Random post

Thursday, September 7, 2017

√ Pengertian Paragraf : Fungsi, Ciri, Jenis-Jenis Paragraf Dan Penjelasannya

Pengertian Paragraf yakni kumpulan kalimat yang biasanya mempunyai satu inspirasi pokok dan cara penulisannya sedikit menjorok ke bab dalam atau menggunakan garis baru. Nama lain dari paragraf yakni alinea.


Paragraf terdiri dari beberapa jenis, mulai dari jenis paragraf menurut isinya fungsinya dan juga peletakan gagasan utama dari sebuah tulisan.


Paragraf juga mempunyai syarat, fungsi, ciri dan unsur-unsur yang akan kita bahasa dalam artikel singkat ini.


 



Pengertian Paragraf 


 yakni kumpulan kalimat yang biasanya mempunyai satu inspirasi pokok dan cara penulisannya sedi √ PENGERTIAN PARAGRAF : Fungsi, Ciri, Jenis-Jenis Paragraf dan Penjelasannya
pixabay.com

Definisi lain dari paragraf yakni menyerupai yang dikemukakan para andal dalam bidang kebahasaan dibawah ini:



  • Paragraf yakni bab dari suatu karangan yang terdiri atas sejumlah kalimat yang mengungkapkan satuan gosip dengan inspirasi pokok sebagai pengendalinya (Ramlan).

  • Paragraf yakni serangkaian kalimat yang saling bertalian untuk menciptakan sebuah inspirasi atau gagasan baru (Handayani dkk).

  • Paragraf merupakan sekelompok kalimat yang saling berafiliasi dan bersama sama menjelaskan satu unit pokok pikiran (Wiyanto).


Dapat disimpulkan bahwa pengertian paragraf yakni kumpulan kalimat yang saling berafiliasi dan membentuk sebuah inspirasi atau gagasan baru.


 


Fungsi Paragraf


Paragraf mempunyai banyak sekali macam fungsi, diantara beberapa fungsi paragraf diantaranya adalah;



  1. Paragraf dalam sebuah kalimat sanggup menjadi pengantar sebuah ide-ide, isi kalimat dan kalimat epilog pada goresan pena yang dibentuk oleh penulis.

  2. Mencurahkan suatu perasan dan pemikiran penulis dalam sebuah karya atau kalimat dalam bentuk goresan pena yang dibentuk secara logis dan sanggup diterima oleh pembaca.

  3. Paragraf sanggup membantu pembaca untuk memahami segala sesuatu mengenai isi dan topik dalam sebuah tulisan.

  4. Memudahkan penulis untuk menyusun ide-ide perihal goresan pena yang akan dibuatnya.

  5. Dapat membantu penulis dalam membuatkan gagasan-gagasan atau inspirasi dari segala sesuatu yang berafiliasi dengan topik yang ingin ditulis  menjadi sebuah karya tulis.


 


 


Jenis Jenis Paragraf 


 yakni kumpulan kalimat yang biasanya mempunyai satu inspirasi pokok dan cara penulisannya sedi √ PENGERTIAN PARAGRAF : Fungsi, Ciri, Jenis-Jenis Paragraf dan Penjelasannya
pixabay.com

Paragraf digolongkan menjadi beberapa jenis. Diantaranya yakni jenis paragraf menurut fungsinya, letak gagasan utama dan isinya. 


a. Jenis Paragraf Berdasarkan Fungsi



  • Paragraf Pembuka

    Dalam sebuah karangan (kecuali karangan ilmiah). Paragraf pembuka umumnya ditulis untuk memancing rasa keingintahuan pembaca terhadap isi artikel secara keseluruhan.

  • Paragraf Isi

    Paragraf ini berisi bagian-bagian pokok dalam suatu karangan.

  • Paragraf Penutup

    Paragraf ini biasanya berisi kesimpulan, saran, harapan, ringkasan dan pemfokusan kembali hal-hal penting yang terdapat dalam setiap karangan.

  • Paragraf Penghubung

    Paragraf ini fungsinya yakni untuk mengubungkan antara paragraf satu ke paragraf lainnya atau karangan satu ke karangan lainnya.



2. Jenis Paragraf Berdasarkan Letak Gagasan Utama



  • Paragraf Deduktif

    Paragraf deduktif yakni paragraf yang letak gagasan utamanya terletak di awal paragraf.

  • Paragraf Induktif

    Paragraf Induktif yakni paragraf yang letak gagasan utamanya berada di simpulan paragraf

  • Paragraf Ineratif

    Paragraf ineratif yakni paragraf yang letak gagasan utamanya berada ditengah paragraf

  • Paragraf Campuran

    Paragraf adonan yakni paragraf yang letak gagasan utamanya berada di awal dan juga simpulan paragraf.



3. Jenis Paragraf Berdasarkan Isinya


Berikut ini yakni jenis paragraf ditinjau dari isinya:



1. Paragraf Eksposisi


Paragraf eksposisi yakni paragraf yang isinya bertujuan untuk menunjukkan klarifikasi atau pengertian secara singkat dan padat.


Contohnya: acara dalam merayakan ulang tahun Tentara Nasional Indonesia ke 72 tanggal 5 Oktober 2017 di lapangan blang padang banda aceh. Semua warga banda aceh turut hadir menyaksikan serangkaian program ulang tahun Tentara Nasional Indonesia ke 72 dengan banyak sekali ragam program menyerupai : Drumband, Tari Saman dan program lainnya.


2. Paragraf Deskripsi


Paragraf ini adalah suatu kalimat yang memaparkan isi citra pada suatu keadaan atau sebuah bencana yang bentuk goresan pena sehingga pembaca seperti sanggup melihat, mendengar dan mencicipi serta mengalami bencana tersebut.


Contohnya: dikala brownis coklat buatan ibuku dihidangkan untukku, kedaluwarsa brownis coklatnya eksklusif tercium lezat oleh hidungku. Saat saya mencoba memakannya, bentuk dan rasa manisnya eksklusif menciptakan lidahku bergoyang. Sungguh, ibuku sangat akil sekali menciptakan brownis coklat ini.


3. Paragraf Persuasi


Paragraf persuasi yakni paragraf yang dimana isinya sanggup menghipnotis atau membujuk pembaca untuk tertarik dengan gagasan atau undangan yang dibuat.


Contohnya: membaca memang merupakan faktor penting dalam menguasai banyak sekali ilmu pengetahuan. alasannya yakni seseorang tak mempunyai niat untuk membaca niscaya tidak banyak mempunyai tingkat pengetahuan. Karena ilmu pengetahuan biasanya bersumber dari buku.


Misalnya anak yang akil dalam pelajaran, biasanya ia akan menjadi kutu buku. Bagi siapa saja yang tidak mempunyai niat untuk membaca niscaya pengetahuannya tidak luas dan terbatas. Oleh lantaran itu membaca menjadi hal yang penting dan biasakanlah membaca buku.


4. Paragraf Argumentasi


Paragraf ini adalah suatu kalimat paragraf dimana isinya sanggup menyakinkan pembaca sehingga memperoleh dan mendapatkan gagasan dalam sebuah karya yang ditulis oleh penulis.


Contohnya: membaca memang merupakan faktor penting dalam menguasai banyak sekali ilmu pengetahuan. Seorang penasihat aturan niscaya selalu membaca buku-buku yang terkait dengan hukum, alasannya yakni kalau tidak membaca buku aturan niscaya ia akan merasa kesulitan dan tidak tahu apa saja pasal-pasal yang tertera dibuku hukum.


Seorang mahasiswa, tidak mau membaca buku maka akan mengalami kesulitan dalam menjawab soal-soal dari dosen.


5. Paragraf Narasi


Paragraf ini adalah suatu kalimat paragraf dimana isinya menceritakan suatu bencana atau sebuah masalah, sehingga menciptakan pembaca menjadi tehibur atau terharu.


Contohnya: beberapa hari yang kemudian kami pergi ke sebuah sentra wisata yang berada di Jakarta. Kami pergi dengan 2 kendaraan beroda empat pribadi. Mobil kami melaju cukup cepat secara beriringan dengan kendaraan beroda empat lainnya. Perjalanan menjadi sangat menyenangkan, semua orang tampak gembira. Cahaya sinar matahari menyinari kami sehingga menciptakan pemandangan dari dalam kacamata kendaraan beroda empat cukup indah.



Ciri-Ciri Paragraf


 yakni kumpulan kalimat yang biasanya mempunyai satu inspirasi pokok dan cara penulisannya sedi √ PENGERTIAN PARAGRAF : Fungsi, Ciri, Jenis-Jenis Paragraf dan Penjelasannya
pixabay.com

Selain mempunyai fungsi, paragraf juga mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :



  1. Pada kalimat pertama atau utama paragraf harus masuk agak kedalam dengan beberapa ketukan spasi. Ketukan spasi dalam paragraf sekitar lima ketukan, biasanya ketukan lima spasi ini dipakai untuk jenis kalimat atau karangan yang biasa.

  2. Paragraf biasanya dipakai sebagai pikiran utama dalam sebuah kalimat atau topik yang telah ditentukan oleh penulis.

  3. Kalimat topik dan kalimat pengembang dalam paragraf mempunyai fungsi dalam penulisan dimana fungsi tersebut sanggup menjelaskan atau mengambarkan pikiran utama dari penulis dalam menuliskan sebuah karya atau karangan dalam sebuah kalimat topik.

  4. Selain itu pada poin keempat paragraf juga menggunakan sebuah kalimat penjelas dalam goresan pena dimana kalimat penjelas tersebut berisikan perihal kedetailan dari kalimat topik. Paragraf memang bukan kumpulan dari kalimat topik, tetapi paragraf disini berisi beberapa kalimat penjelas dan hanya satu kalimat topik.


Demikian artikel singkat mengenai pengertian paragraf, ciri dan juga jenis-jenis paragraf. Semoga bermanfaat.



Sumber https://salamadian.com