Random post

Saturday, January 12, 2019

√ Rumus Konversi Suhu Dan Pola Soal Konversi Suhu

Rumus Konversi Suhu – Setelah pertemuan sebelumnya telah membahas Materi Fisika mengenai Rumus Gelombang yang telah dibahas secara lebih detail, maka Penulis dipertemuan ini akan bergantian membahan mengenai Konversi Suhu. Hal tersebut dikarenakan Materi Fisika Sekolah Menengan Atas Konversi Suhu ini sangatlah penting sebab termasuk kedalam Materi Fisika Sekolah Menengan Atas yang sering muncul di Soal – Soal Ujian, baik itu di Soal Ujian Nasional (UN) dan Soal Ujian Akhir Sekolah (UAS) tingkatan Sekolah Menengah Atas (SMA).


Oleh sebab itu dengan melihat fakta tersebut maka sudah sangat baik sekali bagi kalian Para Pembaca dan Pelajar Sekolah Menengan Atas untuk berguru dan memahami lebih dalam lagi mengenai Materi Fisika Sekolah Menengan Atas Konversi Suhu ini. Langsung saja bahwa didalam Pengertian Suhu itu sendiri ialah suatu tingkatan atau ukuran dari panas dingin’nya suatu benda, besaran Suhu sanggup diukur dan diketahui menggunakan Alat Ukur Suhu berjulukan Termometer dan perlu kalian ketahui juga bahwa Alat Ukur Termometer ini tidak hanya sanggup mengukur Suhu suatu Benda, melainkan sanggup dipakai untuk mengukur Suhu Badan Manusia.


Macam – Macam Skala Suhu


Kemudian didalam Suhu itu bukan hanya Panas, Hangat dan Dingin saja sebab didalam Skala Suhu itu terbagi menjadi Empat Macam Skala Suhu, dan untuk ulasan mengenai Skala Suhu ini sanggup kalian lihat dibawah ini :


1. Skala Suhu Celcius


Skala Suhu Celcius ini ditemukan oleh Seorang Sarjana berasal dari Swedia yang berjulukan Andreas Celcius, dan Skala Celcius ini dibentuk menurut pada Titik Beku Air pada 0 derajat C dan titik didih air pada 100 derajat C.


2. Skala Suhu Reamur


Skala Suhu Reamur ini ditemukan oleh Rene Antoine Ferchault de Reaumur sebab Reamur telah mengusulkan bahwa suatu Suhu Titik Beku Air didalam Suhu 0 derajat celcius dan titik didihnya 80 derajat Celcius.


3. Skala Suhu Kelvin


Untuk Skala Suhu Kelvin ini ditemukan oleh Lord Kelvin dan Lord Kelvin menetapkan bahwa apa yang disebut dengan 0 derajat itu Mutlak. Dan Nol Mutlak ini ialah suatu Suhu saat Pertikel itu berhenti bergerak sehingga tidak ada Panas yg akan terdeteksi karna Kalor yg ada itu sebanding dg Energi Kinetik yg dibutuhkan Partikel. Lalu Suhu Nol Mutlak (O derajat K) kalau di Konversikan ke Celcius maka akan menjadi -273,15 derajat Celcius.


4. Skala Suhu Fahrenheit


Skala Suhu Fahrenheit ini ditemukan oleh Ilmuan Berasal Jerman yang berjulukan Gabriel Fahrenheit dan Skala Suhu Fahrenheit ini banyak dipakai di Amerika Serikat. Lalu Skala Suhu Fahrenheit ini menggunakan Campuran Antara Es dan Garam dengan suatu Titik Beku Air bernilai 32 derajat F (Fahrenheit) dan titik didihnya sebesar 212 derajat F.


Rumus Konversi Suhu Dari Celcius Ke Reamur, Kelvin dan Fahrenheit


 Setelah pertemuan sebelumnya telah membahas Materi Fisika mengenai  √ Rumus Konversi Suhu dan Contoh Soal Konversi Suhu


Setelah kalian telah mengenal Macam dan Jenis Skala Suhu Celcius, Reamur, Kelvin dan Fahrenheit, maka dibawah ini perlu kalian ketahui mengenai Rumus Menghitung Konversi Suhu. Didalam Konversi Suhu itu sendiri merupakan cara untuk menyatakan Suhu di dalam Suatu Benda dari 1 Skala Suhu ke Skala Suhu lainnya sehingga sanggup disimpulkan bahwa Suhu Suatu Benda dalam Skala Celcius sanggup di Konversi (diubah) kedalam Skala lainnya ibarat Skala Reamur, Skala Kelvin dan Skala Fahrenheit.


 Setelah pertemuan sebelumnya telah membahas Materi Fisika mengenai  √ Rumus Konversi Suhu dan Contoh Soal Konversi Suhu


Dibawah ini telah Penulis berikan salah satu klarifikasi mengenai Rumus Konversi Suhu dan Contoh Soalnya, yakni dari Skala Suhu Celcius yang dikonversikan (diubah) ke Skala Suhu Reamur, ke Skala Suhu Fahrenheit dan ke Skala Suhu Kelvin.


1. Rumus Konversi Suhu dari Celcius ke Reamur


Cara Mencari Konversi Suhu dari Skala Suhu Celcius ke Skala Suhu Reamur sanggup kalian gunakan rumus ibarat dibawah ini :



R = (4/5) C


Diketahui :


R ialah Suhu dlm Skala Reamur


C ialah Suhu dlm Skala Celcius



Contoh Soal Konversi Suhu Celcius ke Reamur



Jika terdapat Suhu Benda dalam Skala Celcius telah membuktikan 100 Celcius. Berapakah bila di Konversi (diubah) ke dalam Skala Reamur ialah ?


R = (4/5) C


R = (4/5) 100


R = 400 / 5


R = 80



Sehingga Suhu Benda diatas yang menunjukkan Angka 100 dalam Skala Celcius sama dengan 80 kalau didalam Skala Reamur.


2. Rumus Konversi Suhu Celcius ke Fahrenheit


Cara Menghitung Konversi Suhu Celcius ke Skala Suhu Fahrenheit sanggup kalian lihat dan menggunakan rumusnya ibarat dibawah ini :



F = (9/5) C + 32


Diketahui :


F ialah Suhu dlm Skala Fahrenheit


C ialah Suhu dlm Skala Celcius



Contoh Soal Konversi Skala Suhu Celcius ke Skala Suhu Fahrenheit



Terdapat Suhu Suatu Benda didalam Skala Suhu Celcius telah menunjukkan 100 Celcius. Bila dikonversi (diubah) ke dalam Skala Suhu Fahrenheit ialah ?.


F = (9/5) C + 32


F = (9/5) 100 + 32


F = 900 / 5 + 32


F = 180 + 32


F = 212 F



Sehingga Suhu Benda yg menunjukkan Angka 100 didalam Skala Suhu Celcius sama dengan 212 didalam Skala Fahrenheit.


3. Rumus Konversi Suhu Celcius ke Kelvin


Lalu didalam Rumus Mencari Konversi Suhu dari Skala Suhu Celcius kedalam Skala Suhu Kelvin sanggup kalian gunakan menggunakan Rumus dibawah ini :



K = C + 273


Diketahui :


K adalah Suhu dlm Skala Kelvin


C ialah Suhu dlm Skala Celcius



Contoh Soal Konversi dari Skala Suhu Celcius ke dalam Skala Suhu Kelvin.



Jika terdapat Suhu Suatu Benda didalam Skala Celcius telah membuktikan Suhu sebesar 100 Celcius. Maka kalau dikonversikan kedalam Skala Suhu Kelvin ialah ?


K = C + 273


K = 100 + 273


K = 373



Sehingga Suhu Benda yang membuktikan Skala Suhu diangka 100 Celcius sama dengan 373 didalam Skala Suhu Kelvin.


Demikianlah pembahasan mengenai Rumus Konversi Skala Suhu dan Contohnya Lengkap yang telah dibahas secara lebih dalam. Semoga saja ulasan ini sanggup bermanfaat dan mempunyai kegunaan bagi kalian Para Pembaca dan Pelajar Sekolah Menengan Atas sebab sekali lagi Materi Fisika Konversi Skala Suhu ini termasuk kedalam salah satu Materi Fisika Sekolah Menengan Atas penting ibarat Materi Fisika Sekolah Menengan Atas Rumus Tegangan Listrik karena kedua Materi Fisika SMA ini sering keluar di Soal – Soal Ujian Fisika SMA, baik Soal Ujian Nasional (UN) maupun Soal Ujian Akhir Sekolah (UAS) sehingga diharapkan dengan kalian mengenal Materi Fisika Sekolah Menengan Atas ini, maka kalian sanggup mengerjakan Soal – Soal Ujian mengenai Konversi Suhu dengan baik dan benar.




Sumber https://rumusrumus.com