa ketika mengingat-ingat suatu barang  tersebut ditaruh menyerupai halnya anda lupa dimana menaruh file untuk rapat sedangkan untuk mencarinya anda membutuhkan waktu banyak.


Mengingat folder-folder yang ada di laptop atau komputer tidak sedikit. dan barang-barang lainnya yang sanggup anda lupakan menyerupai username dan kata sandi, kawasan untuk menaruh flashdisk.


Untuk menghindari hal tersebut, anda sanggup menyiasati dengan selalu menyimpan file-file penting kedalam dua penyimpan contohnya disimpan didalam hardisk internal maupun eksternal. Selain itu, kini sudah ada penyimpanan online yang sanggup anda manfaatkan dengan baik contohnya memakai google drive.




3. Menghindari Semua Gangguan


Jika anda sedang berada diruang rapat maka ada baiknya anda menghindari untuk mengecek ataupun berkirim Chat atau sms dan mendapatkan panggilan bahkan kalau perlu anda harus mematikan ponsel terlebih dahulu semoga tetap fokus pada pertemuan tersebut dan pekerjaan anda sanggup terselesaikan dengan baik.


Lain halnya kalau anda mempunyai pekerjaan yang mengharuskan anda untuk selalu aktif di sosial media contohnya sebagai internet marketer.


4. Ingat dan Teliti


Anda sebaiknya harus membiasakan diri untuk mengingat dan meneliti pekerjaan apa yang anda lakukan untuk hari ini semoga terhindar dari kesalahan yang tidak diinginkan. Lebih baik pikirkanlah pekerjaan anda daripada memikirkan hal lain yang sanggup mengganggu pekerjaan anda.




5. Berhenti Melakukan Pekerjaan Secara Bersamaan


Untuk anda yang mempunyai pekerjaan lebih dari satu, sebaiknya anda harus mengerjakan pekerjaan yang satu terlebih dahulu gres melanjutkan pekerjaan yang lain. Usahakan melaksanakan pekerjaan dengan tingkat kesulitan terlebih dahulu semoga pekerjaan yang lainnya terasa lebih ringan. Konsentrasilah terlebih dahulu dengan kiprah dihadapan anda terlebih dahulu.


6. Melakukan Perbincangan Ringan


Dalam mengerjakan suatu pekerjaan, tentu anda akan menemukan kebosanan alasannya ialah anda tidak terbiasa berdiam diri sendirian. Oleh alasannya ialah itu, anda sanggup mengambil jeda untuk melaksanakan obrolan-obrolan kecil bersama teman-teman anda.




7. Bekerja dengan Kecepatan Sendiri


Jangan pernah membandingkan kecepatan bekerja orang lain dengan kecepatan bekerja anda. Itu salah besar. Karena intinya setiap orang mempunyai kemampuan yang berbeda-beda dan bila anda tidak mempunyai kemampuan bekerja menyerupai orang lain maka jangan sekali-kali menirunya. Justru hal tersebut akan menciptakan hasil pekerjaan anda tidak maksimal.




8. Beristirahatlah Setelah Bekerja


Jika anda mempunyai pekerjaan yang banyak, usahakan anda mengambil waktu istirahat disela-sela mengerjakan tugas. Manfaat dari beristirahat ialah sanggup menciptakan pikiran anda sejuk kembali sehingga anda sanggup berfikir lebih jernih dan efektif kembali. Jangan lupa imbangi istirahat anda dengan mengkonsumsi masakan sehat terutama masakan yang mengandung glukosa.


 




Contoh Pekerjaan Yang Efektif dan Efisien





  • Melakukan Jual Beli Online Perkembangan teknologi yang berkembang pesat menciptakan seseorang menginginkan suatu pekerjaan yang efektif dan efisien, memanfaatkan teknologi, kini orang-orang lebih menentukan transaksi jual-beli secara online.

  • Dinda harus memindahkan barang dengan sepeda motor selama 3 kali sedangkan Radit hanya perlu memindahkan barang satu kali saja dengan truk Dimana dinda berkeja secara efektif sedangkan Radit bekerja secara efisien alasannya ialah ia memakai truk untuk menghemat waktu dan tenaga.

  • Pekerjaan yang efektif selanjutnya ialah mengambil rujukan dari maskapai merpati airlines dimana mereka pernah mengalami kebangkrutan sehingga pemerintah mengeluarkan dana untuk membantu maskapai tersebut terhindar dari kebangkrutan lama.



Sumber https://salamadian.com