Random post

Sunday, September 10, 2017

√ Cara Menghitung Jumlah Lilitan Pada Trafo Step Up Dan Step Down

Cara Menghitung Jumlah Lilitan pada Trafo Step Up dan Step Down – Transformator atau Trafo yaitu suatu perangkat yang sanggup mengubah taraf suatu tegangan bolak balik (AC) ke taraf tegangan bolak-balik (AC) lainnya dengan memakai prinsip Induksi Elektromagnetik. Transformator (Trafo) pengubah taraf tegangan AC ini intinya terdiri dari dua jenis yaitu Transformator Step Up (Trafo Step Up) yang sanggup menaikan taraf tegangan AC dan Transformator (Trafo Step Down) yang sanggup menurunkan taraf tegangan AC.

Baca juga : Pengertian Transformator (Trafo) dan Prinsip kerjanya.


Di dalam transformator (trafo) terdapat dua buah kumparan atau lilitan yaitu kumparan primer dan kumparan sekunder. Rasio atau Perbedaan jumlah lilitan pada Kumparan Primer dan Sekunder inilah yang memilih apakah sebuah Transformator tersebut yaitu Trafo Step Up atau Trafo Step Down dan juga sebagai penentu taraf tegangan yang dihasilkannya.


Sebuah Trafo dikatakan Step Up apabila Np < Ns sehingga Vp < Vs, sedangkan Trafo Step Down yaitu bila Np > Ns sehingg Vp > Vs. Dimana Np dan Ns yaitu jumlah lilitan masing-masing pada Kumparan Primer dan Kumparan Sekunder Trafo sedangkan Vp dan Vs yaitu adalah Tegangan pada Kumparan Primer dan Kumparan Sekunder.


Cara Menghitung Jumlah Lilitan pada Trafo Step Up dan Step Down √ Cara Menghitung Jumlah Lilitan pada Trafo Step Up dan Step Down


Rumus untuk Menghitung Lilitan pada Trafo Step Up dan Step Down


Np/Ns = Vp/Vs


Atau


Ns = Np x (Vs / Vp)


Dimana :


Np : Jumlah lilitan Primer

Ns : Jumlah lilitan Sekunder

Vp : Tegangan Primer

Vs : Tegangan Sekunder


 


Contoh Soal Menghitung Jumlah Lilitan pada Trafo Step Up dan Step Down


Contoh soal 1


Sebuah Transformator Step-up yang sanggup mengubah tegangan dari 110V menjadi 220V mempunyai lilitan di kumparan primer sebanyak 50 lilitan, berapakah jumlah lilitan yang seharusnya di kumparan sekunder ?


Diketahui :


Vp = 110V (tegangan Input)

Vs = 220V (tegangan Output)

Np = 50 lilitan (lilitan pada kumparan primer/Input)

Ns = ?


Jawaban :


Pada Transformator atau Trafo Step Up (Tegangan Output lebih tinggi dari Tegangan Input), jumlah Lilitan pada kumparan sekunder (output) harus lebih banyak dari lilitan pada kumparan primer (input).


Ns = Np x (Vs / Vp)

Ns = 50 x (220V / 110V)

Ns = 100 lilitan


Jadi jumlah lilitan kumparan Sekunder pada trafo step up ini yaitu 100 lilitan.


 


Contoh soal 2


Sebuah Transformator Step-down yang sanggup mengubah tegangan dari 220V menjadi 24V mempunyai lilitan di kumparan primer sebanyak 550 lilitan, berapakah jumlah lilitan yang seharusnya di kumparan sekunder ?


Diketahui :


Vp = 220V (tegangan Input)

Vs = 24V (tegangan Output)

Np = 550 lilitan (lilitan pada kumparan primer/Input)

Ns = ?


Jawaban :


Pada Transformator atau Trafo Step Down (Tegangan Input lebih tinggi dari Tegangan Output), jumlah Lilitan pada kumparan sekunder (output) harus lebih sedikit dari lilitan pada kumparan primer (input).


Ns = Np x (Vs / Vp)

Ns = 550 x (24V / 220V)

Ns = 60 lilitan


Jadi jumlah lilitan kumparan Sekunder pada trafo step up ini yaitu 60 lilitan.



Sumber https://teknikelektronika.com/