Random post

Saturday, January 19, 2019

√ Diam-Diam Di Balik Es Krim


Ilmu kimia dalam kehidupan sehari-hari itu selalu ada.


Bayangkan anda sedang berada di luar ruangan, pada Suatu siang yang terik.


Panas siang itu menciptakan keringat meleleh. Apa yang paling anda pikirkan?


Yap! Es kerikil tujuh puluh kilogram buat dijadikan daerah tiduran, terus guling-guling di atasnya. Itu tanggapan orang kampung yang noraknya minta ampun dan bercita-cita punya kulkas. Abaikan!





Salah satu tanggapan yang mungkin diberikan oleh seseorang yang berkelas(terutama cewek-cewek) adalah “Pengen makan Es Krim” sudah, jangan diperdebatkan itu makan atau minum, toh makan padatan senyawa kimia kalian bilang minum obat!


Oke, kembali ke es krim. Kali ini saya mau memberi sedikit diam-diam di balik es krim.


Membuat eskrim itu lebih gampang daripada menjelaskan fenomena pada es krim, tapi diantara keduanya memakan es krim adalah yang paling gampang dan mengasyikkan!





Es krim, أيس كريم kalau dalam bahasa arab, atau dalam bahasa latin ultrices (seolah-olah binomial name) merupakan adonan dari air dan lemak hewani dalam hal ini lemak dari susu dan perasa. 


Menurut standard, adonan ini gres dikatakan es krim kalau terdapat adonan lemak susu sebanyak 10-20%, semakin tinggi kadar lemak susunya, maka semakin berkualitas dan kaya rasa es krim tersebut. 


Namun kebanyakan produsen es krim membatasi kadar lemak susu ini hanya hingga angka 16%, ini dikarenakan kalau kadar lemak susu terlalu tinggi maka konsumen akan membatasi konsumsinya terhadap es krim atas alasan kesehatan, pembatasan ini akan sangat jelek buat para produsen es krim. 





Dalam pembuatan es krim, hal yang perlu diperhatikan adalah ukuran kristal es yang akan dibuat campuran. 


Oh ya sebagai pengetahuan pemanis bahwasannya satu  keunikan dari air (H2O) yang tidak dilihat pada zat lain adalah ketika didinginkan hingga membentuk es, volume air(H2O) akan bertambah. 


Fakta ini sanggup dilihat ketika memasukkan aqua gelas ke dalam lemari es, ketika beku, aqua gelas akan menggelembung akhir pertambahan volume air. 


Pada es krim yang keras, ibarat magnum yang mempunyai batang kayu, struktur kristal esnya cenderung lebih besar dan berbentuk kaku, sedangkan untuk es krim yang lebih lembut ibarat campina, struktur kristalnya lebih kecil-kecil berserabut dan ringan ibarat kristal salju. 







Untuk membentuk kristal semacam itu, harus ditentukan kombinasi atau pencampuran antara air dan lemak susu yang tepat.


Karena air intinya tidak bercampur dengan lemak susu, maka di dalam larutan, diberikan emulsifier. Zat biro yang sanggup mencampurkan antara materi tidak larut air dengan materi yang larut dalam air. Secara sederhana digambarkan dalam sketsa gambar berikut ini.







Kemudian metode pembuatan dari aneka macam jenis es krim juga berbeda dan setiap metode akan menunjukkan hasil yang berbeda pula. 


Ukuran kristal es yang sangat kecil akan terbentuk kalau pembekuannya dilakukan dengan cepat, semakin usang waktu pembekuannya maka semakin besar kristal es yang dibentuk. 


Contohnya pada pembekuan es krim memakai ice cream maker terjadi pengadukan secara terus menerus di dalam wadah dan pembekuan secara cepat, ini menjadikan es krim yang di bentuk cukup lembut, sedangkan kalau memakai kulkas dalam pendinginannya, maka yang dibuat adalah es krim yang keras, sedangkan kualitas kelembutan es krim terbaik dihasilkan dengan pembekuan memakai nitrogen cair dimana temperaturnya adalah -198*C. 





Ketika pengecap mengenai es yang sangat dingin, pengecap akan sedikit mati rasa, artinya kemampuan mengecap pengecap akan menurun. 


Hal inilah yang menjadikan penambahan gula yang sangat banyak pada es krim. Kaprikornus sanggup di simpulkan bahwa es krim mengandung banyak sekali lemak (sekitar 16%) semoga mempunyai kualitas rasa yang enak, dan gula yang sangat banyak semoga tetap terasa bagus walaupun dingin. 





Gimana teman-teman sudah terang mengenai es krim? So mulai kini jangan sering-sering makan es krim yah, nanti uang cepat habis!


Salam Mystupidtheory! 


Artikel Kimia ini termasuk dalam proyek Cara Belajar Kimia Online



Sumber https://mystupidtheory.com