Random post

Thursday, February 14, 2019

√ Soal-Jawab Uts/Pts 2 Prakarya Smp/Mts Kelas 8 K13

Download Contoh Soal dan Kunci Jawaban UTS √ Soal-Jawab UTS/PTS 2 Prakarya SMP/MTs Kelas 8 K13

Download Contoh Soal dan Kunci Jawaban UTS/PTS Semester 2/II Prakarya SMP/MTs Kelas Delapan (8/VIII) Kurikulum 2013







Ulangan tengah semester atau penilaian tengah semester 2 merupakan salah satu alat penilaian hasil berguru penerima didik. Ia menjadi penting bagi para siswa sebab ia menjadi faktor penentu yang cukup penting bagi kenaikan penerima didik ke jenjang kelas selanjutnya.

Prakarya merupakan salah satu mata pelajaran yang diujikan dalam UTS/PTS 2 ini. Ruang lingkup mata pelajaran prakarya untuk Sekolah Menengah Pertama kelas VIII mencakup empat aspek, yaitu Kerajinan, Rekayasa, Budidaya, dan Pengolahan. Ruang lingkup tersebut tentu saja bagi sekolah yang telah menerapkan Kurikulum 2013 dengan mengacu pada rujukan terbaru, yaitu Buku Siswa Prakarya SMP/MTs Kelas Delapan (8/VIII) Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017.

Unggahan goresan pena kali ini bermaksud membantu para siswa SMP/MTs Kelas 8 yang akan menempuh UTS/PTS Semester 2 mapel Prakarya dengan menyediakan Contoh Soal dan Kunci Jawaban UTS/PTS Semester 2/II Prakarya SMP/MTs Kelas Delapan (8/VIII) Kurikulum 2013. Acuan kurikulum yang dipakai pada pola soal beserta kunci balasan ialah Kurikulum 2013 dengan mengacu pada Buku Siswa Prakarya Kelas 8 SMP/MTs Semester 2.

Contoh soal beserta balasan yang kami sediakan pada goresan pena kali ini terdiri atas soal pilihan berganda dan soal essai atau uraian. Untuk mempermudah berguru penerima didik, soal kami lengkapi dengan kunci jawaban.

Berikut ialah tautanDownload Contoh Soal dan Kunci Jawaban UTS/PTS Semester 2/II Prakarya SMP/MTs Kelas Delapan (8/VIII) Kurikulum 2013:




Berikut ialah kutipan dari Soal-Jawab UTS/PTS 2 Prakarya SMP/MTs Kelas 8 K13 tersebut:



16. Berikut yang bukan merupakan tujuan dari penjernihan air
A. Menghilangkan gas-gas terlarut
B. Menghilangkan rasa yang tidak enak
C. Membasmi kuman pathogen yang berbahaya
D. Menambah kadar karbondioksida dalam air
17. Pembuatan saringan air yang paling sederhana ialah dari bahan
A. Kapas
B. Kain katun
C. Keramik
D. Arang
18. Proses penjernihan air dengan cara mengisikan oksigen ke dalam air disebut dengan
A. Pemurnian oksigen
B. Aerasi
C. Abrasi
D. Reboisasi
19. Metode penjernihan air dengan cara saringan pasir cepat ialah
A. saringan air yang dibentuk dengan memakai lapisan pasir pada penggalan atas dan batu pada penggalan bawah
B. saringan air yang dibentuk dengan memakai atas lapisan pasir pada penggalan atas dan batu pada penggalan bawah
C. Saringan air yang dibentuk dengan memakai materi dari keramik
D. Saringan air yang dibentuk dengan memakai materi dari kain katun
20. Metode penjernihan air dengan cara saringan pasir lambat adalah
A. saringan air yang dibentuk dengan memakai lapisan pasir pada penggalan atas dan batu pada penggalan bawah
B. saringan air yang dibentuk dengan memakai atas lapisan pasir pada penggalan atas dan batu pada penggalan bawah
C. Saringan air yang dibentuk dengan memakai materi dari keramik
D. Saringan air yang dibentuk dengan memakai materi dari kain katun
21. yang bisa mengadopsi dan menetralisir partikel-partikel lumpur serta logam yang terkandung dalam air limbah suspensi, dengan partikel kotoran melayang di dalam air adalah
A. biji kelor
B. tawas
C. kapur gamping
D. arang batok kelapa
22. Bahan yang berfungsi untuk menaikkan pH air adalah
A. Biji kelor
B. Tawas
C. Kapur gamping
D. Arang batok kelapa
23. Untuk menciptakan alat penjernih air dari materi alami tidak dibutuhkan keterampilan sebagai berikut
A. Memotong
B. Mengukir
C. Melubangi
D. Menyambung
24. Fungsi pasir zeolit adalah
A. Penyaring air dan penambah oksigen dalam air
B. Menyaring lumpur dan tanah
C. Membunuh kuman dan kuman
D. Mencegah polusi air
25. Bahan penjernih air buatan yang berfungsi untuk membunuh kuman dan kuman adalah
A. Karbon aktif
B. Karbon pasif
C. Pasir zeolit
D. Klorin tablet
SOAL URAIAN
1. Sebut dan jelaskan proses pengolahan sederhana materi dari limbah keras
Jawab:
1. Pemilahan materi limbah
Seleksi materi limbah keras perlu dilakukan sebelum proses produksi.
2. Pembersihan limbah
Keadaan limbah keras biasanya tidak cukup bersih. Oleh sebab itu, perlu dilakukan pembersihan dengan memakai detergen biar zat bekas masakan atau minuman sanggup larut dan limbah keras menjadi bersih.
3. Pengeringan
Pengeringan dilakukan secara konvensional yaitu memakai sinar matahari eksklusif atau sanggup juga secara eksklusif dengan dibersihkan memakai lap kering.
4. Pewarnaan
Pewarnaan pada limbah keras sanggup dilakukan dengan cara disem- prot atau dikuas dengan cat.
5. Pengeringan sehabis pewarnaan
Setelah diberi warna, materi limbah harus dikeringkan kembali dengan sinar matahari eksklusif atau diangin-anginkan.
6. Penghalusan materi biar siap pakai
Bahan limbah yang sudah kering sanggup difinishing biar gampang di- proses menjadi karya. Proses finishing juga banyak sekali macam cara- nya, mirip dipotong, ditempa, dilem, digerinda, dan diamplas.

2. Sebut dan jelaskan hal-hal yang harus kalian perhatikan dalam menciptakan kerajinan dari materi tempurung kelapa!
Jawab:
a. Pilihlah tempurung kelapa yang sudah benar-benar bau tanah dan kering dengan ciri penggalan potongannya berwarna kehitaman.
b. Bersihkan serabut garang di permukaan tempurung kelapa memakai pecahan beling atau pisau. Lakukan langkah ini dengan hati-hati.
c. Bersihkan sisa serabut halus pada permukaan tempurung memakai amplas kasar, kemudian gunakan amplas halus untuk menghaluskan permukaan tempurung secara merata.
d. Agar permukaan tempurung mengilap, kau sanggup menggosok permukaan tempurung memakai daun kering secara berulang hingga terlihat mengilap. Cara lain yang bisa ditempuh dengan mengecatnya memakai cat pernis.
e. Potong tempurung sesuai dengan pola kerajinan yang akan dibentuk memakai gergaji besi.

3. Sebut dan jelaskan bagaimana cara menciptakan kerajinan dari materi limbah kaca!
Jawab:
1. Kumpulkan pecahan beling dalam karung dan dipukul-pukul dari luar memakai kayu. Ukuran serpihan beling tidak terlalu halus cukup hingga bongkahan kecil-kecil saja biar gampang dicetak.
2. Siapkan cetakan beling yang terbuat dari keramik yang dibakar hingga suhu melebihi suhu bakar kaca, biar beling sanggup di- bentuk mirip cetakan.
3. Lapisi cetakan memakai kaolin atau alumina yang dicair- kan biar pada ketika meleleh beling tidak melekat pada keramik dan gampang dilepas dari cetakan.
4. Bakar beling yang telah dimasukkan dalam cetakan ke dalam tungku keramik. Bakar hingga suhu 650-9000C tergantung ke- tebalan kaca.
5. Siapkan tataan untuk asesoris mirip cincin atau kalung. Masuk- kan beling yang sudah dicetak dalam tataan cincin atau kalung.

4. Jelaskanlah proses penyaringan air dengan cara graffiti-led filtering system
Jawab:
Gravity-fed filtering system merupakan campuran dari Saringan Pasir Cepat (SPC) dan Saringan Pasir Lambat (SPL). Air higienis dihasilkan melalui dua tahap. Pertama-tama air disaring memakai Saringan Pasir Cepat (SPC). Air hasil penyaringan tersebut dan kemudian jadinya disaring kembali memakai Saringan Pasir Lambat. Dengan dua kali penyaringan tersebut diharapkan kualitas air higienis yang dihasilkan tersebut sanggup lebih baik. Untuk mengantisipasi debit air hasil penyaringan yang keluar dari Saringan Pasir Cepat, sanggup dipakai beberapa Saringan Pasir Lambat.

5. Jelaskan mekanisme atau tahapan dalam menciptakan alat penjernih air dengan materi alami!
Jawab
1) Menentukan atau tetapkan model bentuk dan ukuran alat penjernih air yang akan dibuat, sehabis sebelumnya melaksanakan pengamatan alur cara kerja penjernih air, baik melalui pelatihan, internet atau gosip ihwal alat penjernih air yang ada di kawasan setempat.
2) Membuat denah gambar benda yang akan dibentuk dan gambar teknik yang dilengkapi dengan ukuran.
3) Menentukan dan menyiapkan alat tangan (hand tools) yang akan dipakai dan materi alam apa saja yang diharapkan sebagai penyaring serta sebagai wadah air, kanal penghubung pipa, selang atau bambu maupun keran yang dibutuhkan.
4) Menentukan langkah menciptakan alat penjernih air, yaitu memilih penggalan mana yang akan dibentuk terlebih dahulu.
5) Membuat dan merakit alat penjernih air sesuai rencana.
6) Menguji merupakan penggalan penting dalam pembuatan alat penjernih air dan dilanjutkan dengan menyempurnakan.

Demikian goresan pena ihwal

Download Contoh Soal dan Kunci Jawaban UTS/PTS Semester 2/II Prakarya SMP/MTs Kelas Delapan (8/VIII) Kurikulum 2013

Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!
Sumber http://www.informasiguru.com