Random post

Thursday, September 14, 2017

√ Cara Mengatasi Insufficient Storage Available Di Google Playstore

Cara Mengatasi Insufficient Storage Available Di Google PlayStore – Saat mimin sedang iseng untuk mampir ke Google PlayStore, ternyata ada cukup banyak aplikasi yang menunggu untuk di update. Mimin pun memutuskan untuk melaksanakan update pada apps yang terinstall pada perangkat Android milik mimin tersebut. Awalnya, tak ada problem yang terjadi ketika perangkat mulai melaksanakan update dan install apps.


Namun, ketika mengupdate aplikasi yang ke-sekian, muncul pesan error bertuliskan “Insufficient Storage Available” (kalau dalam bahasa Indonesia “Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat”) sehingga update tak sanggup diinstal. Padahal, kapasitas penyimpanan baik internal maupun eksternal pada perangkat mimin masih terbilang banyak ruang kosong yang tersedia, sehingga agak ajaib rasanya jikalau hingga tidak cukup ruang untuk menginstall atau update aplikasi.


Cara Mengatasi Insufficient Storage Available Di Google PlayStore √ Cara Mengatasi Insufficient Storage Available Di Google PlayStoreMimin juga telah mencoba mengunduhnya sekitar 3 kali, namun tetap saja muncul keterangan error yang sama. Apakah kau juga mengalami problem yang sama pada perangkatmu? Lalu bagaimana cara mengatasinya? Tak perlu panik, alasannya yaitu pada goresan pena ini, mimin akan coba untuk memperlihatkan solusi untuk mengatasi problem “Tidak cukup ruang pada perangkat” ketika sedang melaksanakan install atau update aplikasi Android, tanpa harus melaksanakan root terlebih dahulu.



BACA JUGA : Apa Itu Root Pada Android?



Mimin akan memperlihatkan 2 pilihan solusi yang sanggup kau jalankan, yang satu memakai cara ribet, dan satu lagi memakai cara simple. Dan alasannya yaitu mimin paham bahwa kau gak suka yang ribet, maka kita mulai dari cara yang simple dulu yaa. Yuk kita pribadi ke TKP! 😀


Cara Simpel


1. Buka sajian setting pada perangkatmu, kemudian cari sajian Apps / Aplikasi ibarat pada gambar dibawah ini.


Cara Mengatasi Insufficient Storage Available Di Google PlayStore √ Cara Mengatasi Insufficient Storage Available Di Google PlayStore2. Cari dan pilih aplikasi yang sebelumnya gagal di update tadi, kemudian klik tombol Clear cache (bersihkan cache).


Cara Mengatasi Insufficient Storage Available Di Google PlayStore √ Cara Mengatasi Insufficient Storage Available Di Google PlayStoreJika ternyata problem masih terjadi, kau sanggup kembali ke langkah awal, kemudian kali ini pilih Clear data (hapus data). Namun perlu dicatat, bahwa jikalau kau melaksanakan clear data, maka semua data pada aplikasi yang bersangkutan (termasuk password) akan hilang.


Artinya, jikalau contohnya aplikasi tersebut yaitu apps game, maka kau akan memulai game tersebut dari awal lagi ketika kau membukanya. Atau, jikalau apps tersebut yaitu apps socmed, maka kau harus kembali melaksanakan sign in pada akun socmed tersebut. Tentu saja, kau harus mengingat ID dan password pada akun tersebut.


Opsi Lain



  • Kamu juga sanggup mencoba untuk klik tombol Move to SD card (pindahkan ke SD card) jikalau tombol tersebut tersedia, alasannya yaitu beberapa orang mengaku berhasil ketika memakai cara ini.

  • Jika sebelumnya kau sudah memasang aplikasi cache cleaner, maka kau sanggup coba memanfaatkannya untuk menghapus cache pada perangkatmu sebelum menginstall atau update aplikasi.

  • Jika perangkatmu memakai OS Android v5.0 (Lollipop) keatas, maka kau sanggup coba untuk menghapus cache tanpa proteksi aplikasi, ibarat yang sudah mimin jelaskan di halaman ini.

  • Atau, jikalau perangkatmu sudah terinstall aplikasi Link2SD dan sudah di root, maka kau sanggup coba untuk melaksanakan langkah pencucian ibarat yang sudah pernah mimin bahas pada artikel ini.


Dan kalau ternyata cara-cara mudah diatas masih belum sanggup mengatasi problem “Tidak cukup ruang pada perangkat” ketika update atau install aplikasi, maka tampaknya kau mesti mencoba cara ribet yang akan mimin buat secara terpisah.


Nah, mungkin itu saja yang sanggup mimin bagikan pada goresan pena ini. Silahkan jelajahi blog Techijau.com untuk mendapat informasi menarik lainnya. Semoga bermanfaat! 😀



Sumber aciknadzirah.blogspot.com